Rabu, 15 Februari 2012

Republika Online

Republika Online


Hati-hati, Alzheimer Berkembang Seperti Infeksi

Posted: 15 Feb 2012 07:30 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON - Kerusakan otak yang disebabkan penyakit Alzheimer dapat menyebar seperti infeksi, dari satu sel otak ke sel otak lain. Demikian satu studi yang disiarkan para peneliti Amerika Serikat, Rabu (15/2).

Virus dan bakteri penyebab infeksi tapi Alzheimer bukanlah disebabkan oleh virus atau bakteri. Namun Alzheimer tampaknya menyebar dengan cara yang sama seperti virus dan bakteri pada infeksi, kata Claudio Soto, profesor neurologi di University of Texas Medical School di Houston, di dalam berita yang disiarkan oleh Texas Medical Center (TMC).

Mekanisme yang mendasari penyakit Alzheimer's "melibatkan protein normal yang menjadi cacat dan mampu menyebar dari satu sel saraf ke sel saraf lain dengan mengubah protein yang baik menjadi jahat", kata Soto.

"Protein buruk menumpuk di otak, membentuk timbunan plak yang diyakini dapat membunuh sel-sel syaraf pada Alzheimer's," ujarnya.

Tikus yang disuntik dengan jaringan otak penderita Alzheimer's mengembangkan potensi Alzheimer's dari waktu ke waktu sejalan dengan menyebarnya penyakit tersebut ke bagian lain otak. Para peneliti percaya bahwa penyakit lain otak dapat berkembang dengan cara yang sama, termasuk sapi gila dan bentuk manusianya, penyakit Creutzfeldt-Jakob.

Ingin Awet Muda? Inilah Rahasia yang Simpel dan Alami (2)

Posted: 15 Feb 2012 06:34 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tidak ingin tampil awet muda? Tampaknya, inilah dambaan semua orang, terutama para perempuan. Ternyata, tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk senantiasa tampil lebih muda dari usianya. Ada trik unik dari berbagai perempuan yang berniat tetap tampil muda dan sehat. Simak, yuk...

Jangan konsumsi gula putih

Gula jenis ini disebut-sebut justru mempercepat proses penuaan dengan cara melemahkan kolagen dalam kulit yang akhirnya memicu penuaan dini. Sebaliknya, balurkan saja gula putih itu. Caranya, campurkan pembersih dan segenggam gula putih. Setelah itu balurkan ke seluruh tubuh dan wajah sehingga berfungsi menjadi scrub. Kulit Anda niscaya menjadi lembut dan mudah mengenakan make up.

Manjakan wilayah mata

Wilayah mata kerap dianggap remeh. Padahal, bagian tubuh inilah yang menjadi pusat perhatian. Ada baiknya mulai manja mata Anda. Caranya pilih produk yang berfungsi untuk meminimalisasi kerutan di daerah mata. Lebih baik bila memilih bentuk gel sehingga komposisinya yang ringan akan membuat mata terlihat segar sepanjang hari.

Jangan lupa santap buah

Santaplah beragam buah seperti stroberi, apel hingga anggur. Jenis buah-buahan seperti ini akan menjadi pembersih gigi natural dan membantu mengurangi noda pada gigi.

Rawat tangan

Bila Anda merasa tangan Anda mulai menunjukkan tanda-tanda pengerutan, ada baiknya rawat sejak dini. Pola yang dipakai bisa seperti saat Anda merawat wajah. Bila kerap menggunakan masker untuk wajah, lakukan pula itu untuk tangan Anda. Ada baiknya gunakan juga enzim khusus untuk wajah dan tangan.

Pijat, yuk

Pijat dipercaya mampu memperlancar aliran darah dan mampu meredam kelelahan. Alhasil, inilah yang membuat kita lebih awet muda. Bila tak sempat untuk pijat secara teratur, Anda dapat menggantinya dengan melakukan peregangan secara teratur, meditasi, dan mengatur napas dalam-dalam. 

Tidak sulit, bukan?

Tiada ulasan:

Catat Ulasan