Isnin, 11 Februari 2013

Republika Online

Republika Online


Tips Miliki Jas Sempurna untuk Penampilan 'Maut' (2)

Posted: 11 Feb 2013 04:37 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Sebelumnya Anda diminta untuk memastikan mengapa membeli jas dan menentukan jas seperti apa yang anda inginkan, mulai dari soal kancing hingga ventilasi samping. Kini waktunya untuk,

a. Memilih Tipe Kain Anda

Bila ini adalah jas pertama anda, maka pastikan anda memilih jas berbahan wool karena ia dapat dipakai dalam satu tahun lebih. Jas katun juga menarik bila anda jarang bepergian ke negara musim dingin, sebab ia cocok digunakan saat musim semi, panas hingga gugur.

Satu aturan, jauh lebih baik memiliki dua jas bagus ketimbang lima jas tapi kualitas tak seberapa. Coba mulai dengan warna biru yang kaya dengan sentuhan gelap daripada biru tua biasa. Jas ini biasanya bisa bertransisi dengan cantik dari siang hari ke malam dan bisa digunakan baik dengan sepatu hitam atau coklat.

Bila anda sudah memiliki satu setel jas warna biru tua, anda bisa mengarah ke warna paling bisa dipakai pada tiap kesempatan, kapur hitam. Warna itu bukan hitam, karena orang bisa mengenalinya, namun gelap.

Kemudian jika anda ingin menambah lagi satu koleksi, mulailah berpikir warna lain yang lebih terang, seperti coklat terang atau warna khaki. Kadang juga perlu anda pikirkan kecocokan dengan warna kulit.

Seandainya kurang pas, Anda bisa memilih abu-abu terang. Tipe warna ini bisa anda gunakan untuk tampilan formal saat cuaca panas.

Setelan jas hitam sering kali menjadi pilihan logis pertama kali bagi pria muda, namun warna ini sebenarnya yang malah kurang bisa dipakai di setiap kesempatan. Namun ada waktu ketika hanya hitam yang bisa bicara, jadi anda memang mesti memiliki satu.

b. Pilih Jumlah Kancing

Jas tiga kancing

Jas dengan tiga kancing populer pada tahun 1990-an karena dua kancing dulu dianggap gaya konservatif utama. Namun bila anda ingin memiliki jas tiga kancing, alih-alih satu atau dua kancing, pilih kerah jas terlipat hingga ke bawah, sedikit mencapai kancing tengah, sehingga lipatan lunak kerah di ujung bagian dada bisa sedikit menutup kancing atas. Pria lebih tinggi mungkin lebih menyukai jaket jas dengan tiga kancing, yang akan lebih tinggi pula pada bagian dada sehingga bisa lebih nyaman sekaligus mengundang pujian. Tapi bagi anda yang memiliki tinggi tubuh sedang atau bahkan tak terlalu tinggi, sebaiknya buang pilihan tiga kancing.

Jas dua kancing.

Ini adalah tipe setelan jas yang mesti digunakan sebagian besar pria. Setiap label yang bisa dibayangkan selalu mendesain jas dua kancing, dengan perkecualian saat ini, yakni lebih tajam mengikuti tubuh dan modern. Jadi jangan heran bila anda bakal sering melihat gaya ini di mana-mana. Pria dengan torso pendek sangat disarankan menggunakan gaya dua kancing karena memperpanjang bagian atas dan juga daya tarik klasik tak terbantahkan.

Jas satu kancing.

Jas dengan dua kancing ada, tapi ini bukan untuk setiap orang. Ini tipe jas yang mesti anda beli hanya ketika anda dalam pekerjaan kreatif di mana lingkungan sekitar anda tak terlalu konservatif. Anda bisa percaya diri dengan potongan ramping khas jas ini.

c. Pilih Tipe Kerah

Hindari kerah sempit dan ekstralebar dan pastikan di tengah keduanya. Juga pertimbangkan apakah anda lebih suka kerah klasik--yang sering menjadi elemen desain kebanyakan (gambar kiri)--atau versi runcing yang lebih dramatis (gambar bawah)

d. Anda ingin kancing ganda atau satu lajur?

Jas dengan satu lajur kancing mesti menjadi pilihan utama anda baik untuk bekerja atau kesempatan lain. Versi kancing ganda memang chic dan pilihan yang kontinental, namun bukan untuk pria yang tak terlalu tinggi atau gemuk karena dalam desainnya ada tambahan kain di bagian tengah.

Bila Anda ingin memiliki satu, pastikan anda sudah menyimpan jas satu lajur kancing di lemari gantung anda.

e. Pilih Tipe Belahan Jaket Jas Anda

Ventilasi Ganda (dikenal pula dengan ventilasi samping)

Gaya ventilasi ganda lebih bercita rasa Eropa dan sedikit keren. Mereka mempermudah anda meraih dompet di saku belakang tanpa harus melipat jaket anda. Namun tipe ini yang paling mahal, sehingga mereka tak begitu banyak bila dibanding ventilasi tengah.

Ventilasi Tengah.

Ini adalah tipe modern tapi sekaligus lebih tradisional. Anda tak mungkin salah dengan jas berventilasi tengah.

Tanpa belahan

Jaket jas tanpa belahan adalah pilihan yang terbersih dalam penampilan namun mereka sangat tidak nyaman. Penggunanya harus mengangkat sedikit bila ingin menyentuh kantung.

f. Celana dengan Lipatan atau tidak?

Fesyen pria kini kian menjauh dari lipatan, namun gaya ini masih bisa diterima. Secara pribadi banyak konsultan fesyen menyarankan tanpa lipatan, bahkan ada yang tidak menyukainya dan berharap tidak melihatnya lagi dalam model celana apa pun. Namun sebagian pria masih menyukainya, jadi ini bergantung pada selera masing-masing.

g. Plus Manset Celana di Bawah atau tidak?

Manset celana memberi efek berat di bagian bawah celana anda, membantu untuk memberi kesan seimbang. Gaya ini cocok untuk pria-pria lebih tinggi tapi bukan bagi pria berukuran lebih pendek karena sifatnya memperpendek siluet panjang kaki. (bersambung)

Bahan-Bahan Makanan yang Bikin Otak Sehat

Posted: 11 Feb 2013 05:01 AM PST

Senin, 11 Februari 2013, 20:01 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jenis makanan sehat dapat meningkatkan memori dan memperlambat penurunan kognitif. Mengkonsumsi makanan kaya senyawa tertentu juga dapat membantu untuk menjaga kemampuan mental dengan baik hingga lanjut usia.

Satu penelitian baru-baru ini telah menunjukkan bagaimana beberapa jenis bahan makanan dapat membantu meningkatkan memori otak, sebagaimana dikutip dari MedicalDaily.

Asam lemak omega-3 yang berasal dari ikan laut seperti salmon, merupakan sumber yang baik dari asam docosahexaenoic dan asam eicosapentaenoic. Asam lemak terkait dengan peningkatan fungsi kognitif dan menurunkan tingkat depresi.

Teh hijau yang terbuat dari tanaman Camellia sinensis efektif dalam meningkatkan kewaspadaan mental serta pikiran.

Meskipun pengaruh teh hijau ini disebabkan karena adanya kandungan kafein, penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau seperti epigallocatechin-3-gallate, juga dapat membantu meningkatkan memori.

Sayuran berdaun hijau dan makanan lain yang mengandung magnesium juga memiliki peran untuk membantu mempertahankan fungsi mental dan syaraf normal, menurut Office of Dietary Supplements.

Studi terbaru juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara

Menguap adalah dari setan. Karena itu, apabila salah seorang dari kalian menguap, tutuplah serapat mungkin karena ketika salah seorang dari kalian berkata 'huah' (pada saat menguap), setan akan menertawakannya". (HR Bukhari)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan