Ahad, 26 Mei 2013

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Hitung Cepat JSI: Ganjar-Heru Menang

Posted: 26 May 2013 08:13 AM PDT

PILGUB JATENG

Hitung Cepat JSI: Ganjar-Heru Menang

Penulis : Kontributor Semarang, Puji Utami | Minggu, 26 Mei 2013 | 15:13 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko menang versi dalam penghitungan cepat  (quick count) yang dilakukan Jaringan Suara Indonesia (JSI).

Berdasarkan perhitungan suara JSI yang masuk hingga 95 persen, pasangan Ganjar-Heru unggul dengan perolehan 48,73 persen. Sedangkan pasangan Bibit-Sudijono 30,14 persen dan Hadi-Don Murdono 21,11 persen.

Jumlah tersebut diambil dari 380 tempat pemungutan suara. Pengamat politik Universitas Diponegoro Budi Setiyono mengatakan, kemenangan Ganjar-Heru dalam pemilihan ini bukan hanya besarnya partai pengusung yakni PDI Perjuangan. Melainkan juga sosok baru Ganjar yang diharapkan bisa memberikan perubahan.

"Meski baru quick count namun ini menunjukkan adanya keinginan masyarakat menuju perubahan," ujar Budi.

Budi mengatakan, Ganjar memiliki keunggulan dengan hanya diusung satu partai besar. Yakni memiliki program yang konsisten. "Untuk pasangan lain tidak konsisten karena antar pengusung juga memiliki visi-misi berbeda," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Garuda Ridwan mengatakan hasil ini diharapkan tidak jauh berbeda dengan hasil akhir perhitungan KPU nantinya. "Kemenangan Ganjar-Heru diharapkan menjadi perubahan dan sesuai keinginan rakyat Jawa Tengah," kata Ridwan.

Editor :

Glori K. Wadrianto

Ketua KPU Solo: Wajar Jika Ganjar Menang Telak di Solo

Posted: 26 May 2013 08:08 AM PDT

PILGUB JATENG

Ketua KPU Solo: Wajar jika Ganjar Menang Telak di Solo

Penulis : Kontributor Surakarta, M Wismabrata | Minggu, 26 Mei 2013 | 15:08 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Solo, Didik Wahyudiono, Ketua KPU belum memastikan apakah pasangan Ganjar Pranowo memang menang mutlak di Kota Solo.

"Kita rencananya baru mengambil surat suara dari TPS sekitar jam tiga, setelah itu, kita baru memasukan data. Dan setelah itu baru tahu hasil quick count-nya" katanya.

Namun demikian, Didik juga menambahkan, jika pun Ganjar dan Heru Sudjatmoko menang di Solo, maka hal itu wajar karena salah satu kantong suara PDI-P ada di Solo.

Sepanjang pengamatan di Kantor KPU di Kahuripan Utara, Sumber, Solo, belum tampak aktivitas menonjol dari petugas KPU. Hanya layar lebar yang menayangkan hasil quick count dari KPU Jawa Tengah yang menunjukkan pasangan Ganjar-Heru memperoleh 48, 67 persen, Bibit Waluyo - Sudijono Sastroatmojo memperoleh 30,43 persen, dan Hadi Prabowo-Don Murdono memperoleh 20,90 persen. 

Editor :

Glori K. Wadrianto

Tiada ulasan:

Catat Ulasan