Rabu, 24 April 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


1969, Pasukan Soviet Berseteru dengan China

Posted: 24 Apr 2013 03:03 PM PDT

NEW YORK - Perseteruan yang dramatis terjadi antara pasukan Uni Soviet dan China pada 2 Mei 1969. Di saat itu, kedua mitra komunis saling melepaskan tembakan di wilayah perbatasan, tepatnya di Sungai Ussuri.

Baku tembak antara pasukan Soviet dan China itu dipicu oleh persengketaan. Soviet menuduh pasukan China menyeberangi wilayah perbatasan antara kedua negara itu dan menyerbu pos militer Uni Soviet.

Muncul pula laporan mengenai tewasnya pasukan Rusia di wilayah itu. Namun China justru menuduh balik Uni Soviet. China mengklaim, Soviet-lah yang menyeberangi perbatasan dan menyusup ke wilayah China. Demikian, seperti dilansir dari History.com, Kamis (25/4/2013).

Bentrokan itu merupakan bentrokan pertama yang dialami oleh China dan Soviet. Pada dekade 1960an, hubungan dari dua negara komunis itu juga mulai terkikis karena adanya perbedaan pandangan politik. Negeri Panda menganggap Soviet menyimpang dari ajaran murni Marxis. China turut mengatakan, Amerika Serikat (AS) dan Soviet berkonspirasi untuk menghancurkan Revolusi China.

Negeri Paman Sam langsung memanfaatkan momen itu dengan baik. Pada awal dekade 1970, AS mulai menjalin kontak dengan China secara perlahan. Muncul pula Diplomasi Ping-Pong di era pemerintahan Presiden Richard Nixon.

AS pun terus memanfaatkan momen itu untuk menjinakkan Uni Soviet dalam isu-isu senjata. Meski demikian, AS tetap mengalami perseteruan dengan Soviet terkait isu Perang Vietnam.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(AUL)

Hampir Tertabrak Kereta, Seorang Pria Diselamatkan Satpam

Posted: 24 Apr 2013 11:11 AM PDT

MEDELLIN – Seorang petugas keamanan berhasil menyelamatkan seorang pria yang hampir tertabrak kereta. Kejadian ini sontak mengejutkan semua pengunjung stasiun.
 
Kejadian yang mengejutkan ini terekam kamera CCTV stasiun Metro di Medellin, Kolombia. Dalam video tersebut memperlihatkan seorang pria mengenakan kemeja putih dan celana berwarna gelap berjalan menuju tepi peron stasiun dan tubuhnya hampir tertabrak sebuah kereta yang datang.
 
Namun, seorang petugas polisi Kolombia bernama Gustavo Chaparro, yang sedang bertugas di stasiun Metro itu segera menarik pria yang tidak diketahui namanya tersebut beberapa detik sebelum kereta memasuki stasiun.
 
Video aksi heroik polisi kolombia yang diposting ke YouTube pada 23 April 2013 ini telah membuat heboh penguna internet. Banyak komentar yang mengatakan rasa salutnya pada Chaparro.

"Terima kasih kepada semua orang yang telah memberikan penghargaan kepada saya, tetapi itu adalah tugas saya untuk melindungi dan melayani masyarakat," kata Chaparro. Demikian seperti dikutip Daily Mail, Kamis (25/4/2013).

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan