Selasa, 23 Ogos 2011

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


PDIP Ngotot Pansel Harus Serahkan 10 Capim KPK

Posted: 23 Aug 2011 12:54 AM PDT

JAKARTA - Delapan nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah diterima DPR untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan.
 
Namun, Fraksi PDI Perjuangan bersikukuh panitia seleksi KPK menambah dua nama calon untuk diikutsertakan dalam fit and proper test.
 
"PDIP belum menginginkan nama delapan ini dibahas dulu. Kalau nama delapan ini dibahas, berarti DPR sudah melanggar Undang-Undang, karena aturannya sepuluh. Kalau delapan calon (ditambah) Pak Busyro Muqoddas masuk lagi, masih kurang satu nama," kata Ketua Fraksi PDIP Tjahjo Kumolo di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (23/8/2011).
 
Tjahjo menyarankan, pimpinan Komisi Hukum DPR menggelar rapat internal untuk memutuskan menerima atau meminta Pansel kembali menambah dua capim KPK, salah satunya Busyro yang kini menjadi Ketua KPK.
 
"Lewat pimpinan rapat mengagendakan dulu apakah ini bertentangan dengan mekanisme atau tidak, kapan mulai dibahas dan ini akan menjadi sangat penting karena mohon maaf UU KPK kan harus mengirim sepuluh nama, dan DPR pilih lima dari sepuluh nama," ujarnya.
 
Sebagaimana diketahui, Pansel KPK hanya memilih delapan capim KPK karena satu posisi sudah terisi oleh Busyro sebagai pimpinan pengganti Antasari Azhar. Mahkamah Konstitusi (MK) kemudian memutuskan masa jabatan Busyro empat tahun hingga tahun 2014.
 
"Saya sudah diskusi dengan pimpinan Komisi III dan pimpinan Komisi III harus clear dulu, mau diterima 8 atau masih kurang satu nama lagi. Kalau nanti tidak firm DPR bisa mengembalikan untuk dicari yang terbaik," kata Tjahjo.
 
Delapan capim KPK yang lolos berdasarkan peringkat adalah Bambang Widjojanto, Yunus Husein, Abdullah Hehamahua, Handoyo Sudrajat, Abraham Samad, Zulkarnaen, Adnan Pandu Praja dan Aryanto Sutadi.

(teb)

Emas Merangkak Naik di USD1.910

Posted: 23 Aug 2011 12:52 AM PDT

SINGAPURA - Harga emas menanjak naik menembus rekor perdagangan tertinggi hari ini di level USD1.910. Angka ini merupakan rekor tertinggi selama empat sesi perdagangan di tengah kekhawatiran terhadap ekonomi global.

Logam mulia ini terus merambat naik selama tujuh sesi perdagangan dengan keuntungan bulanan lebih dari 16 persen, tertinggi sejak September 1999.

Kenaikan emas mencapai 0,8 persen dan bertengger di harga USD1.911,46 per ounce, sebelum pelonggaran pada perdagangan datar di level USD1.897,05 pagi ini. Demikian seperti dikutip dari Reuters, Selasa (23/8/2011).

Emas GCcv1 Amerika Serikat (AS) naik 1,4 persen ke rekor tinggi USD1.917,90, harga ini stabil di kisaran USD1.900,80.

Kepala Perdagangan Investec Australia Darren Heathcote menyatakan, para investor masih belum mendengar kabar baik dari Eropa atau AS, dan masih khawatir akan kemungkinan bail out.

"Gambaran perdagangan terlihat cukup suram dalam jangka pendek. Untuk saat ini, investor masih melihat emas sebagai safe haven di masa-masa sulit, dan akan terus melakukannya sampai kita melihat sesuatu yang positif dan berkelanjutan," kata Heathcote.

Grafik perdagangan menunjukkan, emas telah dalam wilayah overbought sejak awal Agustus, dengan Relative Strength Index melayang sekira 83. Analis Reuters Wang Tao memperkirakan, harga emas bisa kembali ke level USD1.860 pada siang hari.
(wdi)

Tiada ulasan:

Catat Komen