Selasa, 25 Jun 2013

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Pertemuan tiga-pihak tentang Suriah tanpa hasil nyata

Posted: 25 Jun 2013 08:00 PM PDT

Jenewa (ANTARA News) - Pertemuan para pejabat PBB, Rusia dan Amerika Serikat mengenai pekerjaan persiapan bagi Konferensi Jenewa mengenai Suriah berakhir pada Selasa (25/6) tanpa memberikan hasil nyata.

"Pembahasan berjalan konstruktif, dan dipusatkan pada berbagai cara untuk memastikan Konferensi Jenewa mengenai Suriah dapat berlangsung dengan peluang terbaik untuk berhasil," demikian satu pernyataan yang dikeluarkan oleh PBB setelah pertemuan tertutup tersebut.

Peserta pertemuan tersebut, katanya, telah diberitahu bahwa Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan bertemu pekan depan.

Konsultasi lebih lanjut di antara PBB, Rusia dan AS akan diadakan sesudah Konferensi itu dan menyelesaikan daftar peserta, kata pernyataan tersebut, demikian laporan Xinhua.

Utusan Khusus Gabungan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi dan Wakil Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov dan Gennady Gatilov, serta Wakil Menteri Luar Negeri AS Urusan Politik Wendy Sherman menghadiri pertemuan tersebut.

Brahimi memberitahu wartawan sebelum pertemuan pada Selasa sore konferensi itu untuk mencari penyelesaian politik bagi krisis yang telah berkecamuk selama dua tahun di Suriah tampaknya tak bisa diselenggarakan pada Juli.

"Jujur saja, sekarang saya ragu apakah konferensi tersebut akan berlangsung pada Juli. Sebaliknya, saya kira pertemuan berikut mereka pada 4 dan 5 Juli, jadi saya kira mereka belum siap," kata Brahimi.


Penerjemah: Chaidar Abdullah

Snowden di zona transit bandara Moskow, kata Putin

Posted: 25 Jun 2013 07:36 PM PDT

Helsinki (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pembocor rahasia intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, masih berada di zona transit di Bandar Udara Sheremetyevo di Moskow.

Menurut Putin, yang pada Selasa (25/6) berkunjung ke Finlandia, kedatangan Snowden benar-benar tak terduga dan dia berharap kasus itu takkan mengganggu hubungan dengan Amerika Serikat.

Putin mengatakan ia tidak akan menyerahkan Snowden kepada Pemerintah Amerika Serikat karena Rusia tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Amerika Serikat, demikian laporan Xinhua.

Snowden tiba di Moskow sebagai "penumpang transit" dan bebas pergi ke mana saja yang ia pilih, kata Putin kepada pers setelah pertemuan dengan timpalannya dari Finlandia, Sauli Niinisto.

Namun ia berharap Snowden segera menemukan tempat yang akan dituju.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan