Sabtu, 3 September 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Federer menang

Posted: 03 Sep 2011 07:20 PM PDT

Petenis Swiss Roger Federer melakukan pukulan (REUTERS/Petar Kujundzic)

Berita Terkait

New York (ANTARA News) - Petenis lima kali juara Roger Federer serta unggulan puteri Caroline Wozniacki maju ke putaran 16 besar turnamen tenis AS Terbuka, Sabtu, namun laga Grand Slam itu menoreh catatan tersendiri karena sudah 18 pemain kandas didera cedera.

Federer maju ke putaran keempat untuk ke-30 kalinya dalam turnamen besar, diawali di Wimbledon pada 2004, setelah menoreh angka 6-3, 4-6, 6-4, 6-2 atas unggulan ke-27 dari Kroasia, Marin Cilic.

Unggulan ketiga dari Swiss itu selanjutnya akan bertemu dengan pemain dari Argentina Juan Monaco atau Tommy Haas dari Jerman, untuk menentukan tempat di perempat final.

Wozniacki, runner-up atas Kim Clijsters pada 2009, dan masih mengincar gelar pertama turnamen Grand Slam, maju ke putaran 16 besar setelah menang 6-2, 6-4 atas peringkat ke-103 dunia dari Amerika, Vania King.

Petenis dari Denmark itu selanjutnya akan berhadapan dengan unggulan k e-15 dari Rusia Svetlana Kuznetsova, juara 2004, atau pemain dari Uzbekistan, Akgul Amanmuradova.

"Rasanya hebat bisa melaju ke putaran berikutnya. Saya berjuang keras mengejar bola lawan. Angin kencang berhembus di lapangan sehingga sukar mengejar bila," kata Wozniacki, yang sudah mengoleksi gelar keenam pada musim 2011 ini.

Sedangkan unggulan kesembilan dari Ceko, Tomas Berdych serta Marcel Granollers, ungulan 31 dari Spanyol, mengalami cedera sehingga pemain yang kandas karena cedera mencapai 18 pemain, ketika mereka mundur dari putaran ketiga.

Sebanyak 10 pemain cedera terjadi di bagian putera, empat di bagian puteri sedangkan empat lainnya mundur pada pertengahan turnamen atau pemain "lucky losers" yang maju ke undian utama tapi akhirnya mundur.

Rekor pemain cedera sebelumnya terjadi pada turnamen Grand Slam Wimbledon 2008 ketika 12 orang mengundurkan diri karena sakit.

Berdych mengalami cedera pada bahu kanannya sehingga harus dirawat pada akhir permainan set pertama ketika melawan pemain dari Serbia, Janko Tipsarevic, ketika ia kandas 4-6, kemudian mundur ketika kedudukan 0-5 pada set berikutnya.

Granollers memimpin rekan senegaranya dari Spanyol dan runner up 2003 Juan Carlos Ferrero 6-1, 4-3, ketika ia mundur karena mengalami kejang pada otot perutnya.

Tipsarevic dan Ferrero akan bertemu untuk mencaria tempat di perempat final.

Berdych (25) mengatakan, ia pertama kali merasakan sakit pada perempat final Cincinnati Masters saat menang atas Federer dua minggu lalu sehingga ia mundur di semi final melawan Novak Djokovic.

"Saya sudah tahu ada masalah, karena saya sudah merasakannya di Cincinnati. Tapi saya tetap berusaha tampil stabil," katanya.

"Saya beruntung bisa mengakhiri permainan melawan Roger dan saya merasakannya lagi pada putaran yang lalu. Jadi saya harus istirahat dan mendapat perawatan," katanya.

Pemain lain yang mundur pada pertengahan turnamen adalah juara Prancis Terbuka Fransesca Schiavone, dua kali sebagai perempat finalis di Flushing Meadows.

Pemain unggulan ketujuh dari Italia itu sempat kecolongan satu "match poin" sebelum mengalahkan pemain dari Afrika Selatan Chanelle Scheepers 5-7, 7-6 (7/5), 6-3.

Schiavone selanjutnya akan bertemu dengan unggulan ke-17 Anastasia Pavlyuchenkova, yang mengalahkan unggulan ke-11 dari Serbia Jelena Jankovic, runner-up 2008, 6-4, 6-4.

Unggulan k e-10 dari Jerman, Andrea Petkovic, maju ke putaran 16 besar untuk kedua kalinya setelah mengukir kemenangan 6-4, 6-0 atas pemain dari Italia, unggulan ke-18, Roberta Vinci 6-4, 6-0.

Pemain puteri itu selanjutnya akan bertemu dengan Carla Suarez Navarro yang mengalahkan rekan senegaranya dari Spanyol Silvia Soler-Espinosa 6-0, 6-4.

Pada laga lanjutan Sabtu, unggulan utama di bagian putera Djokovic, mengincar kemenangan ke-60 dalam 62 pertandingan tahun ini, saat bertemu dengan pemain veteran dari Rusia Nikolay Davydenko, semi -finalis pada 2006 dan 2007.

Djokovic kalah hanya tiga game pada dua putaran awal dalam usahanya memeanngi untuk pertama kalinya turnamen AS Terbuka, untuk menambah gelar yang sudah diperolehnya di Australian Terbuka dan Wimbledon, merupakan rekornya untuk musim ini.

Pemain tiga kali juara tunggal puteri, Serena Williams, menoreh rekor 5-1 setelah mengalahkan unggulan keempat dari Belarusi, Victoria Azarenka, pada pertemuan mereka di putaran ketiga.

Williams kehilangan hanya tiga game pada pertandingan tahun ini.

Dalam turnamen yang sudah ditinggalkan mantan juara Maria Sharapova, juara Prancis Terbuka Li Na dan juara Wimbledon Petra Kvitova itu, maka petenis dari Amerika itu menjadi favorit untuk merengkuh makhkota juara AS Terbuka kali ini.
(*)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

900 transmigran di NTT kelaparan

Posted: 03 Sep 2011 07:16 PM PDT

kekeringan di musim kemarau (ANTARA/Irwansyah Putra)

Berita Terkait

Kupang (ANTARA News) - Sebanyak 900 jiwa dari sekitar 250 kepala keluarga transmigran asal Kalimantan, Timor-Timur dan warga NTT di Desa Uluwae Kecamatan Bajawa Utara, Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur dilanda kelaparan, akibat anomali iklim yang menyebabkan gagal panen.

"Dampak anomali iklim berkepanjangan dan lokasi transmigran yang gersang membuat sekitar 180 dari 250 kepala keluarga transmigran hanya bisa pasrah dengan keadaan yang mendera selama dua tahun terkahir ini," kata relawan sosial untuk Masyarakat di kawasan terpencil Liberius Langsinus, ketika dihubungi dari Ruteng, Manggarai-Flores, Minggu.

Ia dihubungi setelah bersama 10 rekannya pada 29-31 Agustus 2011 mengunjungi warga transmigran di kawasan itu, setelah mendapat pengaduan langsung dari warga lokal sekitar (70 KK) yang memilih meninggalkan pemukiman itu dan pulang kampung halaman semula, karena tidak sanggup bertahan di lokasi transmigrasi itu.

Untuk mempertahankan hidup, warga transmigran ini terpaksa mencari umbi-umbian dari hutan sekitar untuuk direbus dan dimakan bersama daun pepaya.

Ia mengatakan pada 2010 mereka bertahan dengan mengonsumsi pisang dari kebun warga setempat, namun kini pisang-pisang itu pun sudah mati karerna ketiadaan air.
(*)

 

  

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan