Selasa, 26 Februari 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Adaptasi Demokrasi, Oposisi Suriah Gelar Pemilu

Posted: 26 Feb 2013 06:15 AM PST

DAMASKUS – Oposisi Suriah menggelar pemilu lokal di Kota Deir al-Zor yang berhasil mereka rebut dari tangan pemerintah. Pemilu tersebut dilakukan untuk menjadi simbol datangnya demokrasi di Suriah.

Pemilu itu dilakukan untuk memilih anggota dan ketua Dewan Kota. Dewan Kota tersebut akan berfungsi untuk menjalankan pemerintahan di kota Deir al-Zor sepeninggal rezim Assad.

"Untuk pertama kalinya dalam 40 tahun, kita dapat melakukan pemilu yang bebas," ujar salah satu anggota Dewan Kota yang baru saja terpilih, Khodr Orfali, seperti dikutip AFP, Selasa (26/2/2013).

"Ini adalah hari yang bersejarah bagi warga Deir al-Zor. Warga dapat memilih sosok yang mereka anggap paling cocok untuk memerintah," lanjut Orfali.

Proses pemilu di Kota Deir al-Zor sendiri dikabarkan tidak berjalan dengan mulus. Warga harus memilih ditengah-tengah hujan lebat dan serangan bom yang masih dilakukan pasukan pemerintah ke kota tersebut. Walaupun begitu warga tetap antusias untuk ikut serta dalam pesta demokrasi itu.

"Saya ikut dalam pemilu untuk menunjukkan pada Presiden Bashar al-Assad bahwa yang warga inginkan hanyalah hak untuk memilih agar dapat ikut menentukan jalannya negeri ini," ujar seorang warga bernama Umm Shadi.

Selama ini Suriah memang diperintah secara otoriter oleh dinasti Assad yang didukung oleh Partai Baath. Dalam pemilu sebelumnya pemerintah mengontrol hasil pemilu sehingga Partai Baath terus keluar sebagai pemenang.(faj)

Santap Tiram, Warga Inggris Temukan Mutiara

Posted: 26 Feb 2013 05:04 AM PST

LONDON – Seorang pria di Inggris mendapatkan kejutan yang menyenangkan saat sedang menyantap tiram. Ia menemukan mutiara dalam salah satu tiram yang disantapnya.

"Saya sedang memakan beberapa tiram ketika saya merasakan ada benda aneh dalam mulut saya. Ketika saya memuntahkannya ternyata benda itu adalah mutiara," ujar James Humphries, seperti dikutip Telegraph, Selasa (26/2/2013).

"Saya sangat menyukai mutiara itu. Saya akan menjadikannya sebuah perhiasan," lanjut Humphries.

Pria yang bekerja sebagai manajer gudang di wilayah Cornwall, Inggris itu berencana akan membuat sebuah perhiasan perak yang berbentuk ikan dan mutiara tersebut akan menjadi bagian matanya.

Mutiara yang ditemukan Humphries merupakan mutiara yang istimewa karena terbentuk secara alami. Mutiara alami memang dihargai lebih mahal dariapada mutiara yang pembuatannya dibantu oleh manusia.

"Saya bukan ahli biologi, namun penemuan mutiara tersebut pastilah hal yang langka. Saya sudah berjualan tiram selama 30 tahun dan tidak pernah sekalipun menemukan mutiara," sebut pedagang tempat Humphries membeli tiram, Gareth Horner.(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan