Ahad, 14 Julai 2013

Republika Online

Republika Online


Toilet Ajaib

Posted: 14 Jul 2013 03:23 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,Oleh: Arif Satria (Dekan Ekologi Manusia IPB)
Follow: @arif_satria

Saat itu saya menginap di sebuah hotel di Tokyo. Saat membuka pintu toilet, tiba-tiba penutup kloset otomatis membuka, yang artinya kloset siap digunakan. Rupanya ada sensor di kloset yang mampu mendeteksi hal itu.

Di sebelah kanan kloset tersebut, ada petunjuk penggunaan kloset sekaligus satu perangkat berisi ragam tombol yang ditempel di dinding toilet. Ada tombol pilihan pembasuh untuk laki-laki dan perempuan. Tekanan air bisa diatur dengan tombol. Bisa dipilih juga pakai air dingin atau air panas. Disinilah orang harus bisa membaca huruf kanji karena bisa-bisa yang ditekan adalah tombol air panas. Banyak kejadian salah pencet tombol sehingga yag keluar air panas.

Ada juga tombol "pijat" (masaaji), yang bila ditekan maka tekanan air pembasuh akan otomatis berpola seperti "jakuzi" dan terasa sedang memijat. Begitu selesai membasuh, maka ada tombol "pengering", yang bila kita tekan maka akan berfungsi sebagai pengering (dryer) bagian-bagian yang basah sehingga tidak perlu lagi menggunakan kertas pembersih (tissue paper).  Nah, setelah kita selesai dan berdiri, penutup kloset menutup secara otomatis. Pengguna kloset begitu dimanjakan dengan toilet ajaib ini. Jepang tahu persis kebutuhan penggunaan toilet yang sehat dan bersih.

Kini kloset tradisional Jepang sudah mulai ditinggalkan. Orang Jepang makin sadar bahwa membasuh dengan air jauh lebih baik dari pada menggunakan kertas pembersih. Karena itu di hampir semua hotel, mal, dan bandara kloset yang digunakan adalah kloset modern yang penggunanya bisa membasuh dengan air secara otomatis.  

Karena itu orang Indonesia yang lebih terbiasa membasuh dengan air saat buang air besar kini bisa merasa nyaman ketika bepergian ke Jepang. Namun, toilet "ajaib" yang lebih serba otomatis seperti di atas hanya ditemukan di hotel-hotel berbintang. Di KBRI Tokyo juga sudah ada toilet ajaib ini. Selamat mencoba !

14 Juli 2013

Tiada ulasan:

Catat Ulasan