Jumaat, 24 Mei 2013

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Tabrakan truk sebabkan jembatan ambruk di Washington

Posted: 24 May 2013 07:25 PM PDT

Mount Vernon, Washington (ANTARA News) - Jembatan ambruk yang menyebabkan mobil dan pengemudinya tercebur ke sungai Skagit di Negara Bagian Washington meningkatkan kecemasan masyarakat mengenai keamanan sejumlah infrastruktur yang sudah tua di negara itu.

Musibah jembatan ambruk pada Kamis terjadi akibat ada tabrakan truk di atas jembatan tua itu, setidaknya menabrak salah satu baloknya, kata petugas, Jumat.

Truk tersebut diiringi suara gemuruh berhasil menyebrang jembatan dengan selamat namun kemudian sebagian dari jembatan itu runtuh, sehingga dua mobil lain di belakangnya tercebur demikan pula baja dan bangunan jembatan pada Kamis malam.

Sebanyak tiga korban diselamatkan dalam musibah yang tidak meminta korban jiwa tersebut dan dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.

Musibah jembatan yang berpenopang baja buatan 1955 itu memicu seruan baru para anggota parlemen di Washington DC untuk alokasi anggaran bagi perbaikan sejumlah infrastruktur tua dan hancur di negeri tersebut.

Petugas dari negara bagian di Washington mengatakan petunjuk awal mengenai keadaan jembatan yang tahun lalu dua kali diperiksa adalah bukan karena struktur yang tidak sempurna tetapi runtuh karena tabrakan truk pada tiang penyanga utamanya.

Petugas mengatakan jembatan itu, yang berada 90 km di utara Seattle, tidak termasuk dalam daftar bangunan yang "mengalami kerusakan struktur" yang untuk jembatan biasanya meliputi pula ketidakmampuannya menanggung beban berat kendaraan yag melintas di atasnya.

Pendataan Jembatan Nasional yang dikelola swasta mencatat bahwa jembatan tersebut "berfungsi baik" dan ditegaskan oleh pejabat publik bahwa jembatan itu tidak dibangun dengan standar terbaru.

"Berdasarkan pemeriksaan kami, jembatan itu tidak mengalami kelainan struktur," kata Lynn Peterson, Menteri Perhubungan.

"Kami melakukan pemeriksaan terhadap semua jembatan. Ini hanya sedang sial saja."

Gempa guncang Rusia, California dan Uzbekistan

Posted: 24 May 2013 07:19 PM PDT

Beijing (ANTARA News) - Sebanyak tiga gempa bumi dilaporkan mengguncang Okhotsk di Rusia, Northern California di Amerika Serikat dan Uzbekistan timur dengan kekuatan yang berbeda pada Jumat (24/5).

Gempa dengan kekuatan 6,8 pada Skala Richter mengguncang Laut Okhotsk pada pukul 22.56 waktu Beijing, Jumat, kata Pusat Jaringan Pemantau Gempa China (CENC).

Pusat gempa, dengan kedalaman 630 kilometer, dipantau berada pada 52,2 derajat Lintang Utara dan 151,6 derajat Bujur Timur, kata pusat gempa tersebut sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Dari New York US Geological Survey (USGS) melaporkan gempa bumi dengan kekuatan 5,7 Skala Richter mengguncang Northern California pada pukul 03.47 GMT (10.47 WIB) Jumat.

Pusat gempa, yang berada pada kedalaman 11,30 kilometer, mulanya ditetapkan berada di 40,1880 derajat Lintang Utara dan 121,0627 derajat Bujur Barat.

Sementara itu, gempa dengan kekuatan 5,5 pada Skala Richter menggetarkan Uzbekistan Timur pada pukul 22.18 GMT Jumat (Sabtu, 05.18 WIB), kata USGS.

Pusat gempa tersebut berada pada kedalaman 15,80 kilometer. Belum ada laporan lanjutan mengenai ketiga gempa yang mengguncang tiga wilayah berbeda di dunia itu.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan