Jumaat, 24 Mei 2013

Republika Online

Republika Online


Mayat Laki-Laki Tergeletak di Dekat Terminal Kalideres

Posted: 24 May 2013 10:58 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI -- Sesosok mayat berjenis kelamin laki-laki ditemukan tidak bernyawa di Taman Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (25/5) sekitar pukul 08.00 WIB.

Kapolsek Kalideres, Komisaris Polisi Danu Wiyata mengatakan, mayat tersebut tidak memiliki identitas. Ciri-cirinya, berumur sekitar 50 tahun, memiliki kulit berwana kuning, tingginya sekitar 165 cm dengan badan yang kurus serta rambut yang hitam dan ikal.

''Korban ditemukan memakai baju kemeja krem, dan celana panjang loreng TNI,'' katanya, Sabut (25/5).

Setelah menjalani sejumlah pemeriksaan terhadap beberapa saksi, polisi melaporkan dugaan sementara, korban meninggal karena sakit.

Danu mengatakan, tidak ada bekas luka akibat penganiayaan di tubuh korban, dan menurut keterangan beberapa saksi, sebelum tewas korban mengeluh sakit kepada pedagang yang berada dilokasi kejadian.

''Korban diduga adalah tunawisma,'' katanya.

Jasad pria tanpa identitas tersebut, akhirnya dibawa pihak kepolisian ke RSCM demi dilakukan autopsi lebih lanjut.

Bumil, Cegah Bayi Cacat dengan Asup Asam Folat

Posted: 24 May 2013 10:53 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Untuk mencegah kecacatan pada bayi yang dilahirkan, para ibu hamil harus mengonsumsi asam folat.

''Asam folat itu hal yang sangat penting untuk mencegah kecacatan saat kelahiran seperti tuna rungu, tuna grahita, tuna netra, dan lain-lain,''kata Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo pada Republika.

Pemberian asam folat untuk ibu hamil di Kabupaten Kulonprogo menjadi gerakan wajib dan bahkan sebelum hamil asam folat sudah harus diberikan.

"Asam folat tersebut diberikan secara gratis di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah Wates," lata Hasto.

Sebelumnya di ROL diberitakan  bahwa sejak dua tahun belakangan ini  kasus  tuna rungu yang datang ke poli terapi wicara RSUP Dr Sardjito berasal  Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulonprogo melonjak drastis.

''Setiap harinya dari  sekitar 7-8 pasien  kasus tuna rungu  yang datang ke RSUP Dr Sardjito, sekitar 4-5 pasien diantaranya berasal dari kedua kabupaten tersebut. Sedangkan sebelumnya paling cuma satu sampai dua pasien per hari,''kata Koordinator Pelayanan Terapi Wicara  Euis Helmi Himia Rosa, di Ruang Pertemuan Instalasi Rehabilitasi  Medik RSUP Dr Sardjito .

Oleh karena itu, kata Hasto menambahkan,  di Kulonprogo selain gencar dilakukan sosialisasi tentng pentingnya asam folat pada ibu hamil, juga ada penambahan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obsgin) yang dalam waktu dekat ada tiga dokter spesialis obsgin serta pelayanan pada saat persalinan tidak terlambat.

Sebagaimana diketahui asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, untuk mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defects/NTDs) pada bayi.

Dengan mengonsumsi asam folat yang cukup pada masa sebelum dan selama kehamilan (sebanyak 0.4-0.8 mg perhari), resikonya dapat diturunkan sampai dengan 80 persen.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan