Jumaat, 24 Mei 2013

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


383 napi dapat remisi pada Hari Waisak

Posted: 24 May 2013 07:16 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberikan remisi khusus kepada 383 narapida beragama Budha pada peringatan Hari Raya Waisak 2013.

"Pada Hari Raya Waisak 2013 sebanyak 383 napi dan anak diberikan pengurangan masa tahanan yang beragam," kata Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Akbar Hadi Prabowo di Jakarta, Jumat.

Pengurangan masa tahanan terhadap napi dan anak didik itu telah sesuai dalam peraturan yang berlaku.

"Aturan untuk memberikan remisi itu termaktub dalam UU Nomor 12 Tahun 1995, Peraturan Pemerintah No.32 Tahun 1999 dan Kepres No.174 Tahun 1999 Tentang Remisi," kata Akbar.

Syarat untuk mendapatkan remisi adalah napi yang telah menjalani masa pidana minimal enam bulan dan tidak pernah melakukan pelanggaran displin, katanya.

"Napi yang mendapatkan remisi itu harus disiplin dan tercatat di dalam buku register atau buku catatan pelanggaran disiplin napi," kata Akbar.

Besaran remisi yang diberikan itu mulai dari pengurangan 15 hari hingga ada yang langsung bebas, "Hal itu tergantung masa pidana yang telah dijalani," katanya.

KPK luncurkan baju tahanan baru

Posted: 24 May 2013 07:07 AM PDT

Sukabumi (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan baju tahanan baru dan penggunaannya akan dimulai pada hari Senin (27/5).

"Sejak beberapa bulan lalu, pimpinan telah menyetujui pemakaian baju tahanan yang baru, mulai Senin baju ini dipergunakan," kata Wakil Ketua Bambang Widjojanto dalam Lokakarya "Jurnalis Antikorupsi" di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat.

Baju tahanan baru tersebut terdiri atas tiga pasang, pertama adalah baju bagi mereka terkena operasi tangkap tangan KPK berupa jaket oranye dengan tiga garis hitam bertuliskan "Tahanan KPK".

Baju kedua adalah baju sehari-hari tahanan berupa rompi warna oranye dengan tiga garis hitam bertuliskan "Tahanan KPK" dan celana hitam; serta terakhir adalah baju olahraga berwarna biru gelap dengan kerah kuning.

"Tujuan pemakaian warna oranye adalah agar baju terlihat lebih menyolok, mungkin bila yang melarikan diri dapat segera diketahui dan juga dapat menimbulkan efek jera," tambah bambang.

Tahanan pria dan wanita menurut Bambang akan mengenakan baju yang sama.

Saat persidangan tahanan KPK juga diwajibkan memakai baju sehari-hari yaitu rompi warna oranye.

Baju tahanan KPK sebelumnya adalah jaket warna putih dengan tulisan "Tahanan KPK", namun tahanan tidak diwajibkan memakai jaket putih tersebut di persidangan.

Penggunaan jaket tahanan model lama kadang dimodifikasi sehingga sang tahanan tampak lebih modis seperti yang dilakukan oleh mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda Swaray Goeltom, yang menjadi terdakwa kasus suap terhadap sejumlah anggota Komisi IX DPR periode 1999-2004.

Miranda pernah menambahkan ikat pinggang besar saat saat menggunakan jaket tersebut.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan