Selasa, 22 Mac 2011

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Karyawan PT Kelola Mina Laut Keracunan CO

Posted: 22 Mar 2011 07:42 AM PDT

Karyawan PT Kelola Mina Laut Keracunan CO

Penulis: Adi Sucipto | Editor: Glori K. Wadrianto

Selasa, 22 Maret 2011 | 14:42 WIB

GRESIK, KOMPAS.com — Sedikitnya 22 karyawan pabrik pengolahan ikan, PT Kelola Mina Laut, di Kawasan Industri Gresik, Jawa Timur, Selasa (22/3/2011), keracunan gas CO.

Mereka dilarikan ke RSUD Ibnu Sina Gresik pukul 11.45 WIB. Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Ketua Tim Penanganan Bencana dan Musibah Massal RSUD Ibnu Sina Gresik Sri Rahayu menjelaskan, dari 22 orang itu delapan orang perlu penanganan lebih lanjut. Sebanyak 14 orang menjalani observasi.

"Rata-rata mengeluh sesak dan pusing. Sebelumnya bahkan ada yang pingsan setelah menghirup racun. Penanganan yang dilakukan diberi oksigen," kata Sri. 

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pencurian Kayu, Kerugian Rp 5 Miliar

Posted: 22 Mar 2011 07:32 AM PDT

Pelestarian Hutan di Jateng

Pencurian Kayu, Kerugian Rp 5 Miliar

Penulis: K7-11 | Editor: Glori K. Wadrianto

Selasa, 22 Maret 2011 | 14:32 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Guna menekan angka pencurian kayu, Perhutani unit I jawa tengah menggandeng Polda Jateng. Melalui kerjasama dengan Polda Jateng, Perhutani akan memfasilitasi pembentukan Polmas (Pemolisian Masyarakat). Kerjasama ini tertuang dalam sebuah nota kesepahaman.

"Kerjasama ini bukan yang pertama. Tapi, kerjasama juga pernah dilakukan pada tahun 2005 lalu," kata Heru Siswanto, Kepala Unit I Perhutani Jateng, usai membuka Raker Perhutani di Gedung Rimba Graha, Selasa (22/3/2011).

Kerjasama dengan polisi, tambah Heru Siswanto, dilakukan dalam langkah melakukan operasi hutan lestari. Sebelumnya dengan MoU senada, sedikitnya 957 cukong pencuri kayu berhasil ditangkap. "Dengan kerjasama Perhutani dan Polri keamanan hutan bisa terkendali," imbuhnya.

Dengan penambahan personil Polri, diharapkan pengamanan makin maksimal. "Saat ini jumlah karyawan Perhutani sebanyak 10 ribu lebih, di mana sekitar seribu merupakan Polsus. Dengan tambahan petugas dari Polda Jateng, diharapkan pengamanan bisa makin maksimal," kata Heru.

Sementara itu, Kepala Polda Jateng Irjen Pol Edward Aritonang menjelaskan, tanggungjawab penanganan keamanan hutan bukan semata-mata tugas Polri dan Perhutani serta Dinas Kehutanan. Namun menjadi tugas bersama masyarakat.

"Peningkatan keamanan, dilakukan di seluruh wilayah hutan yang masuk dalam wilayah pengamanan Polda Jateng," kata Kapolda yang turut hadir dalam pembukaan Rakernas Perhutani itu.

Selain dinas di lingkungan Polda Jateng, kerjasama juga dilakukan dengan masyarakat hingga tingkat paling kecil yakni tingkat Rukun Tetangga (RT). "Ke depan, jika ada peristiwa warga tinggal menyampaikan ke Ketua RT dan mereka yang akan menelpon ke kantor polisi atau polisi terdekat," tambah Kapolda.

Direktur Pemasaran Perhutani Achmad Fachrodji menguraikan, sebelum adanya kerjasama dengan polisi pada tahun 2005, angka kerugian akibat pencurian hutan bisa mencapai lebih dari 200 miliar. Pascakerjasama, pencurian bisa ditekan tinggal sekitar 75 miliar. "Tahun 2010, pencurian kayu mencapai Rp 5 miliar diharapkan dengan kerjasama ini pencurian bisa dibawah Rp 1 miliar," kata Fachrodji.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan