Khamis, 27 Jun 2013

detikcom

detikcom


Gempa 5 SR Guncang Gorontalo Utara

Posted: 27 Jun 2013 12:58 PM PDT

Jumat, 28/06/2013 02:58 WIB

Jakarta - Gempa berkekuatan 5 Skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Gorontalo Utara. Belum ada laporan mengenai dampak dari gempa ini.

Informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jumat (28/6/2013), gempa 5.0 SR itu terjadi pada pukul 02.04 WIB. Dari ukurannya gempa ini tak berpotensi tsunami.

Gempa terjadi di kedalamanan 10 Km dengan episentrum gempa di 93 Km Timur Laut Gorontalo Utara. Tak ada laporan terkait dari dampak gempa tersebut.

Demi Menebus Ijazah Anaknya, Seorang Bapak Rela Menjual Ginjalnya. Selengkapnya di "Reportase Pagi", Pukul 04.25-05.25, hanya di TRANS TV

(iqb/rvk)


Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com

BNPB: Tititk Api Kebakaran Hutan di Riau Mulai Berkurang

Posted: 27 Jun 2013 12:51 PM PDT

Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memantau dan memadamkan titik api kebakaran hutan di Riau. Hingga saat ini titik api yang menyebabkan polusi asap di Singapura itu mulai berkurang.

"Pantauan titik api berdasar satelit NOAA 18 di wilayah Riau terus menunjukkan menurun. Tercatat 19 titik yang tersebar di Pelalawan 6 titik, Bengkalis 2 titik, Inhil 2 titik, Kampar 2 titik, Rohil 2 titik, Siak 2 titik, Dumai 1 titik, K. Meranti 1 titik, dan Rohul 1 titik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan pesnya, Kamis (27/6/2013).

Menurutnya, hasil pemantauan dari udara dengan helikopter di beberapa wilayah di Riau memang menunjukkan masih banyak titik api yang terlihat dari udara. Untuk pemadaman dilakukan melalui jalur darat.

"Untuk mengatasi masih banyaknya titik api yang masih ada, Kepala BNPB akan melakukan optimaliasi penanganan pemadaman darat melibatkan personil tambahan dari TNI, Polri bekerjasama dengan BPBD, Instansi terkait lain seperti Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup dan masyarakat setempat," paparnya.

Selain operasi pemadaman udara dengan hujan buatan dan water bombing tetap terus dioptimalkan dengan koordinasi dengan satgas pemadaman darat. Sementara satgas penegakan hukum yang dikoordinir oleh Polda Riau juga mengeluarkan himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran.

"Dengan pengerahan sumberdaya tersebut serta pengalaman yang panjang dalam pemadaman titik api, maka Kepala BNPB menyatakan optimismenya bahwa kebakaran lahan dan hutan di wilayah Riau dapat diatasi secara cepat dengan dukungan seluruh potensi yang ada," ucap Sutopo.

Demi Menebus Ijazah Anaknya, Seorang Bapak Rela Menjual Ginjalnya. Selengkapnya di "Reportase Pagi", Pukul 04.25-05.25, hanya di TRANS TV

(iqb/rvk)

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan