Isnin, 30 Januari 2012

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Diundur 9 April, Rp 210 Miliar Kurang

Posted: 30 Jan 2012 07:59 AM PST

Pilkada Aceh

Diundur 9 April, Rp 210 Miliar Kurang

Mohamad Burhanudin | Wisnu Nugroho | Senin, 30 Januari 2012 | 15:59 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pengunduran jadwal Pilkada Aceh dari 16 Februari menjadi 9 April 2012 membengkaknya anggaran penyelenggaraan. Pembengkakan anggaran terutama untuk honor penyelenggara pilkada dari tingkat provinsi hingga kecamatan.

"Bertambahnya kebutuhan anggaran ini signifikan. Kami belum menghitung pastinya," kata Komisioner KIP Aceh Robby Syahputra di Banda Aceh, Senin (30/1).

Untuk penyelenggaraan pilkada ini, KIP Aceh mendapatkan alokasi anggaran dari APBD Aceh sebesar Rp 210 miliar. Dana tersebut untuk kebutuhan delapan bulan pelaksanaan tahapan terhitung mulai Mei 2011.

Pilkada Aceh yang semula dijadwalkan bulan Oktober 2011 telah diundur lima kali. Terakhir, jadwal Pilkada diundur menjadi 9 April 2012.

"Nanti memerlukan penyesuaian anggaran dari delapan bulan menjadi sampai tahapan hari H. Diperlukan penyesuaian aturan agar tambahan anggaran punya landasan hukum. Perlu ada Peraturan Menteri Dalam Negeri untuk masalah ini," kata Robby.

Terkait logistik, Robby mengatakan, untuk sementara masih cukup dengan anggaran yang ada. Namun, untuk kebutuhan-kebutuhan lain, seperti honor penyelenggara pilkada tampaknya akan membengkak.

 

Full content generated by Get Full RSS.

Kader Muda PDI-P Munculkan Lima Nama Cagub

Posted: 30 Jan 2012 07:53 AM PST

Pilkada Jatim

Kader Muda PDI-P Munculkan Lima Nama Cagub

Agnes Swetta Br. Pandia | Marcus Suprihadi | Senin, 30 Januari 2012 | 15:53 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com- Kader Muda Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mulai memunculkan lima kandidat calon Gubernur Jatim. Kelima calon kepala daerah yang akan dipilih pada Pilkada 2013 mendatang adalah Sirmadji dan Kusnadi, Ketua dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim.

Tiga nama lain adalah Wakil Wali Kota Surabaya Bambang DH, Bupati Jombang Suyanto, dan Wali Kota Probolinggo HM Buchori.

Menurut Ketua Departemen Pemuda DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Aven Januar di Surabaya, Senin (30/1/2012), kader muda se-Jatim mendukung kelima nama itu untuk memimpin Jatim.

Mereka sangat potensial, dan ketokohannya selama ini cukup menonjol di mata masyarakat Jatim, sehingga pantas memimpin provinsi ini," kata Aven.

Dia menambahkan, kelima tokoh tersebut merupakan kader PDI Perjuangan yang memiliki karakter kepemimpinan tegas dan integritas dalam menjalankan amanat rakyat. Masing-masing tokoh, menurut dia, memiliki ciri khas dalam kepemimpinan, termasuk prestasinya sehingga mereka cukup populer di mata masyarakat.

Aven menambahkan, pembangunan Jatim di bawah kepemimpinan Gubernur Jatim Soekarwo, secara umum dapat dinikmati rakyat secara merata. Hanya, sebagai partai pemenang nomor dua di daerah ini setelah Partai Demokrat, tokoh PDI Perjuangan cukup potensial untuk maju sebagai calon dan memenangkan Pilgub 2013.

Terkait Pilkada Jatim 2013, Departemen Pemuda DPD PDI Perjuangan Jatim, akan melakukan survei popularitas kader-kader yang dianggap layak mencalonkan diri. Melalui survei akan ditampung berbagai usulan, kritikan dan saran bagi PDI Perjuangan dalam menjalankan amanat penderitaan rakyat.

Pelaksanaan survei dilakukan secara triwulanan sampai menjelang Pilkada Jatim, untuk melihat konsistensi popularitas dari masing-masing tokoh PDI Perjuang yang layak memimpin Jatim.

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan