Rabu, 20 Februari 2013

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Empat pelukis siapkan pameran "UNTOLDology"

Posted: 20 Feb 2013 07:06 PM PST

Magelang (ANTARA News) - Empat pelukis Yogyakarta menyiapkan pameran bertajuk "UNTOLDology" di Limanjawi Art House, kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 3-20 Maret 2013, dengan objek utama tentang kehidupan sosial dan budaya sekitar bangunan peninggalan peradaban dunia itu.

"Borobudur dengan kehidupan masyarakat sekitar dan budaya lokalnya, tentu saja tak pernah kering untuk dijadikan inspirasi banyak seniman untuk berkarya," kata satu di antara empat pelukis itu, Yaksa Agus, ketika dihubungi ANTARA dari Magelang, Kamis.

Empat pelukis yang akan berpameran di galeri yang dikelola oleh Koordinator Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) Umar Chusaeni itu, adalah Enggar Yuwono, Godek Mintaraga, Maman Rahman, dan Yaksa Agus.

Yaksa yang lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta pada 1996 itu menjelaskan ide pameran dengan tema "UNTOLDology" tersebut.

"Kami mencoba bercerita tentang apa yang belum terungkap selama ini tentang Candi Borobudur. Kami ceritakan melalui karya-karya yang akan kami pamerkan," katanya.

Ia mengemukakan cukup banyak cerita yang menarik di balik sejarah Candi Borobudur yang dibangun sekitar abad ke-8 masa pemerintahan Dinasti Syailendra, di antara aliran Sungai Progo dengan Elo, Kabupaten Magelang.

Beberapa karya para pelukis itu, antara lain berjudul "Lingga Yoni", "Cobek", "Munthu" (Yaksa), "Budha@fb3", "Plasticnet" (Enggar), "Menuju Tempat Terindah", "Dua Simbol Besar" (Godek Mintaraga), "Apresiasi Budaya", "Generasi Pewaris", "Keseimbangan Sosial", "Regenerasi Budaya" (Maman Rahman).

Umar mengatakan pihaknya mengagendakan sekitar lima kali pameran selama 2013, sedangkan pameran "UNTOLDology" oleh empat pelukis itu, sebagai program kedua setelah yang pertama pada Januari lalu.

"Untuk `UNTOLDology` sebagai pameran kedua di Limanjawi," katanya.

Galeri Limanjawi Art House terletak di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, sekitar 500 meter timur Candi Borobudur.
(M029)

IHSG dibuka melemah 13,72 poin pada Kamis

Posted: 20 Feb 2013 07:06 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis, dibuka melemah sebesar 13,72 poin atau 0,30 persen ke posisi 4.620,74, seiring dengan bursa Asia.

Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) melemah 3,43 poin (0,43 persen) ke level 787,57.

"Mayoritas bursa Asia dibuka melemah hari ini termasuk rupiah seiring dengan kelanjutan program pelonggaran kuantitatif (QE) ketiga AS yang masih diperdebatkan," kata analis Samuel Sekuritas Benedictus Agung.

Ia menambahkan, melemahnya harga komoditas dunia tadi malam, menyusul penguatan nilai tukar dolar AS, juga menjadi salah satu faktor bursa Asia berada dalam area negatif.

Menurut dia, setelah mencetak posisi tertinggi, IHSG berpeluang terkoreksi pada hari ini yang dipicu oleh kondisi bursa global yang cenderung negatif.

"Pelemahan harga komoditas dunia akan memicu aksi profit taking khususnya di sektor pertambangan," ujarnya.

Kepala Riset e-Trading Securities Betrand Raynaldi menambahkan, pada perdagangan hari ini, IHSG diperkirakan berkonsolidasi dengan kecenderungan melemah, menyusul beberapa indikator indeks berada pada area jenuh beli.

"Indeks BEI diperkirakan bergerak di kisaran 4.550-4.750 poin," katanya.

Ia merekomendasikan beberapa saham yang dapat diperhatikan antara lain Astra Agro Lestari (AALI), Bank Jabar Banten (BJBR), Gudang Garam (GGRM).

Sementara itu, bursa regional diantaranya indeks Hang Seng melemah 387,84 poin (1,66 persen) ke level 22.919,57, indeks Nikkei-225 turun 90,98 poin (0,79 persen) ke level 11.377,30, Straits Times melemah 14,58 poin (0,44 persen) ke posisi 3.294,31.

(KR-ZMF)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan