Khamis, 7 April 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Reaktor Nuklir Fukushima Masih Aman

Posted: 07 Apr 2011 09:10 AM PDT


JAKARTA - Pemerintah Jepang menyatakan kondisi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukushima masih aman menyusul gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang wilayah perairan Miyagi.

"Reaktor nuklir Fukushima Dai-ichi masih aman, tapi kami kurang tahu jika para pekerjanya telah dievakuasi," ujar salah seorang pejabat keamanan nuklir Jepang seperti dikutip dari AP, Kamis (7/4/2011).

Badan Metereologi Jepang sebelumnya telah mengeluarkan peringatan bahaya tsunami setinggi dua meter untuk wilayah pesisir timur Jepang.

Peringatan ini diberikan kepada penduduk yang tinggal di radius 300 mil dari pesisir Prefecture Aomori di bagian utara hingga Prefecture Ibaraki di wilayah tengah Jepang. Pemerintah Jepang menginstruksikan kepada warganya yang bertempat tinggal di wilayah pantai untuk segera mengungsi ke dataran tinggi dan menjauhi pantai.(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tsunami Setinggi Dua Meter Ancam Jepang

Posted: 07 Apr 2011 08:47 AM PDT

JAKARTA - Wilayah pesisir timur Jepang saat ini dalam kondisi siaga bencana tsunami paska gempa berkekuatan 7,4 skala Richter (SR) yang berpusat 40 kilometer di bawah permukaan laut.

Pusat gempa berada di 100 kilometer dari wilayah Sendai dan 140 kilometer dari Fukushima. Badan Metereologi Jepang seperti dikutip dari AP, Kamis (7/4/2011), memperingatkan kemungkinan datangnya tsunami setinggi dua meter.

Peringatan ini ditujukan bagi penduduk di wilayah Timur Jepang yang disapu tsunami pada 11 Maret lalu.

Pemerintah Jepang menyatakan gempa mengakibatkan guncangan kuat selama sekira satu menit di Tokyo yang berjarak 345 kilometer dari pusat gempa.

Sementara di Ichinoseki, bangunan berguncang keras namun tidak menimbulkan kerusakan parah. Segera setelah gempa melanda, aliran listrik dipadamkan, sehingga situasi gelap gulita.

US Geological Survey mencatat gempa berkekuatan 7.4 SR berpusat di 100 kilometer dari Sendai, 140 kilometer dari Fukushima, dan 345 kilometer dari Tokyo dengan kedalaman 40 kilometer di bawah permukaan laut. Paska gempa dahsyat berkekuatan 9,0 SR pada 11 Maret lalu memang terjadi sejumlah gempa susulan. Namun skalanya tidak ada yang melebihi 7,0 SR.(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen