Ahad, 13 Mac 2011

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Otoritas Jepang Bantah Tsunami Susulan

Posted: 13 Mar 2011 08:29 PM PDT

Sebuah perahu terlihat di Prefektur Miyagi yang tersapu oleh tsunami, setelah gempa besar dan tsunami yang menewaskan sedikitnya 1.000 orang mungkin. (ANTARA/REUTERS/Kyodo)

Berita Terkait

Tokyo (ANTARA News) - Gelombang besar berhasil dideteksi dari lepas pantai Jepang oleh sebuah helikopter, namun badan meteorologi Jepang menyatakan bahwa gelombang itu bukan pertanda bakal adanya tsunami baru atau gelombang besar.

Pihak berwenang Jepang telah memerintahkan evakuasi di sejumlah bagian daerah pantai yang sudah porak poranda, menyusul laporan awal dan pengamatan bahwa air alut seketika surut di Perfektur Iwate dan Aomori, sebuah fenomena yang biasanya bakal disertai tsunami.

Televisi pemerintah NHK melaporkan bahwa para petugas di sebuah helikopter pemadam kebakaran telah mendeteksi gelombang setinggi 3 meter di lepas pantai Perfektur Fukushima.

TV itu juga mengatakan bahwa gelombang tsunami diperkirakan akan sampai di daratan beberapa menit setelah deteksi itu.

Seorang pejabat badan meteorologi Jepang berkata kepada AFP, "Begitu kami mendeteksi gempa bumi, lembaga ini mengeluarkan baika peringatan tsunami maupun kondisi bahaya, namun tidak ada gempa yang termonitor."

Dia menambahkan, sejumlah sistem pengawasan lepas pantai milik badan meteorologi Jepang ini terpecah-pecah akibat bencana dahsyat Jumat pekan lalu.

Pesisir pantai Pasifik dari bagian utara Pulau Honshu luluh lantak oleh gelombang tsunami setinggi 10 meter yang dipicu oleh gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,9 Skala Richter yang adalah gempa bumi terbesar yang melanda Jepang.  (*)

AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jepang Kembali Bakal Disapu Tsunami Dahsyat

Posted: 13 Mar 2011 08:13 PM PDT

Gelombang tsunami setinggi 10 meter menyusul gempa 8,9 SR menyapu wilayah pesisir Jepang (CCCTV)

Berita Terkait

Tokyo (ANTARA News) - Beberapa menit ke depan gelombang tsunami setinggi 3 meter diperkirakan akan menyapu daerah pesisir timur laut Jepang yang sudah poranda poranda akibat gempa dan tsunami pekan lalu.

Otoritas penanggulan bencana Jepang memperingatkan bahwa tsunami itu akan segera datang dalam beberapa menit ke depan.

Gelombang tsunami itu terlihat dari helikopter pemadam kebakaran di lepas pantai Perfektur Fukushima, demikian televisi setempat seperti dikutip Reuters, Senin.

Sementara televisi milik pemerintah NHK melaporkan bahwa tsunami itu akan menghajar kembali Jepang pada pukul 11.20 pagi waktu setempat, atau 15 menit dari pantai.

Air laut di Perfektur Iwate di timut laut Pulau Honshu sudah menyurut drastis, pertanda bakal adanya gelomnbang tsunami. (*)

AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen