Jumaat, 30 November 2012

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Presiden Singapura kagumi tari golek menak

Posted: 30 Nov 2012 07:30 AM PST

Dua penari menampilkan tari Golek Menak Putri, di Bangsal Srimanganti, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta, Jumat (16/10). Tari Golek Menak merupakan salah satu jenis tari klasik gaya Yogyakarta yang diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang diambil berdasarkan cerita di serat menak. (ANTARA/WAHYU PUTRO A)

Tari ini menjadi karya seni monumental Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai bentuk kearifan lokal tradisi istana."

Berita Terkait

Yogyakarta (ANTARA News) - Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam mengagumi tari Golek Menak karya mendiang Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang ditampilkan saat mereka berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Jumat malam.

"Presiden Singapura menyatakan kagum saat menyaksikan tarian tersebut sebelum jamuan makan malam," kata Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Menurut dia, usai menerima kunjungan Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam bersama istri Mary Tan dan rombongan, beliau tertarik dengan tari Golek Menak yang merupakan salah satu karya budaya Jawa.

"Jadi, kami hanya membicarakan tarian dan budaya. Dalam kunjungan tersebut tidak ada pembicaraan kerja sama apa pun, hanya menyaksikan pentas tari dan jamuan makan malam," kata Sultan yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini.

Presiden Singapura dan istri didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh serta rombongan tiba di keraton sekitar pukul 19.15 WIB, disambut Sultan dan istri GKR Hemas didampingi putrinya GKR Pembayun di Regol Donopratolo.

Mereka kemudian menuju Gedhong Jene diiringi alunan gamelan yang membawakan tembang Monggang, dan mendapatkan penghormatan dari prajurit keraton.

Di Gedhong Jene mereka mengadakan pertemuan, dan pembicaraan sekitar 15 menit, kemudian menuju Bangsal Kencana untuk menyaksikan tari Golek Menak.

Tarian yang dibawakan empat penari, dua di antaranya memerankan burung, ditampilkan di Tratag Bangsal Kencana selama sekitar 30 menit.

Usai menyaksikan tari tersebut mereka menuju Bangsal Manis untuk menikmati jamuan makan malam.

Setelah jamuan makan malam, sekitar pukul 21.30 WIB Presiden Singapura beserta rombongan meninggalkan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

GKR Pembayun mengatakan tari Golek Menak biasanya ditampilkan pada saat ada tamu keraton. Tari ini diciptakan Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada 1943.

Menurut dia, tarian itu menceritakan pertarungan Dewi Rengganis dari Kerajaan Koparman dengan Dewi Wedaninggar dari Kerajaan Kartaripuro.

Tarian itu berakhir dengan hasil pertarungan yang dimenangkan oleh Dewi Rengganis. "Tari ini menjadi karya seni monumental Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai bentuk kearifan lokal tradisi istana," katanya. (B015*H010/M008)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Banyak Seleb nonton konser JLo

Posted: 30 Nov 2012 06:27 AM PST

Jakarta (ANTARA News) - Konser Jennifer Lopez (JLo) bertajuk "World Again World Tour" malam ini di Mata Elang International Stadium (MEIS), Ancol dihadiri banyak artis di barisan penonton.

Salah satunya Shania yang khusus berdandan seperti JLo.  Dia mengaku sangat antusias menonton penampilan JLo di atas panggung.

"Saya emang suka sama dia, ga sabar banget lihat penampilannya," ujar Shania ditemui sebelum konser berlangsung.

Shania mengenakan pakaian serba hitam, anting bulat besar dan beberapa aksesoris mencolok untuk memperlihatkan ciri khas Jennifer Lopez. Dia juga mengeriting rambut menjadi ikal dan bergelombang.

"Saya pengen lihat dia membawakan lagu 'Dance Again' dan 'On The Floor' pasti sangat menghibur," katanya.

Lain lagi dengan Femmy Permata Sari, yang mengaku khusus memesan tiket di barisan duduk paling depan demi menonton penampilan salah satu penyanyi yang ngehits lewat lagu "If You Had My Love " ini.

"Oh kalau saya mah sengaja banget dari pertama kali diumumkan mau konser beli langsung order paling depan, biar jelas ngeliatnya, gak ketutupan kepala orang," kata dia.

Femmy menyukai Jennifer Lopez sejak album pertamanya keluar perdana tahun 1999 lalu, sampai-sampai ia harus izin syuting pulang cepat supaya tak ketinggalan konser.

"Saya lagi syuting kejar tayang harusnya gak boleh izin, tapi saya maksa karena pingin lihat penampilan JLo dari dekat seperti apa, terutama pas nanti dia nyanyi 'Dance Again'." S

ementara itu mantan model Karina Suwandi berharap konser JLo yang spektakuler dan menghibur.

"Baju gak sempet beli. Tidak ada persiapan. Tapi pastinya bakal entertainment banget karena saya suka denger lagunya sejak single perdana 'Selena'.

Selain mereka, juga tampak beberapa artis lainnya hadir menonton konser ini seperti Ivan Gunawan, Melly Goeslaw, Bertrand Antolin, Zee Zee Shahab, Aline Tumbuan.

(tri)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan