Selasa, 28 Jun 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


DK-PBB Perpanjang Setahun Misi Penjaga Perdamaiannya di Kongo

Posted: 28 Jun 2011 07:14 PM PDT

New York (ANTARA News/AFP) - Dewan Keamanan PBB Selasa memutuskan untuk memperpanjang setahun misi penjaga perdamaiannya di Republik Demokratik Kongo, MONUSCO, dan akan memberikan bantuan sebelum pemilihan nasional November mendatang.

Deqan Keamanan yang memiliki 15 anggota dengan suara bulat memutuskan bahwa MONUSCO -- Misi Stabilisasi Organisasi PBB di Republik Demokratik Kongo -- "akan membantu pengorganisasian dan pengadaan pemilihan nasional, provinsi dan lokal, melalui penyediaan bantuan teknik dan logistik seperti diminta oleh pemerintah Kongo".

Pemilihan presiden dan legislatif di DR Kongo dijadwalkan November, dan Presiden Joseph Kabila diperkirakan akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua.

Resolusi itu menekankan "bahwa penyelenggaraan yang berhasil pemilihan yang tepat waktu, inklusif, damai, kredibel dan transparan, sesuai dengan standar internasional, adalah syarat penting bagi konsolidasi demokrasi, rekonsiliasi nasional".

Pada awal Juni, para anggota parlemen Kongo menyetujui undang-undang untuk mengadakan pemilihan November dalam satu putaran -- gagasan yang partai-partai oposisi tolak, dengan mengatakan hal itu dapat merusak keabsahan presiden terpilih.

Mandat penting MONUSCO tetap untuk melindungi penduduk sipil, di negara tempat kelompok-kelompok bersenjata dan tentara dipersalahkan atas ketidakstabilan, serangan dan perkosaan massal yang meluas.

Pada Jumat, Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) mengatakan sebanyak 170 orang telah diperkosa antara 10-12 Juni di Nyakiele dan Abala di Republik Demokratik Kongo (DRC) timur.

Pada Maret, sebuah laporan pakar-pakar PBB mengecam pelanggaran hak asasi manusia di Kongo, menyimpulkan bahwa "dalam skala sangat besar, wanita telah dijadikan korban oleh kekerasan seksual dalam konteks konflik bersenjata yang melanda, dan di beberapa bagian negara itu terus melanda ke DRC".

MONUSCO adalah salah satu operasi penjaga perdamaian terbesar PBB di dunia dengan sekitar 20.000 personil berseragam.

Sekelompok 47 LSM internasional dan Kongo Kamis lalu telah minta Dewan Keamanan untuk menambah dana pada MONUSCO, guna melindungi warga sipil, dan juga korban kekerasan di Kongo timur, sebelum pemilihan November.(*)

(Uu.S008)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kongres PSSI Diharapkan Steril dari Kepentingan Politik

Posted: 28 Jun 2011 07:11 PM PDT

(Istimewa) (FOTO. ANTARA)

Berita Terkait

Video

Lubuk Pakam, Sumut (ANTARA News) - Ketua Bidang Pembinaan Persatuan Sepak Bola Deli Serdang, Sumatera Utara, Hasiholan Sinaga berharap kongres Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia harus steril dari segala bentuk kepentingan politik.

"Sasaran utama dan kepentingan di dalam dunia olah raga itu adalah prestasi. Tidak boleh dipengaruhi oleh kepentingan maupun intervensi politik," katanya di Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Minggu, ketika diminta tanggapannya menjelang penyelenggaraan kongres Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Solo, Jawa Tengah, 9 Juli 2011.

Bila kongres PSSI mendatang steril dari kepentingan politik, dia menyatakan optimistis para peserta kongres akan fokus dan lebih arif dalam menentukan tokoh yang dinilai layak untuk diusung memimpin PSSI periode 2011-2015.

Dikatakannya, kepengurusan baru PSSI mendatang hendaknya dipimpin oleh orang-orang yang memiliki integritas, loyalitas dan komitmen untuk bekerja keras tanpa pamrih, demi kemajuan persebakbolaan nasional.

Sosok para pengurus PSSI seperti yang didambakan kalangan masyarakat pencinta sepak bola di dalam negeri, menurut Hasiholan, sangat dibutuhkan untuk mengemban misi menjadikan sepak bola Indonesia agar kelak mampu berjaya di kancah sepak bola internasional.

Karena itu, lanjut Hasiholan, adalah wajak jika kongres PSSI kali ini dianggap sebagai momentum yang dinantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami berharap kongres PSSI nantinya dapat menjadi lembaran baru dan sebagai titik awal kebangkitan persepakbolaan Indonesia menuju ke kejayaan sepakbola," ujarnya.

Sepak bola Indonesia, menurut dia, memiliki peluang besar untuk meraih prestasi terbaik di kawasan Asia Pasifik bila ketua umum beserta segenap pengurus PSSI baru yang dihasilkan melalui kongres Solo senantiasa fokus dan konsisten mendukung program pembinaan, mulai dari tingkat pusat hingga ke daerah.

"Program pembinaan sepak bola di daerah selama ini diperkirakan masih sulit berjalan secara maksimal, karena minimnya dukungan dari PSSI," ucapnya.

Padahal, kata Hasiholan, di sejumlah daerah banyak terdapat bibit pemain muda berbakat yang potensial menjadi pemain sepak bola handal bila mereka direkrut dan diasuh melalui program pembinaan secara tepat dan berkesinambungan.

Perhatian dan dukungan penuh PSSI terhadap program pembinaan sepak bola di daerah dewasa ini masih sangat dibutuhkan, karena diperkirakan tidak semua klub sepak bola di daerah dengan dana relatif terbatas mampu menjalankan program pembinaan dan roda kompetisi secara berkesinambungan.(*)
(ANT-197/ANT)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan