Sabtu, 12 Januari 2013

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Demokrat Desak Obama Pertimbangkan Kenaikan Utang

Posted: 13 Jan 2013 02:27 AM PST

Demokrat Desak Obama Pertimbangkan Kenaikan Utang

Minggu, 13 Januari 2013 | 10:27 WIB

AP

Ketua partai Demokrat di Senat AS Harry Reid (tengah) mendesak Presiden Obama menggunakan hak prerogatif menaikkan pagu utang, agar AS menghindari krisis ekonomi global

TERKAIT:

Kelompok Partai Demokrat di Kongres AS mendesak Presiden Obama agar bertindak secara sepihak jika kubu Partai Republik bersikeras menghambat penambahan utang pemerintah.

Pimpinan teras partai Demokrat Amerika di Senat mendesak Presiden Barack Obama agar mempertimbangkan langkah-langkah yang bisa menghindari kebutuhan persetujuan Kongres untuk memastikan negara itu tidak gagal membayar utangnya.

Ketua partai Demokrat di Senat Harry Reid dan pimpinan Demokrat lainnya mengatakan dalam sepucuk surat kepada presiden bahwa Obama harus menggunakan "setiap langkah hukum" sesuai wewenangnya untuk memastikan bahwa AS tidak mengingkari kewajibannya dan memicu krisis ekonomi global.

Mereka mendesak presiden agar bertindak secara sepihak jika kubu Partai Republik bersikeras mengenai penambahan utang secara terbatas yang disertai dengan pengurangan belanja yang tidak masuk akal.

Sebagian analis dan Demokrat menyatakan amandemen ke-14 Konstitusi AS memberi presiden wewenang untuk meningkatkan pagu utang 16,4 triliun dolar AS tanpa meminta persetujuan Kongres. Amandemen itu menyatakan keabsahan utang pemerintah tidak boleh dipermasalahkan.

Pemerintahan Obama pada masa lalu menyatakan tidak akan mengambil tindakan seperti itu.

 

Editor :

Egidius Patnistik

Obama Batalkan Ide Koin Platinum

Posted: 13 Jan 2013 02:27 AM PST

Keuangan

Obama Batalkan Ide Koin Platinum

Penulis : Josephus Primus | Minggu, 13 Januari 2013 | 10:27 WIB

KOMPAS.com — Pemerintahan Presiden AS Barack Obama membatalkan ide mencetak koin platinum bernilai 1 triliun dollar AS. Awalnya, tulis AP pada Sabtu (12/1/2013), rencana itu untuk mendongkrak pendapatan negara. Rencana itu juga dipakai untuk menghindarkan AS dari plafon utang. Andai koin platinum itu jadi terwujud, Pemerintah AS tak perlu berutang bulan depan.

Ide koin platinum berangkat dari usulan pemenang Nobel Bidang Ekonomi Paul Krugman. Menurut hematnya, koin itu nanti disimpan sebagai jaminan Pemerintah AS.

Sampai dengan 31 Desember 2012, limit utang Pemerintah AS sudah mencapai 16,4 triliun dollar AS. Angka itu terbilang amat besar. Problem yang muncul kemudian adalah bagaimana Pemerintah AS membayar utang tersebut di tengah-tengah belum pulihnya perekonomian negara.

Kubu Demokrat dan Republik memang belum mampu menghindarkan AS dari penerapan jurang fiskal alias kombinasi kenaikan pajak dengan pemotongan belanja pemerintah. Ke depan, soal batas utang pemerintah akan menjadi topik argumentasi kedua kubu.

Platinum menjadi bahan mata uang termahal di dunia. Andai mewujudkan koin platinum itu, Pemerintah AS mesti merogoh kocek lebih dalam untuk biaya pembuatan. Belum lagi, jumlah platinum yang mesti tersedia untuk pencetakan koin tersebut.

 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan