Jumaat, 12 Oktober 2012

Republika Online

Republika Online


Bogor Masuk Tiga Besar dengan ODHA Terbanyak se Jabar

Posted: 12 Oct 2012 10:59 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kota Bogor mencapai angka yang memprihatinkan. Angka ini membuatnya menembus tiga besar jumlah terbanyak kota se Jawa Barat.

Jumlah ini merupakan jumlah penderita HIV/AIDS tertinggi setelah Kota Bandung dan Kota Bekasi. Tercatat dari tahun 2006 hingga 2011, penderita HIV Kota Bogor mencapai 1.277 orang sementara  penderita AIDS 697 orang.

Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kota Bogor merespon hal ini dengan menggelar Rapat Konsolidasi Organisasi. Rapat pada Kamis (11/10) ini dibuka langsung oleh Sekretaris daerah Kota Bogor Aim Halim Hermana.

KPAD Kota Bogor mencatat rata-rata usia populasi di Kota Bogor berada di angka 25,6 tahun. Selain itu, fakta di lapangan memperlihatkan populasi pada usia anak sekolah yakni 15-20 tahun sebanyak 30 persen.

"Untuk itu program sosialisasi pada anak usia sekolah sangat diperlukan," ujar Aim. Ia menambahkan masalah membutuhkan perhatian khusus dalam hal pencegahanya.

Bahkan, lanjutnya telah ditemukan penderita HIV di usia Bawah Lima Tahun (Balita). Kasus tersebut menunjukkan penyebaran penyakit ini sudah masuk ke tingkat rumah tangga.

"Sepertinya perlu dirumuskan peraturan daerah tentang pencegahan dan penanggulangan HIV – AIDS," ungkapnya. Aim mengatakan setidaknya ada Peraturan Walikota Bogor tentang Rencana Aksi Daerah Millenium Development Goals, yang dapat menjadi payung hukum bagi pelaksanaan program penanganan HIV- AIDS di Kota Bogor.

Dengan adanya payung hukum diharapkan kegiatan penanggulangan penyebaran HIV AIDS dapat dilakukan dengan memperoleh dukungan keterlibatan lebih banyak pihak lainnya. Termasuk dukungan dari berbagai instansi pemerintahan yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bogor maupun instansi lainnya.

Dengan ada payung hukum pun artinya pemerintah Kota Bogor akan mengalokasikan anggaran untuk program Penanggulangan HIV-AIDS atau menyusun program dan kegiatan yang bertujuan membantu pelaksanaan tugas KPAD Kota Bogor. Dalam kesempatan yang sama, Aim mengajak seluruh pihak untuk mengoptimalkan kinerja KPAD Kota Bogor.

Rooney Masuk Sejarah 5 Top Skorer Inggris

Posted: 12 Oct 2012 10:49 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON—Dini hari tadi, atau menjelang tengah malam di Inggris, bisa dikatakan salah satu malam paling bersejarah bagi Wayne Rooney. Penyerang Timnas Inggris ini semalam mencetak dua gol yang mengantarkan 'The Three Lions' menggebuk San Marino 5-0.
 
Catatannya ini membawa ia ke posisi lima besar pencetak gol terbanyak bagi negaranya di ajang resmi internasional. Gol yang ia buat pada perhelatan kualifikasi piala dunia Brazil 2014 ini membuat torehan golnya menjadi 31.
 
 Jumlah tersebut ia bukukan dalam 77 pertandingan yang telah ia lakoni bersam timnas Inggris dalam 9 tahun terakhir. Angka 31 yang ia capai masih sedikit kalah banyak dari Owen 40 gol, Jimmy Greaves 44 gol, Gary Lineker 48 gol, dan Sir Bobby Charlton yang berturut-turut menempati posisi empat sampai satu.
 
Jumlah gol di puncak pencetak skor yang dipegang Sir Bobby Charlton sendiri adalah 49. Masih lebih baik 18 gol di atas catatan Wazza-sapaan akrab Rooney- hingga kini.
 
Ronney mengaku bangga bisa berada dalam lingkaran lima besar daftar pencetak gol bagi Inggris ini. "Ada beberapa pemain hebat di daftar itu, dan berada salah satu posisi di lima pencetak gol teratas Tim Nasinonal merupakan suatu kebanggan bagi saya," ucapnya seperti dilansir dari Soc

Tiada ulasan:

Catat Ulasan