Isnin, 27 Mei 2013

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Dukungan bagi SBY peroleh penghargaan ACF

Posted: 27 May 2013 07:38 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Para tokoh dan pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam menyatakan mendukung  rencana pemberian penghargaan kepada Presiden RI  Susilo Bambang Yudhoyono oleh Appeal Of Consience Foundation (ACF).

Para pimpinan Ormas tersebut akhir minggu lalu berkumpul di kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, kata Ketua Umum Wahdah Islamiyah di Jakarta, mengenai hasil pertemuan tersebut.

Bahasan utama pertemuan sejak Jumat pagi hingga siang khususnya terkait dengan rencana pemberian penghargaan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono oleh ACF. 


Mereka mengaku bahwa pada pertemuan tersebut tidak membawa agenda lain, kecuali ingin menyatakan bahwa pemberian penghargaan ACF pantas diterima dengan berbagai alasan.

Dalam pertemuan itu semua pihak ingin kehidupan toleransi tetap terjaga. Mereka juga mengaku hasil pertemuan tersebut tidak ada rekayasa. Hasilnya juga sudah disampaikan kepada Menteri Agama Suryadharma Ali.

Dalam pernyataannya mereka antara lain mengapresiasi ACF yang akan memberikan World Statesman Award kepada Presiden RI terkait kerukunan dan toleransi kehidupan beragama di Indonesia yang telah secara terus menerus membangun dan mengembangkan kerukunan di Indonesia.

Umat Islam Indonesia sejak awal pendirian RI memiliki komitmen dan menerapkan sikap toleransi kepada umat dan pemeluk agama lain untuk bersama-sama membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang agamis, rukun dan damai dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menyesalkan adanya sekelompok kecil orang yang menolak rencana pemberian penghargaan tersebut yang didasarkan pada kasus-kasus tertentu yang terjadi di Indonsia, yang tidak menggambarkan kondisi sebenarnya kehidupan umat beragama di Indonesia secara komprehensif dan mengabaikan fakta-fakta yag secara nyata menunjukkan kehidupan beragama yang harmonis di Indonesia.

Beberapa Ormas yang datang di antaranya: Al Irsyad Al Ilamiyah (diwakili Ridho Baridwan), PP Persis (Taufiq Rahman), Attahiriyah (Suryani Thahir, Nuruzzaman), PP Muhammadiyah (M. Imran Hanafi), PP PUI (Ahmadi Thoha, Ali Syamsudin), PB. Alwasliyah (M. Yusnar Yusuf), DPP Perti (H.M. Faisal Amin), BKMT/Assyafiiyah (Tutty Alawiyah), MUI (Amidhan).

Ormas Islam lainnya Wahdah Islamiyah (Muh. Zaitun Rasmin), Persis (M. Abdurachman), Matlaul Anwar (Sadeli Karim), DPP LDII (Abdullah Syam), DPP SI (Raharja Tjakraningrat), DPP LDII (Rio Sidauruk), Sekjen FUI M. Ali Al Khatthath), FUI Wiraman Adnan, Lutfi Hakim, M. Sholeh Amin), PB NU (Iqbal Sullam), Attahiriyah (Suryani Thaher).

UGM terima 3.318 mahasiswa baru melalui SNMPTN

Posted: 27 May 2013 07:22 AM PDT

Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menerima sebanyak 3.318 mahasiswa baru di berbagai program studi melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013.

"Mereka berhasil menyisihkan 69 ribu peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 yang mendaftar di Universitas Gadjah Mada (UGM)," kata Direktur Akademik UGM Sri Peni Wastutiningsih, di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, dari 3.318 mahasiswa baru yang diterima tersebut, 475 orang di antaranya adalah penerima beasiswa Bidikmisi.

"Mereka yang diterima di UGM wajib melengkapi persyaratan berupa kartu peserta, KTP/paspor, surat keterangan telah lulus UN, surat penghasilan orang tua, bukti pembayaran, pasfoto, dan surat keterangan kesehatan," katanya.

Ia mengatakan, berkas-berkas tersebut harus dibawa saat melakukan registrasi di Kantor Direktorat Akademik UGM Yogyakarta pada tanggal 18-21 Juni 2013. Surat pernyataan itu dapat diunduh di laman http://um.ugm.ac.id.

Selain melakukan registrasi, mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN juga diwajibkan untuk mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) dan TOEFL yang akan diselenggarakan di kampus UGM pada 18-19 Juni 2013.

Menurut dia, program studi dengan tingkat selektivitas tertinggi di UGM dalam SNMPTN 2013 adalah Gizi Kesehatan, Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, Keperawatan, dan Pendidikan Dokter untuk kelompok IPA.

Untuk kelompok IPS selektivitas tertinggi ada pada program studi Manajemen, Pariwisata, Sastra Inggris, Akuntansi, dan Ilmu Hubungan Internasional.

Ia mengatakan, bagi pendaftar yang belum berhasil dalam SNMPTN, UGM masih akan menerima 1.997 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan 1.331 mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri UGM.

Pendaftaran SBMPTN masih berlangsung sampai dengan 7 Juni 2013. Tes tulis akan dilaksanakan pada 18-19 Juni 2013 dan hasil seleksi diumumkan pada 12 Juli 2013.

Pendaftaran Seleksi Mandiri UGM untuk jalur PBUTM, PBUB, dan PBOS akan berakhir pada 20 Juni 2013 dan pendaftaran ujian tulis sampai dengan 1 Juli 2013.

"Tes tulis Seleksi Mandiri diselenggarakan pada 7 Juli 2013. Pengumuman hasil Seleksi Mandiri dilaksanakan pada 31 Juli 2013," katanya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan