Khamis, 2 Februari 2012

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Ribuan Nelayan Kendal Menganggur

Posted: 02 Feb 2012 07:53 AM PST

Ribuan Nelayan Kendal Menganggur

Slamet Priyatin | Tri Wahono | Kamis, 2 Februari 2012 | 15:53 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Ombak besar selama beberapa hari terakhir membuat ribuan nelayan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah menjadi pengangguran. Selama tidak melaut, para nelayan tersebut, sebagian membantu istrinya berjualan, sebagian lagi bekerja serabutan. Bila kebutuhan hidup rumah tangga tidak terpenuhi, mereka menggadaikan barang-barang berharga.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kendal, Zaenal Arifin menegaskan, jumlah nelayan yang ada di Kabupaten Kendal sekitar 10.981 orang. Namun, nelayan yang melaut hanya sekitar 25 persennya saja. Mereka pun hanya mencari tangkapan udang dan rajungan.

"Kalau jumlah perahunya ada sekitar 600 perahu. Tapi yang berangkat hanya sekitar 150 perahu. Itu pun tidak berani ke tengah," kata Zaenal, Kamis (2/2/2012).

Ia menambahkan, ombak besar melanda perairan Kendal sejak bulan Desember tahun lalu. Ombak diperkirakan mulai normal kembali pada bulan Maret nanti.

Salah satu nelayan Bandengan Kendal, Sutikno, mengaku kalau dirinya sudah menjadi pengangguran sejak bulan Desember 2011. Selama tidak melaut, dirinya hanya memperbaiki jala dan perahu.

Full content generated by Get Full RSS.

Polres Cimahi Rampungkan Perbaikan 73 Sekolah

Posted: 02 Feb 2012 07:45 AM PST

Polisi Peduli

Polres Cimahi Rampungkan Perbaikan 73 Sekolah

Didit Putra Erlangga Rahardjo | Marcus Suprihadi | Kamis, 2 Februari 2012 | 15:45 WIB

KOMPAS/WINDORO ADI

ILustrasi

TERKAIT:

BANDUNG, KOMPAS.com- Kepolisian Resor Kota Cimahi merampungkan renovasi 73 sekolah yang berada di wilayah hukumnya, yakni di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Renovasi tersebut merupakan bagian dari program Polisi Peduli.

Diungkapkan Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno, Kamis (2/2/2012), renovasi sekolah merupakan bentuk program yang digulirkan di wilayahnya untuk perbaikan mutu pendidikan bangsa, salah satunya melalui bangunan sekolah. Program Polisi Peduli merupakan pemanfaatan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR oleh kepolisian untuk perbaikan fisik sarana pendidikan.

"Polisi hanya sebagai mediator yang mempertemukan para pengusaha dengan pihak sekolah. Dengan demikian dana mereka bisa langsung disalurkan untuk perbaikan bangunan atau sarana pendidikan lainnya," kata Putut.

Untuk di wilayah Polres Cimahi, peresmian tersebut dipusatkan di SDN Cijanggel, Kecamatan Cisarua, KBB. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Cimahi, Itoc Tochija, serta Bupati Bandung Barat, Abubakar. Beberapa perusahaan yang disebut telah mengucurkan bantuan untuk program Polisi Peduli adalah PT Indonesia Power serta Perhutani.

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Komen