Ahad, 24 Februari 2013

Republika Online

Republika Online


Pesta Rakyat, IBF, Segera Digelar

Posted: 24 Feb 2013 11:07 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Even pameran buku Islamic Book Fair' (IBF) 2013 segera digelar 1 Maret nanti. Bagi penerbit, kehadiran IBF merupakan even yang ditunggu. IBF bukan hanya sebuah pameran, tapi juga pesta rakyat.

Menurut CEO NouraBooks group Mizan, Deden Ridwan, IBF mampu menghadirkan hiburan intelektual pada publik. IBF bukan sekadar pameran buku, tapi juga ajang rakyat untuk berpesta dalam koridor keilmuan.

''IBF bukan hanya soal bisnis perbukuan, juga ajang hiburan bagi masyarakat untuk berwisata. IBF juga pesra rakyat,'' jelas Deden pada Republika, Senin (25/2).

Deden menambahkan, tujuan besar dari penyelenggaraan pameran buku adalah membangun tren Islam dalam masyarakat. Semakin banyak dilakukan, akan meningkatkan tren masyarakat akan ilmu pengetahuan dan budaya membaca.

Budaya membaca, kata Deden, mampu menjadi indikator maju-mundurnya peradaban suatu bangsa. Semakin budaya membaca dan mencari ilmu tinggi, semakin cerdas suatu bangsa dan semakin maju peradaban.

Ia mengatakan, even pameran buku atau even intelektual lainnya harus sering diadakan di Indonesia. Even seperti ini, selalu ditunggu-tunggu. Terlebih IBF merupakan even untuk memasyaratkan Islam secara lebih cerdas melalui buku-buku yang ada.

Menurut Deden, IBF masih menjadi even terbesar untuk pameran buku Islam di Indonesia. "Secara mikro, IBF menjadi ajang yang menguntungkan penerbit," kata Deden.

Penerbit dapat meraup omset yang besar hanya dalam hitungan hari selama pameran. Bahkan, omset selama setahun penerbit sebanyak 30-40 persennya datang dari pameran buku.

Masyarakat juga cenderung membelanjakan uang untuk membeli buku saat pameran berlangsung. Itu wajar karena masyarakat menunggu diskon yang ditawarkan penerbit serta menunggu produk buku sebuah penerbit keluar semua di pasaran.

Biasanya, kata Deden, selama pameran, penerbit memberikan harga yang rendah untuk masyarakat. Selain itu, ada variasi even yang digelar menyemarakkan pameran, seperti diskusi, seminar, temu penulis, bedah buku, dan lainnya.

''Bagi, para penerbit, even pameran juga dapat digunakan sebagai sarana sosialisasi buku dan penulis baru,'' ungkap Deden menambahkan.
n

Marzuki Alie: Semoga Anas Dapat Keadilan

Posted: 24 Feb 2013 11:06 PM PST

Senin, 25 Februari 2013, 14:06 WIB

Adhi Wicaksono/Republika

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, memberikan keterangan pers di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Ahad (23/2). Anas menyatakan mundur dari jabatan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus duga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie berharap proses hukum Anas Urbaningrum berjalan transparan dan adil. KPK harus menunjukan profesionalisme dalam kerja penegakan hukum.

"Harapan saya proses berjalan adil dan transparan," kata Marzuki kepada wartawan di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (25/2).

Anas mesti tabah menjalani proses hukum di KPK. Marzuki percaya pada akhirnya keadilan akan menunjukan kebenaran. "Kalau tidak bersalah yakinlah keadilan akan ada," ujarnya.

Secara pribadi Marzuki mengaku telah mendoakan Anas dalam menjalani proses hukum. Dia berharap Anas bisa mendapat keadilan yang diharapkan. "Saya doakan Anas kuat. Saya tekankan keadilan akan lahir," katanya.

Reporter : Muhammad Akbar Wijaya
Redaktur : Fernan Rahadi

Salah satu di antara kalian tidak beriman sebelum ia mencintai saudaranya (atau beliau bersabda: tetangganya) seperti mencintai diri sendiri. (HR Muslim)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan