Khamis, 14 Mac 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Lindungi TKI di Arab, Harus Gunakan Pendekatan Budaya & Agama

Posted: 14 Mar 2013 01:01 PM PDT

JAKARTA - Ketua PP Muhammadiyah Din Samsudin berkomentar mengenai isu perlindungan TKI di Arab Saudi. Menurut Din, harus ada pendekatan budaya dan agama selain pendekatan hukum.

"Seorang TKW membunuh tidak mungkin tanpa alasan yang mendesak, baik membela diri ataupun alasan lain. Maka pendekatan-pendekatan hukum ini harus dari lawyer yang agresif dan progresif sehingga jangan dilihat akibatnya saja, sebabnya juga harus. Ini akan berpengaruh pada putusan pengadilan," ujar Din di Gedung Caraka Loka Kemlu, Jakarta, Jumat (15/3/2013).

"Harus dilakukan pendekatan budaya danj pendekatan agama. Ini harus dari tingkat tinggi dari negara kita yang berhubungan dengan Raja Arab Saudi. Saya hakkul yaqin, kalau ini dilakukan, dampaknya besar sekali," papar Din.

Din mengakui, pembayaran uang diyat memang tidak dapat dilakukan secara terus menerus apalagi Indonesia sudah pernah mengucurkan dana sebesar dana Rp5 miliar. Pada akhirnya negara pun bisa saja kekurangan dana hanya karena masalah itu. Din memandangnya sebagai pemborosan.

"Jelas itu tetap tanggung jawab negara untuk melindungi warganya dan tentu akan sulit untuk dibebankan pada keluarga (pelaku)," imbuhnya.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(faj)

Presiden Israel Undang Paus Fransiskus Kunjungi Negaranya

Posted: 14 Mar 2013 11:02 AM PDT

TEL AVIV – Presiden Israel Shimon Peres, memberikan ucapan selamat kepada Paus Fransiskus yang baru saja terpilih sebagai pemimpin umat Katolik. Dia pun mengundang sang paus untuk datang berkunjung ke Israel.

"Saya ingin mengundang Paus Fransiskus yang baru saja terpilih untuk datang berkunjung ke Israel," ujar Peres, seperti dikutip The Jewish Chronicle, Jumat (15/3/2013).

"Dia dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk mebangun perdamaian di kawasan yang tengah bergejolak ini," lanjut Peres saat menjamu pimpinan Katolik dari Polandia.

Saat ini kawasan Timur Tengah memang banyak dilanda konflik, baik konflik bersenjata seperti di Suriah maupun konflik politik seperti yang terjadi di Mesir. Israel sendiri sampai saat ini belum bisa berdamai dengan Palestina.

"Pemimpin politik lebih sering menimbulkan perpecahan. Sedangkan pemimpin spiritual seperti Paus dapat mendorong terciptanya persatuan," terang Peres.

Paus Fransiskus terpilih menjadi pemimpin di Vatikan menggantikan Paus Emeritus Benediktus yang mengundurkan diri bulan lalu. Paus yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu terkenal di negara asalnya, Argentina, sebagai seorang sosok yang sederhana.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan