Sabtu, 12 Januari 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Raja Saudi Izinkan Wanita Jadi Dewan Penasihat

Posted: 12 Jan 2013 01:17 AM PST

RIYADH – Pemimpin Arab Saudi, Raja Abdullah, mengizinkan kaum wanita untuk menjadi anggota dewan penasihat. Dewan penasihat adalah lembaga yang berfungsi membantu Raja Saudi untuk mengeluarkan kebijakan negara.  
Raja Abdullah dilaporkan memberikan kuota sebanyak 20% untuk kaum wanita di dalam Dewan Penasihat. Saat ini Dewan Penasihat memiliki sekitar 150 anggota, membuat wanita akan menduduki sekitar 30 kursi di lembaga tersebut.
 
Pemilihan anggota Dewan Penasihat sendiri ditunjuk langsung oleh Raja Abdullah. Keputusan tersebut disebutkan diambil oleh Raja Abdullah setelah ia melakukan konsultasi dengan pemimpin agama di negara tersebut, seperti diberitakan AFP, Sabtu (12/1/2013).
 
Selama ini banyak larangan yang diberikan oleh pemerintah Saudi kepada kaum wanita di negara tersebut. Beberapa di antaranya larangan untuk bepergian dan mengendarai mobil sendiri.
 
Pemerintah Saudi juga melarang wanita dan pria yang bukan muhrimnya untuk berada dalam satu ruangan. Pihak pemerintah menyatakan anggota wanita dari Dewan Penasihat nantinya akan diberikan ruangan yang terpisah dari anggota pria.
 
Kebijakan ini merupakan upaya reformasi terbaru yang dikeluarkan oleh Raja Abdullah. Pada 2011 lalu, raja tersebut juga memberikan izin pada kaum wanita untuk mengikuti pemilu di negara itu mulai 2015 mendatang.
 
Di negeri itu, pemilu merupakan hal yang baru. Pemilu pertama yang dilakukan di Arab Saudi dilakukan pada 2005 lalu. Pemilu tersebut diselenggarakan untuk memilih pemerintah setingkat kota saja, sedangkan pemerintah pusat masih dipegang secara absolute oleh pihak kerajaan.
 
(rhs)

Jero: Penggunaan Energi Geotermal Sudah 6%

Posted: 12 Jan 2013 01:16 AM PST

[unable to retrieve full-text content]Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, saat ini penggunaan energi geotermal meningkat menjadi enam persen dari sebelumnya hanya empat persen.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan