Isnin, 22 Ogos 2011

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Korem Wijayakusuma siapkan pengamanan kunjungan Presiden Yudhoyono

Posted: 22 Aug 2011 07:16 AM PDT

Purwokerto (ANTARA News) - Jajaran Komando Resor Militer (Korem) 071/Wijayakusuma menyiapkan pengamanan kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kabupaten Cilacap dan Banyumas dalam rangka Safari Ramadhan.

"Kami siap mengamankan kunjungan Presiden RI sesuai standar pengamanan," kata Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Infanteri Nono Suharsono, di Purwokerto, Senin malam.

Akan tetapi, kata dia, hingga saat ini pihaknya belum menerima kepastian kapan rombongan Presiden Yudhoyono tiba di wilayah Cilacap maupun Banyumas serta sejumlah objek yang akan dikunjungi.

Kendati demikian, dia mengatakan, sejumlah objek yang direncanakan akan dikunjungi Presiden telah didata oleh tim pendata dari Korem maupun Jakarta.

"Tim tersebut telah melihat objek-objek yang sekiranya layak dikunjungi Presiden. Nantinya kalau sudah jelas akan dipastikan ke kita dan yang pasti kita di daerah selalu siap mengamankan," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan segera mengambil tindakan pengamanan sesuai standar jika telah menerima kepastian kunjungan tersebut.

Menurut dia, sejumlah objek yang direncanakan akan dikunjungi Presiden Yudhoyono adalah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pemerintah khususnya di Kabupaten Banyumas dan Cilacap.

Dalam hal ini, lanjutnya, Presiden Yudhoyono akan meninjau sejumlah kegiatan yang didanai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri.

"Beliau ingin melihat sejauh mana pengembangan atau hasil dari PNPM Mandiri itu karena di beberapa tempat ada yang kurang berhasil, tapi khususnya di Banyumas, Cilacap, Tegal, rata-rata bagus dan sangat berkembang," kata dia tanpa menyebutkan lokasi yang akan dikunjungi Presiden Yudhoyono.

Menurut dia, pemberitahuan kunjungan tersebut diperkirakan pada H-2 hingga H-1 kegiatan sehingga pihaknya masih sempat melakukan tindakan-tindakan awal pengamanan.

Disinggung mengenai personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan, dia mengatakan, hal itu tergantung dari jumlah objek yang akan dikunjungi Presiden Yudhoyono.

"Kita siap untuk mengamankan. Kita bersama masyarakat Banyumas siap mengamankan kunjungan Presiden, kemarin masyarakat Cilacap menyatakan siap mengamankan kegiatan RI-1," kata dia menegaskan.

Seperti diketahui, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar Safari Ramadhan di sejumlah daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah, 22-26 Agustus 2011.

Kegiatan Safari Ramadhan ini telah diawali pada Senin pagi dengan mengunjungi Ciawi (Kabupaten Bogor).

Selain Ciawi sejumlah kota lain yang dijadwalkan masuk dalam agenda kegiatan Safari Ramadhan Presiden Yudhoyono antara lain adalah Cipanas, Cianjur, Padalarang, Tasikmalaya, Majenang (Kabupaten Cilacap), Purwokerto (Kabupaten Banyumas), dan Tegal.

Informasi yang dihimpun ANTARA di Purwokerto, rombongan Presiden Yudhoyono diperkirakan tiba di Majenang pada 25 Agustus 2011 yang dilanjutkan kunjungan ke Purwokerto pada sore harinya. (SMT/Z002/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

ASDP operasikan 42 kapal feri layani Lebaran

Posted: 22 Aug 2011 07:13 AM PDT

Bakauheni, Lampung (ANTARA News) - Direktur SDM dan Umum PT Indonesia Ferry (Persero) Rudi Meiyansyah, menyatakan sebanyak 42 kapal feri akan dioptimalkan untuk melayani angkutan mudik dan balik Lebaran 2011.

"Kapal tersebut terdiri dari atas 32 kapal `roll on roll off` (Ro-ro) reguler dan 10 kapal ro-ro bantuan serta dua kapal cepat," katanya, di Bakauheni, Senin.

Ia mengatakan, pengoperasian kapal tersebut menyesuaikan peningkatan penumpang di pelabuhan Bakauheni dan Merak selama H-7 ini sampai H+7 nanti agar tidak mengganggu kelancaran sandar dan tolak kapal

Ia menyebutkan, untuk trip normal sebanyak 20 kapal dengan 80 trip perhari, kemudian, trip padat akan dioperasikan sebanyak 24 armada dengan 96 trip per hari, serta trip sangat padat sebanyak 30 armada dengan 120 trip per hari.

Ia memastikan, layanan penyeberangan Bakauheni-Merak atau sebaliknya akan lebih lancar dibandingkan tahun lalu, karena saat ini lima dermaga siap beroperasi semua untuk bongkar muat kapal.

Selain itu, jumlah kapal juga lebih banyak yakni 42 armada sedangkan tahun lalu hanya 33 armada dan dua kapal cepat.

Namun, katanya, saat ini 10 kapal diantaranya masih dalam perbaikan "docking" namun beberapa hari ke depan saat arus penumpang meningkat sebagian sudah dapat beroperasi.

Rudi memprediksikan, puncak arus mudik akan terjadi pada tiga hari (H-3) Lebaran karena bertepatan dengan awal libur cuti bersama pegawai, kemudian puncak arus balik akan terjadi pada H+4 yang akan terus mengalir hingga H+7 Lebaran bertepatan dengan akhir libur cuti bersama.

"Pada saat tersebut memungkinkan diberlakukan trip sangat padat dengan 30 kapal feri beroperasi sebanyak 120 trip per hari," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono meminta, semua instansi yang bergerak di bidang jasa layanan penyeberangan untuk mengutamakan keselamatan penumpang saat angkutan Lebaran Idul Fitri 1432 H.

"Upaya ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan kapal penyeberangan dan meminimalisasi korban jiwa," katanya saat meninjau kesiapan layanan angkutan mudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Senin.

Wamenhub meninjau kesiapan seluruh dermaga bersama rombongan dari Wakil Ketua Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Sri Untung, Direktur SDM dan Umum PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Rudi Meiyansyah, serta instansi lain seperti Dinas Perhubungan dan Administrator Pelabuhan (Adpel) dan Badan SAR Nasional (Basarnas). (ANT048/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Tiada ulasan:

Catat Ulasan