Sabtu, 18 Ogos 2012

KOMPASentertainment

KOMPASentertainment


Arie Dagienkz Kangen Mudik

Posted: 18 Aug 2012 05:06 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter sekaligus pemain film Arie Dagienkz sudah tidak merasakan mudik sejak tahun 1995. Keluarganya kini berada di Jakarta. Sesekali terlintas rasa rindu dalam benaknya merasakan hiruk pikuk dalam perjalanan mudik.

"Mudik sudah enggak, keluarga enggak ada yang di luar kota. Kangen sih mudik, pengen merasakan lagi gitu," ungkapnya saat berkunjung ke redaksi Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Saat merayakan Lebaran, dalam keluarganya juga tidak ada tradisi khusus. Makanan yang dihidangkan juga hampir sama dengan keluarga lainnya. Namun ibundanya biasa menyajikan makanan tersebut jauh hari sebelum lebaran.

"Iya nyokap (ibu) gue gitu. Jadi tiga hari sebelum lebaran sudah ada ketupat segala macem. Pas lebarannya bisa bosen gue," kata pria bernama lengkap Arie Apriludy itu.

Satu yang berbeda dalam merayakan Hari Raya kali ini, Dagienkz harus melewatinya tanpa sang ayah yang sudah dipanggil Sang Pencipta. "Keluarga gue kan kecil, cuma bertiga. Tahun ini tahun pertama ayah enggak ada, dari tahun lalu sudah sakit. Ya beda aja, jadi sungkemnya lebih sedikit," lanjutnya.

Untuk itu ia dan keluarga berencana berziarah ke makam ayahnya di Pondok Kelapa, setelah tradisi sungkeman usai dilakukan.

Ebiet dan Ramadhan

Posted: 18 Aug 2012 06:44 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penyanyi Ebiet G Ade (58), bulan Ramadhan memberikan berkah yang istimewa. Bukan hanya karena banyaknya order untuk tampil, tetapi juga pencerahan dari para audiens yang didapatnya selama bulan suci ini.

"Kalau saya menyanyikan lagu religi, penonton sangat antusias. Seperti ada nuansa lain. Ada semacam sinergi antara berkah duniawi dan akhirat untuk saya," kata musisi bernama asli Abid Ghoffar Aboe Dja'far ini.

Ebiet mengakui, dia akan menyanyi setidaknya di sepuluh acara di sejumlah kota pada bulan Ramadhan hingga pasca-Lebaran nanti. "Di bulan ini saya memang seperti pria panggilan, he-he…," kata Ebiet sembari bercanda. Selain di Jakarta, dia mengisi acara di Medan, Makassar, dan Surabaya.

Di samping sibuk, pada Lebaran kali ini, Ebiet juga mengaku tidak dapat mudik ke kampung halamannya di Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, karena kondisi mertuanya sedang kurang fit. Untuk itu, dia bersama istri dan empat anaknya memilih untuk mengunjungi sang mertua dan bersilaturahim ke sejumlah kerabat.

Tentu saja, Lebaran nanti bakal berbeda dengan dua tahun terakhir karena biasanya Ebiet menggelar open house di rumahnya di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan.

Penyanyi yang telah menelurkan 20 album ini mengakui rumahnya kerap dikunjungi teman seniman dan sanak famili. "Biasanya pada Lebaran hari kedua, tetapi mereka kebanyakan atur jadwal dulu," ucapnya. (ILO)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan