Sabtu, 18 Mei 2013

Republika Online

Republika Online


Pergub Aturan Merokok Hanya 'Macan Ompong'

Posted: 18 May 2013 11:00 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan massa dari Universitas Indonesia melakukan aksi gerakan peduli kesehatan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (19/5).

Mereka mendesak pemerintah untuk menjalankan peraturan kawasan tanpa rokok di tempat-tempat umum. Massa yang mengenakkan jas almamater berwarna kuning ini juga membawa spanduk berisi imbauan untuk tidak merokok di tempat umum.

Adi Sasongko, salah satu peserta aksi yang juga dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mengatakan, pemerintah telah mengatur larangan merokok di tempat umum. Akan tetapi, aturan itu seperti macan ompong. mnn   222221`

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 55 Tahun 2012 tentang Penegakan Hukum Kawasan Dilarang Merokok. Namun, kata dia, pergub tersebut hanya sebatas peraturan saja karena kenyataan di lapangannya tidak berjalan. 

Menurut dia, berdasarkan survey yang dilakukan mahasiswa UI, masih banyak ruang publik yang belum terbebas dari asap rokok. Bahkan, tidak ada yang menegur apabila ada orang yang merokok di tempat tersebut.

"Orang boleh saja merokok, tapi tidak di tempat umum. Karena ada hak asazi orang untuk tidak menghirup asap rokok," kata dia. Adi mengaku telah menemui Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) dan Asisten Kesehatan Masyarakat, untuk membahas persoalan ini.

Menurut Adi, mereka beralasan tidak bisa menjalankan fungsi pengawasan peraturan kawasan tanpa rokok tersebut karena keterbatasan tenaga dan anggaran. "Itu kan program yang sudah dirancang dan harusnya sudah disiapkan anggarannya. Ini hanya soal kemauan," kata dia.

Menurut dia, agar peraturan kawasan tanpa rokok itu berjalan, maka masyarakat harus ikut mendesak pemerintah untuk menjalankan tugasnya. Selain itu, lanjut Adi, peraturan yang dibuat juga harus mendorong orang untuk memiliki rasa malu ketika merokok di tempat umum.

Persib vs Persepam, Menanti Taji Hilton Moreira

Posted: 18 May 2013 11:00 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hilton Moreira menjalani comeback-nya bersama Persib Bandung dengan ciamik. Meski tidak mencetak gol dalam kemenangan 3-1 atas Persela Lamongan pekan lalu, namun aksi Hilton menimbulkan decak kagum.

Kini, striker berusia 32 tahun itu akan kembali menunjukkan tajinya dalam laga Persib menjamu Persepam Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Ahad (19/5). Pemain yang musim lalu sempat meninggalkan Persib demi Sriwijaya FC itu harus lebih dulu berada di bangku cadangan pada laga perdananya. Ia baru diturunkan pada menit ke-69 ketika Maung Bandung dalam posisi unggul 3-1.

Walaupun tak berhasil mencetak gol, namun Hilton sukses memikat hati pelatih Djajang Nurjaman berkat kepiawaiannya dalam mengolah si kulit bundar. Jajang pun menyatakan siap menurunkan Hilton sejak menit pertama pada laga nanti.

Jajang menilai, Hilton makin 'ngeklik' dengan permainan Persib setelah menjalani sesi latihan dan uji coba dalam kurun waktu satu pekan ini. "Kondisi fisiknya pun bagus. Saya tak ragu untuk menurunkannya sejak menit pertama," kata Jajang dikutip dari laman resmi Persib, Sabtu (18/5).

Jajang meyakini keberadaan Hilton dapat meningkatkan keganasan Persib di lini serang. Terlebih, Hilton telah memberikan kesan pertama yang impresif saat menjalani laga perdananya. Pada debutnya melawan Persela, Hilton menciptakan tiga peluang emas untuk Persib berkat asisst-nya.

Salah satu aksi memukaunya tercipta pada menit ke-87. Ia melakukan solo run dari tengah lapangan melewati dua kawalan pemain Persela dan merangsek ke barisan pertahanan lawan. Setelah mendapatkan ruang, Hilton langsung melepaskan tembakan. Bola yang dilepaskan Hilton itu tak mampu ditangkap dengan sempurna oleh Khoirul Huda dan  memantul ke arah Atep. Sayangnya, Atep kurang sigap menyambar bola muntah tersebut sehingga masih mampu diblok bek Persela.

Menjelang laga melawan Persepam, Persib sempat menjalani laga uji coba melawan tim Divisi II asal Karawang Benpica FC. Pada laga yang berlangsung di Lapangan Pusadikpom, Cimahi, Selasa (14/5) Hilton mencetak satu gol dari kemenangan 10-2 Persib. "Kerja sama Hilton dengan pemain lain seperti Sergio Van Dijk dan Atep sudah bagus. Sangat mungkin ia jadi starter," ungkap Jajang.

Hilton mengaku siap diturunkan sebagai starter. Ia bahkan menyatakan kesanggupannya untuk bermain penuh selama 90 menit. Hilton mengatakan, kondisi fisiknya terus mengalami peningkatan setelah mengikuti sesi latihan rutin. "Aku sudah siap untuk bermain penuh," kata Hilton.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan