Khamis, 14 Mac 2013

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Li Keqiang Perdana Menteri China

Posted: 14 Mar 2013 08:38 PM PDT

Beijing (ANTARA News) - Kongres ke-12 Rakyat Nasional China menetapkan Li Keqiang sebagai Perdana Menteri China menggantikan Wen Jiabao untuk masa lima tahun mendatang melalui pemungutan suara yang dilakukan Jumat.

Sesaat setelah namanya disebut, Li Keqiang kemudian berdiri memberi hormat kepada peserta sidang, dan menyalami Presiden China Xi Jinping serta pejabat perdana menteri yang digantikannya Wen Jiabao.

Li Keqiang sebelumnya menjabat sebagai wakil perdana menteri China. Lahir di Dingyuan, Provinsi Anhui, ia mengawali karir politiknya pada 1974 dan bergabung di Partai Komunis China pada Mei 1976.

Pria kelahiran Juli 1955 itu menjalani karir politiknya lebih banyak di bidang pendidikan, dan kepemudaan hingga 1998.

Li Keqiang yang berlatar pendidikan ekonomi mulai berkarir sebagai sekretaris partai pada 1998 di Partai Komunis China Provinsi Henan dan pada 2002-2003 ia dipercaya sebagai sekretaris pada partai di provinsi yang sama.

Karir politiknya terus melejit sejak 2008 mulai dari anggota Polit Biro, komisi Sentral Partai Komunis China, hingga wakil perdana menteri.

Pada kongres yang digelar di Balai Agung Rakyat itu, ditetapkan pula Fan Changlong dan Xu Qiliang sebagai Wakil Ketua Komisi Pusat Militer China.

Sedangkan Chang Wanquan, Fang Fenghui, Zhang Yang, Zhao Keshi, Zhang Youxia, Wu Shengli, Ma Xiaotian dan Wei Fenghe ditetapkan sebagai anggota Komisi Pusat Militer China.

Sementara itu, Zhou Qiang ditetapkan sebagai Presiden Pengadilan Tinggi Rakyat China, dan Cao Jianming ditetapkan sebagai Ketua Majelis Tinggi Rakyat.

Paus keluar Vatikan untuk berdoa di Roma

Posted: 14 Mar 2013 08:25 PM PDT

Vatikan (ANTARA News) - Paus Fransiskus I, hampir 12 jam setelah terpilih,  tanpa banyak sorotan  meninggalkan Vatikan, Kamis dinihari, untuk berdoa di suatu basilika Roma.

Fransiskus berangkat ke Basilika Santa Maria Maggiore, gereja tertua di dunia yang dibuat untuk menghormati Bunda Maria.

Dia berdoa di hadapan patung Bunda Maria, yang terkenal dengan sebutan Salus Populi Romani atau wanita pelindung rakyat Romawi.

"Ia berbicara kepada kami dengan hormat seperti ayah," kata Pastor Ludovico Melo, pendeta yang berdoa dengan Paus, "Kami diberi tahu 10 menit sebelumnya bahwa Paus datang."

Paus baru tersebut adalah yang pertama kali berasal dari Amerika Selatan asal Selatan Amerika dan orang non-Eropa pertama dalam 1.300 tahun terakhir. Fransiskus I juga menjadi uskup Roma.

Dalam sambutan pertamanya pada Rabu malam, ia menegaskan akan melakukan tugasnya dengan sungguh-sungguh.

Pada hari Kamis, ia akan pergi ke retret musim panas kepausan di kastil Gandolfo, selatan Roma, untuk menemui Paus Emeritus Benediktus XVI, Paus pertama yang mundur dalam 600 tahun.

Keterpilihan Kardinal Argentina Jorge Bergoglio itu memecahkan berabad-abad cengkeraman Eropa pada kepausan. Ia juga yang pertama mengambil nama Fransiskus, untuk menghormati santo abad ke-12 dari Assisi, yang menolak kekayaan dan memilih hidup sederhana.

Reuters melaporkan bahwa saat akan tampil ke balkon Basilika Santo Petrus, Paus tampak kaget , ragu-ragu sejenak sebelum melangkah keluar untuk menyambut kerumunan besar di alun-alun.

(B002)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan