Rabu, 24 April 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Ini Penyebab Politikus Loncat ke DPD

Posted: 24 Apr 2013 01:05 AM PDT

POLHUKAM

Rabu, 24 April 2013 15:05 wib

Susi Fatimah - Okezone

JAKARTA- Sejumlah anggota DPR periode 2009-2014 memutuskan untuk loncat dan bertarung dalam pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ketimbang melanjutkan karir politiknya di DPR. Sebut saja, politikus partai Demokrat, Gede Pasek Suardika, yang telah memutuskan maju sebagai calon anggota DPD.

Menurut Pengamat Politik Hanta Yudha ada lima faktor yang membuat para politikus mulai melirik Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebagai sarana aktualisasi dalam berpolitik. Hal ini menurutnya merupakan fenomena menarik yang terjadi di Pemilu 2014. 

"Ini fenomena menarik, ini bisa jadi kabar gembira. Menurut saya ada lima faktor yang menyebabkan DPD lebih menarik ketimbang tahun-tahun sebelumnya," ujar Hanta dalam diskusi di Gedung DPD Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Pertama, DPD dianggap sebagai salah satu tempat pelarian politik. Hal itu bisa dimanfaatkan oleh para politikus ketika patron ke partai politik yang dinaungi tengah lemah.

"Artinya kita tahu turbulensi di parpol. Apakah itu di daerah atau di pusat, kalau patron lemah. Daripada tergusur lebih baik menggusurkan diri. Posisi seperti ini akan dominan di 2014," paparnya.

Kedua, lanjutnya, pilihan untuk berlabuh ke DPD karena alasan efisiensi anggaran. Seperti diketahui untuk menjadi caleg harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, terlebih banyak transaksi seperti transaksi ke partai, ke pemilih, ke panitia penyelenggara pemilu. Hal itu berbeda ketika di DPD yang melalui jalur perorangan.

Ketiga, alasan lainnya adalah karena citra lembaga DPR yang saat ini sedang disorot karena produktifitasnya yang kurang dan dibarengi dengan sikap para anggotanya yang dinilai tidak pantas sebagai wakil yang rakyat, seperti terlibat kasus korupsi, skandal seks dan sebagainya.

"Kita tahu DPR inti demokrasi, kepercayaan publik terdegradasi. DPD memang eksistensinya tidak sekuat DPR, tapi secara citra DPD lebih baik. Citranya lebih relatif positif," katanya.

Keempat, lanjut Hanta, kewenangan DPD saat ini mulai menguat. Hal itu dengan adanya kewenangan DPD untuk membahas program legislasi nasinal meski belum ada kewenangan memutuskan.

"Kelima, motif menjadi anggota DPD benar-benar memperjuangkan daerah dengan segmen sendiri. Saya rasa yang kelima ini jarang ada yg begini," kata Hanta.

Lebih lanjut Hanta mengatakan bahwa maraknya politikus loncat ke DPD menjadi momentum untuk memperbaiki citra DPR yang selama ini dinilai kurang, serta sarana memperkuat kewenangan DPD.

"Caleg DPD bukan hanya pelengkap, tapi juga diminati, ini positif.
Ini momentum memperbaiki citra DPR. Ini momentum juga memperkuat kewenangan DPD siapa tahu nanti ada perubahan lagi, untuk mengimbangi kewenangan DPR yang amat kuat," paparnya.

Seperti diketahui, sejumlah politikus akan maju sebagai anggota DPD, mereka yaitu Ketua Komisi III DPR Gese Pasek Suardika, mantan Direktur Eksekutif Partai Demokrat M. Rahmad, dan kabar terakhir mantan Bupati Garut Aceng Fikri.

(ugo)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

13 Mei, United Arak Trofi EPL Keliling Manchester

Posted: 24 Apr 2013 01:03 AM PDT

MANCHESTER – Seperti tim-tim pada umumnya, Manchester United juga akan melakukan parade untuk merayakan sukses mereka meraih trofi juara. Kubu Setan Merah bahkan sudah menetapkan tanggal untuk melakukan parade.

Sebagaimana dikutip Goal, United akan memamerkan trofi ke-20 mereka di Old Trafford, usai melakoni laga kandang terakhir EPL kontra Swansea City pada 12 Mei mendatang. Di partai pamungkas, United akan tandang ke markas West Bromwich Albion (19/5).

Sehari berselang, seluruh punggawa dan staf termasuk sang pelatih Sir Alex Ferguson akan melakukan parade keliling kota Manchester untuk memamerkan trofi ke publik.

United akan melakukan parade dengan menggunakan bus atap terbuka. Rute perjalanan arak-arakan trofi United akan diawali dari Old Trafford dan berakhir di pusat kota Manchester.

United memastikan gelar juara pada akhir pekan kemarin. Skuad The Red Devils memetik kemenangan 3-0 atas Aston Villa lewat torehan hattrick Robin van Persie. Bagi RvP, ini merupakan trofi EPL perdananya sejak berkarier di Liga Inggris pada 2004.

Follow @bola_okezone untuk mendapatkan info seputar sepakbola (acf)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan