Jumaat, 15 Julai 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Dubes AS: Citra Buruk AS Pasti Berubah

Posted: 15 Jul 2011 08:08 AM PDT

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri bahwa citra Amerika Serikat (AS) di mata sebagian besar rakyat Indonesia amat buruk. Akan tetapi, Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel yakin hal ini akan berubah.

"Kami yakin lewat kerja sama komprehensif ini citra AS akan berubah di mata rakyat Indonesia," kataMarciel di sela-sela dialog komprehensif di Jakarta, Jumat, (15/7/2011) malam.

Menurut Marciel, pihaknya terus melakukan dialog dengan segala bentuk lapisan rakyat Indonesia termasuk organisasi muslim. "Kami selalu berdialog dengan berbagai lapisan masyarakat,termasuk juga dengan organisasi muslim dan berbicara di pesantren. Mereka menerima kami dengan baik dan melakukan diskusi terbuka dengan mereka," jelasnya.

Marciel menambahkan, mereka datang dengan misi dan membuktikan bahwa AS adalah teman dan rekan kerja sama yang baik untuk Indonesia.

Salah satu cara yang dilakukan melakukan kerja sama dengan antar instutusi. Cara ini digunakan untuk menyentuh rakyat yang tidak mampu. Tentunya hal ini dilakukan dengan bantuan dari universitas, pebisnis dan masyarakat AS.

"Kerja sama ini juga dilakukan oleh Indonesia melalui dubes dino (patti djalal). Tentunya kedua belah pihak membangun dukungan melaui kerja sama yang menguntungkan kedua negara," lanjut Marciel.

Marciel juga tidak menyanggah bahwa kerja sama komprehensif ini akan dibahas oleh Menlu AS Hillary Clinton dan Menlu RI Marty Natalegawa di Bali pekan depan, melalui kerangka pertemuam Asean Ministerial Meeting.

"Isu-isu yang dibahas bisa berupa kerja sama maritim, atau bahkan mengenai Myanmar. Dimana AS dapat mempromosikan demokrasi (kepada Myanmar)," tutur dia.

Selain itu, kedua Menlu kemungkinan juga membicarakan persoalan perompakan. Tentunya kedua menlu itu akan membahas isu-isu global yang penting lainnya. (ferd)
(uky)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Dubes AS dan RI Bahas Kerja Sama Komprehensif

Posted: 15 Jul 2011 07:45 AM PDT

JAKARTA - Hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) terus berkembang dari tahun ke tahun. Hubungan kedua negara kini ditandai dengan kerja sama komprehensif.

Kerja sama komprehensif ini menjadi topik menarik yang disuguhkan dalam dialog yang dilakukan oleh Duta Besar Indonesia untuk AS Dino Patti Djalal dengan Dubes AS untuk RI Scot Marciel,melalui telekonferensi di @america di Pacific Place hari ini di Jakarta.

Menurut Dino Patti Djalal yang berbicara lewat telekonferensi dari Washington.DC, menilai indonesia memiliki banyak teman di Amerika dan bahkan diluar AS. Menurutnya kerja sama komprehensif adalah bentuk diplomasi baru yang tentunya perlu dibarengi dengan tantangan baru.

"Indonesia memiliki banyak keunggulan,hal inilah yang harus diutamakan dalam satu kerja sama," ungkap Dubes Dino Patti Djalal lewat telekonferensi bersama di  @america di Pacific Place  di Jakarta,jumat (15/7/2011) malam.

Lebih lanjut Dino menambahkan bahwa warga Indonesia harus mengubah cara pemikiran untuk membuat kerja sama ini makin berhasil.

Selain itu, Dino juga menggambarkan bahwa hubungan antara Indonesia dengan AS saat sangat mudah,efisien dan lebih konstruktif. Sementara Dubes Marciel mengaku masih ada kekuarangan dari kerja sama komprehensif ini. Dirinya sadar istilah kerja sama komprehensif belum sepenuhnya dikenal hingga masyarakat tinggal bawah.

"Memang kerja sama ini belum dikenal luas. Namun kami terus berusaha keras untuk menginformasikan kerja sama komprehensif," ujar Marciel. "Untuk itu kami terus mengunjungi berbagai tempat. Seperti sekolah dan bahkan pesantren," lanjutnya.

Tidak lupa perwakilan AS di Indonesia tersebut mengatakan, akan meminta kalangan swasta dalam upaya memperkuat kerja sama komprehensif. Hal ini menurutnya dalam kerja sama di bidang pendidikan, bisnis serta kerja sama keamanan, maritim maupun kerja sama militer.

Terlepas dari segala keraguan dalam kerja sama ini,  Marciel melihat tidak ada resiko dalam hubungan kerja sama komprehensif ini. Seraya membenarkan pendapat Dino sebelumnya, Marciel menjelaskan butuh waktu lama untuk makin meningkatkan hubungan kedua negara.
(uky)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan