Ahad, 24 Februari 2013

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Aher: Ini Kemenangan Masyarakat

Posted: 24 Feb 2013 07:42 AM PST

Aher: Ini Kemenangan Masyarakat

Minggu, 24 Februari 2013 | 15:42 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Hasil hitung cepat (quick count) Pemilihan Guberbur (Pilgub) Jawa Barat yang dilakukan berbagai lembaga survei menunjukkan keunggulan pasangan nomor urut 4, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar. Terkait hal itu, Ahmad Heryawan (Aher) mengimbau para pendukungnya untuk tidak merayakan keunggulan itu secara berlebihan.

"Saya mengimbau pada tim sukses, simpatisan, dan para pendukung untuk tidak memperlihatkan kegembiraan yang berlebihan. Kemenangan kita adalah kemenangan masyarakat, karena yang menang bukan pasangan calon," kata Aher dalam konferensi pers di Bandung, Jawa Barat, Minggu (24/2/2013).

Meskipun menyatakan bahwa hasil hitung cepat biasanya mendekati kenyataan, Aher mengajak warga Jabar untuk menunggu hasil penghitungan manual oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

Deddy Mizwar Menang di TPS Sendiri

Posted: 24 Feb 2013 07:41 AM PST

BEKASI, KOMPAS.com - Pasangan Calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, beserta Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungguli empat kandidat lainnya dengan perolehan suara sebanyak 172 suara dalam perhitungan suara di TPS 64 yang berdekatan dengan kediaman Deddy Mizwar, di wilayah Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.

TPS 64 mencakup warga dari RT 13, 14, dan RT 15 di wilayah RW 13 yang memberikan suara di TPS tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan di TPS tersebut, pasangan nomor urut satu Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib dari jalur Independen memperoleh 1 suara. Sementara pasangan dari nomor urut dua Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul yang diusung partai Golkar memperoleh 1 suara.

Pasangan nomor urut tiga, Dede Yusuf-Lex Laksamana yang diusung Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Amanat Nasional dan Gerindra memperoleh sebanyak 17 suara. Untuk pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar yang diusung Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hanura dan Partai Bulan Bintang memperoleh suara terbanyak yakni 172 suara. Sedangkan pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memperoleh 49 suara.

Ketua TPS 64 Syamsudin menuturkan, tercatat sebanyak 445 DPT yang ada di TPS 64. Dari jumlah itu, sebanyak 241 orang menggunakan hak pilihnya dalam pilgub Jawa Barat 2013 ini. "Jadi hasil perolehan suara ada 54 persen yang menggunakan hak pilihnya," kata Syamsudin, di TPS 64 kepada wartawan, Minggu (24/2/2013).

Menurutnya, dari jumlah itu 1 suara dianggap tidak sah, sehingga total ada 240 surat suara yang sah. Artinya, di TPS 64 ada 204 warga yang tidak menggunakan hak pilihnya. "Kita enggak bisa menyebutkan (tidak menggunakan hak pilih) apakah karena berhalangan atau sedang tidak ada ditempat, tapi DPT itu sudah mulai diberikan sejak tanggal 15 (15/2/2013)," jelas Syamsudin.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan