Jumaat, 13 April 2012

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Pilkada Aceh berlangsung baik

Posted: 13 Apr 2012 07:38 AM PDT

Menkopolhukam Djoko Suyanto (FOTO ANTARA)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menyatakan bahwa proses Pilkada di Aceh telah berlangsung dengan baik.

"Prosesnya sudah dijalankan dengan baik," katanya ketika ditemui di kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, keberhasilan Pilkada Aceh antara lain bisa dilihat dari keberagaman peserta Pilkada. Selain itu juga bisa dipantau dari tingkat keikutsertaan pemilih yang mencapai 70 persen.

"Dari sisi proses demokratisasi sudah dikerjakan sebaik-baiknya," kata Djoko.

Ia menjelaskan, pemenang sebuah Pilkada bisa disebut sebagai representasi kehendak rakyat jika proses Pilkada dilaksanakan dengan baik dan benar.

Dia berharap, pemenang Pilkada Aceh bisa membawa daerah itu menjadi ke arah yang lebih baik.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menegaskan telah berkoordinasi dengan jajaran Pemerintah Provinsi Aceh untuk memastikan proses penghitungan suara dan pengumuman pemenang berjalan lancar.

Gamawan telah berkoordinasi untuk meningkatkan keamanan, sehingga tidak ada pihak yang memanfaatkan kekisruhan pascagempa untuk memetik keuntungan pribadi.

"Setelah gempa, saya langsung minta Gubernur untuk berkoordinasi dengan KIP untuk mengamankan hasil-hasil itu. Jangan sampai ada yang memanfaatkan ini, hilang suara dan segalanya. Sejauh ini aman," katanya.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menjadwalkan pengumuman gubernur dan wakil gubernur terpilih pada 18 April 2012.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur digelar 9 April 2012. Pemilihan tersebut digelar serentak dengan pemilihan 17 bupati/wali kota beserta wakilnya dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Aceh diikuti lima pasangan calon, yakni Tgk Ahmad Tajuddin dan Teuku Suriansyah, Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan, Darni M Daud dan Ahmad Fauzi, Muhammad Nazar dan Nova Iriansyah, serta Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf.

Pasangan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf untuk sementara unggul dalam perhitungan cepat. Kedua mantan aktivis Gerakan Aceh Merdeka itu diusung oleh Partai Aceh.

(F008/M026)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Ratusan rumah terbakar, api berasal dari bakar diri

Posted: 13 Apr 2012 06:48 AM PDT

Makassar (ANTARA News) - Kebakaran besar yang melumat ratusan rumah pemukiman padat pendudukan di Jalan Baji Minasa, Kecamatan Mariso, Makassar, diduga dari aksi bakar diri yang dilakukan Daeng Gassing (65), Jumat.

Dewi, salah seorang kerabat korban, mengaku histeris setelah mengetahui salah seorang kerabatnya meninggal dunia akibat membakar diri. Gassing diduga stres saat ditinggal meninggal istrinya.

"Saya belum melihat jazadnya karena saya hanya melihat Daeng Gassing membakar diri di dalam rumah karena memang beberapa hari ini dia terpukul sekali saat istrinya meninggal," ujar Dewi, disertai tangis histeris.

Ia mengungkapkan, sesaat sebelum api membakar puluhan rumah itu, tercium bau bensin dari rumah Daeng Gassing. Saat itu, Gassing menyiram dirinya dengan bensin yang diikuti dengan tetesan bensin menjalar ke beberapa balok kayu dan papan.

Semua armada Dinas Pemadam Kebakaran Makassar sejumlah 13 unit yang diterjunkan tidak mampu menguasai api yang masih berkobar. (*)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan