Jumaat, 6 April 2012

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Kapal Induk India Dikirim Tahun Ini

Posted: 07 Apr 2012 03:16 AM PDT

Armada Laut

Kapal Induk India Dikirim Tahun Ini

Dahono Fitrianto | Nasru Alam Aziz | Sabtu, 7 April 2012 | 10:16 WIB

military-today.com

Kapal induk INS Vikramaditya milik AL India sedang menjalani proses modernisasi di Arkhangelsk, Rusia.

TERKAIT:

ARKHANGELSK, KOMPAS.com -- Kapal induk INS Vikramaditya milik Angkatan Laut India akan dikirim ke India dari negara pembuatnya, Rusia, sebelum akhir tahun ini. Saat ini kapal tersebut sedang bersiap menjalani uji pelayaran.

Kapal induk, yang merupakan hasil modernisasi dari kapal induk Admiral Gorshkov dari era Uni Soviet itu, akan mulai menjalani uji pelayaran pada 25 Mei 2012. Galangan kapal Sevmash di Severodvinsk, Arkhangelsk, Rusia barat laut, mengatakan pada Jumat (6/4/2012), bahwa kapal tersebut akan dibawa berlayar ke Laut Putih dan ke Laut Barents.

Kapal sepanjang 283,1 meter itu kemudian akan menjalani berbagai uji coba di Laut Barents selama empat bulan. "Setelah seluruh uji pelayaran selesai, kami berencana mengirim kapal induk itu ke India pada 4 Desember," demikian bunyi pernyataan Sevmash, yang menggarap proses modernisasi kapal itu.

Saat ini, generator utama kapal itu sedang menjalani uji coba, dan kabin tempat tinggal dan tempat tidur para awak sedang menjalani pemolesan akhir. Para awak pun sudah selesai menjalani latihan, akhir Maret.

INS Vikramaditya dulunya bernama Admiral Gorshkov, kapal penjelajah kelas berat kelas Kiev dengan kemampuan mengangkut pesawat udara milik AL Uni Soviet. Kapal ini dipensiunkan pada 1996 setelah biaya operasinya dianggap terlalu tinggi untuk situasi pascaperang dingin.

India kemudian membelinya pada 2004 dan memodifikasinya agar menjadi kapal induk murni. Berbagai modifikasi dan modernisasi dilakukan, termasuk dengan mencopot seluruh persenjataan dan peluncur rudal jelajah di geladak depan kapal untuk diganti dengan landasan peluncuran pesawat yang dilengkapi ski jump.

Proses modernisasi dan modifikasi itu molor sampai delapan tahun, salah satunya dipicu oleh proses tawar-menawar biaya modernisasi antara dua negara yang berjalan sangat alot. Nantinya, kapal induk ini akan dilengkapi pesawat tempur MiG-29K yang juga sudah dibeli India.

Pesawat yang Jatuh Jenis F/A-18D Hornet

Posted: 07 Apr 2012 02:07 AM PDT

Kecelakaan Pesawat

Pesawat yang Jatuh Jenis F/A-18D Hornet

Dahono Fitrianto | Nasru Alam Aziz | Sabtu, 7 April 2012 | 09:07 WIB

Wikimedia Commons/USMC/Cpl. Paul Leicht

Salah satu pesawat tempur F/A-18D berkursi tandem milik Korps Marinir AS.

TERKAIT:

WASHINGTON DC, KOMPAS.com -- Pesawat tempur Angkatan Laut Amerika Serikat yang jatuh menimpa kompleks apartemen di Virginia Beach, Jumat (6/4/2012), adalah sebuah pesawat jet F/A-18D Hornet berkursi tandem. Pesawat tersebut menjadi tulang punggung kekuatan udara AL AS (US Navy) selama ini.

Pesawat jatuh sekitar pukul 12.05 waktu setempat, hanya beberapa saat setelah tinggal landas dari Pangkalan Udara AL Oceana, yang terletak tak sampai 3,2 km dari kompleks apartemen Mayfair Mews— tempat pesawat itu jatuh. Para saksi mata mengatakan melihat api keluar dari bagian bawah sayap kanan pesawat sebelum jatuh.

Kecelakaan tersebut sejauh ini baru diketahui menimbulkan sembilan korban luka ringan, termasuk dua orang pilot pesawat yang sempat mengaktifkan kursi pelontar sebelum jatuh. Salah satu pilot ditemukan masih terikat dengan kursi pelontar dan parasutnya di tengah puing-puing apartemen.

Warga setempat langsung mengangkut pilot tersebut menjauh dari api yang makin besar. "Pilot itu minta maaf karena telah menabrak apartemen kami," tutur Pat Kavanaugh, salah satu warga yang turut menolong.

Kepastian penyebab kecelakaan itu belum diketahui. Kapten Mark Weisberger dari US Navy mengatakan, berbagai indikasi awal menunjukkan pesawat F/A-18D itu mengalami kegagalan mekanis yang bersifat katastrofik.

Pesawat tersebut berasal dari Skuadron Serbu 106 yang berpangkalan di Oceana—pangkalan udara US Navy terbesar di Pantai Timur AS. Sekitar 250 pesawat berpangkalan di Oceana, termasuk 19 skuadron F/A-18.

Pangkalan udara Oceana memiliki landasan pacu sepanjang lebih dari tujuh mil (sekitar 10 kilometer) dan menjadi pusat latihan pilot-pilot US Navy dan Korps Marinir AS (USMC). Pangkalan itu terletak tak jauh dari pangkalan utama Armada Atlantik US Navy di Norfolk, Virginia.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan