Ahad, 17 Julai 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Sejumlah SD Tidak Beroperasi Akibat Aktivitas Lokon

Posted: 17 Jul 2011 07:03 PM PDT

Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara (FOTO ANTARA/Jemmy)

Berita Terkait

Tomohon (ANTARA News) - Tiga sekolah dasar (SD) di Kelurahan Kinilow, Kinilow 1 dan Kakaskasen 1, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, tidak melakukan kegiatan belajar mengajar akibat meningkatnya aktivitas Gunung Lokon.

Pemantauan, di SD GMIM Kinilow dan SD Katolik Kinilow 1, tampak kosong, tidak ada murid dan tidak ada aktivitas kegiatan belajar mengajar, Senin.

Di SD GMIM Kinilow 1 tidak ada murid dan sejumlah guru tampak berada di ruang guru pada sekolah itu.

Evi Torar salah seorang guru SD GMIM mengatakan, belum melakukan aktivitas belajar mengajar karena para murid di sekolah tersebut berada di tempat pengugsian.

"Saat ini murid - murid berada di lokasi pengungsian, sehingga tidak ada proses belajar mengajar. Selain itu sejumlah guru di sekolah itu juga mengungsi dan berada di pengungsian akibat letusan gunung tersebut," kata Torar.

Menurut Torar, hingga Kamis (14/7) masih terdapat sejumlah murid yang datang ke sekolah itu.

"Saat itu masih ada sekitar enam murid yang datang ke sekolah," kata Torar.

Dia menambahkan, di sekolah tersebut tercatat ada sekitar 302 murid dari kelas 1- 6.

Boy Manoppo Kepala Lingkungan 1 Kelurahan Kinilow mengatakan, SD Inpres Kinolow sejak Selasa (12/7) itu tidak melakukan aktivitas belajar mengajar akibat letusan gunung lokon.

"Sekolah itu berada di zone larangan sehingga warga yang berada di lokasi itu dievakuasi, saat terjadi peningkatan aktivitas," kata Manoppo.

Sejak Sabtu (9/7) hingga Minggu (17/7) aktivitas Gunung Lokon meningkat dengan terjadi beberapa kali letusan, sehingga sampai saat ini terdapat sekitar 5.205 warga di Kelurahan Kinilow, Kelurahan Kinilow 1 dan Kakaskasen 1 harus diungsikan ke sejumlah tempat.

Ribuan pengungsi itu berada dan tersebar di 26 titk lokasi pengungsian, antaralain, di Taman Kota, aula gereja, Balai Pertemuan Umun Kelurahan, ruang kuliah di Universitas Kristen Indonesia Tomohon, Universitas Negeri Manado di Tomohon dan aula Parakletos. 
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sumsel akan Gelar Kejurnas Pra-PON Gulat

Posted: 17 Jul 2011 06:58 PM PDT

Olahraga Gulat (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)

Berita Terkait

Palembang (ANTARA News) - Provinsi Sumatera Selatan akan mengelar ajang Kejurnas Pra-Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-18 Riau tahun 2012, di Gedung Serbaguna Jakabaring, Palembang, 15-18 September 2011, kata pelatih daerah, Suhardin.

"Sumsel ditugaskan menjadi tuan rumah ajang Pra-PON karena menjadi penyelenggara cabang olahraga gulat pada SEA Games ke-26 November nanti," ujar dia, di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, Pengurus Besar Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) menginginkan ajang Pra-PON nanti menjadi kesempatan uji coba para panitia daerah SEA Games di Palembang itu.

"Seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan pada SEA Games memang diwajibkan menggelar tes event untuk mengukur kelayakan venues, fasilitas, dan SDM," ujar dia.

Suhardin menyatakan, sementara ini telah ada 25 Pengurus Provinsi PGSI yang menyatakan kesediaan ambil bagian pada ajang itu.

"Sementara ini baru 25 Pengprov, namun dalam waktu dekat akan bertambah lagi, mengingat ajang Pra-PON adalah ajang resmi untuk mendapatkan tiket berlaga pada PON ke-18 di Riau tahun 2012 nanti," kata dia pula.

Dia menambahkan, Kejurnas Pra-PON itu mempertandingkan nomor grego dan romawi untuk kelompok putra dan putri.

"Untuk jumlah medali serta kelas apa saja yang dipertandingkan masih dalam pembahasan PB PGSI, tapi yang jelas selaku tuan rumah Sumsel akan turun `full team`," kata dia.

Berkaitan dengan persiapan infrastruktur, dia menerangkan bahwa Gedung Serba Guna Jakabaring telah siap digunakan.

"Renovasi sudah dilakukan beberapa bulan lalu, dan tinggal menambah fasilitas pendukung, seperti lampu-lampu, pembuatan tribun penonton dan fasilitas lainnya," ujar dia.

Pada ajang PON Riau itu, Sumsel juga menargetkan masuk peringkat terbaik di Sumatera, dan pada PON berikutnya bisa menjadi daerah yang terbaik secara nasional.

Kota Palembang akan menjadi tuan rumah pembukaan dan penutupan SEA Games ke-26, 11-22 November 2011, dengan pertandingan cabang olahraga dibagi pelaksanaannya di Palembang dan Jakarta.
(ANT-037)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan