Selasa, 25 Jun 2013

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Honda Accord Futuristik Dari Yogyakarta

Posted: 25 Jun 2013 11:40 AM PDT

Surabaya, KompasOtomotif – Sedan cokelat keemasan ini termasuk yang mendapat banyak perhatian dalam kontes modifikasi Accelera Auto Contest di Surabaya, Jawa Timur, beberapa bulan silam. Pasalnya, membuka dan menutup pintu Honda Accord VTi lansiran 2004 ini cukup dengan remote. Uniknya, dua pintu depan bergerak maju mendekati kap mesin, sedang dua pintu belakang bergeser ke arah sebaliknya.

Sejurus kemudian, bagasi "memuntahkan" sound system bak laci yang menganga. Sedangkan kap mesin mendongak ke atas. Semuanya berubah posisi dengan sistem motorized. Penampilannya rapi dengan pengerjaan detail tak sembarangan.

Pantas, bila juri menobatkan sebagai King of Elegant. "Padahal, konsepnya nggak cuma elegan, tapi juga futuristik sekaligus ekstrem. Jadi ada tiga konsep sekaligus dalam satu mobil," jelas Ocky Zio, pemilik mobil yang asli Yogyakarta itu kepada KompasOtomotif . Menurutnya, pengaplikasian konsep futuristik pada pergerakan pintu yang semua elektrikal, termasuk naik-turun suspensi (air-sus) yang membuat mobil bisa dibuat ceper, atau bisa juga standar.

Ekstremnya, justru pada rombakan total bodi. Uniknya, Ocky tak memercayakan mobilnya digarap di bengkel, tapi ia memanggil mekanik dan modifikator andal ke rumah. Semua dikerjakan atas pengawasannya dan pengerjaan pun tergolong cukup singkat, hanya 11 bulan.

Bagasi Hatchback
Soal penampilan, sebenarnya wajah asli Accord masih gampang dikenali melalui lampu depan-belakang yang masih bawaan pabrik. Dimensinya juga cenderung sama, hanya Ocky menambahkan body kit kustom untuk membuatnya semakin seksi.

Tapi jika diamati, ubahan mendasar dilakukan pada buritan. Tutup bagasi menyatu dengan pilar "C", sehingga ketika dibuka kacanya ikut terangkat. "Biar kayak Celica gitu. Pengin memodifikasi Celica sih, cuma duitnya kurang. Tapi setelah modifikasi jalan, eh malah lebih mahal ketimbang beli Celica," beber Ocky.

Paling susah justru kaki-kaki. Bapak satu anak ini bilang, semua ban dipasang presisi meski menggunakan pelek 22 inci. Karena menggunakan suspensi udara, fender pun bikin baru. Badan membengkak dengan teknik wide body, lebarnya tujuh jari di depan dan empat jari di belakang. 

Interior Mewah
Kemewahan semakin terasa ketika menengok kabin. Pemilihan motif jok, lapisan pintu, dashboard, dan atap dengan nuansa kotak-kotak cokelat-krem cukup pintar membangun suasana nyaman. Dengan motif ini, tukang jok dibuat sulit karena harus menganyam lapisan kulit satu persatu bagian. Beberapa monitor tertancap, seperti pada dashboard dan sandaran kepala jok depan.

Ocky lantas menambahkan mini bar di jok baris kedua dengan memberikan banyak tempat menyimpan botol minuman serta gelas, terutama di tengah-tengah penumpang. Lalu, semuanya dikombinasikan dengan perangkat audi lengap yang terpasang pada bagian belakang.

Mesin menjadi sentuhan terakhirnya dengan penambahan berbagai peranti HKS, mulai filter, turbo, dan pendongkrak tenaga lainnya. Dengan tampang seperti ini, Rp 300 juta lebih harus keluar dari kantong pribadi Ocky. "Tapi saya puas, dan itu memang yang dicari modifikator," tuturnya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan