Khamis, 2 Februari 2012

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Hati-hati, Semangka Bisa Sebabkan Wabah Salmonella

Posted: 03 Feb 2012 02:23 AM PST

LONDON, KOMPAS.com- Setelah Jerman dan Irlandia, wabah Salmonella kini juga menyerang Inggris. Di negeri itu, Salmonella setidaknya telah merenggut satu nyawa dan menyerang lebih dari 30 orang lagi.

Dugaan makin kuat bahwa penyakit ini berkait dengan semangka, kata dua lembaga kesehatan di Inggris, pekan ini.

Lembaga Perlindungan Kesehatan (HPA) mengatakan di dalam satu pernyataan bahwa wabah tersebut disebabkan oleh bakteri Salmonella newport, satu dari varian rangkaian Salmonella. Bakteri itu telah menyerang lebih dari 30 orang di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara sejak awal Desember 2011, dan satu orang telah tewas.

Beberapa kasus penyakit yang disebabkan oleh rangkaian yang sama telah dikonfirmasi di Skotlandia, Irlandia, dan jerman.

Pemimpin Departemen Penyakit Gastrointestinal HPA, Dr Bob Adak, mengatakan, "Meskipun terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti apa penyebab infeksi tersebut, petunjuk awal memperlihatkan sejumlah orang jatuh sakit setelah makan semangka."

"Ini juga telah dilihat dalam kasus di Skotlandia dan Jerman, meskipun penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan," kata Dr. Bob Adak sebagaimana dikutip Xinhua Jumat (3/2/2012).

Lembaga Standar Makanan (FSA) mengatakan, di dalam satu pernyataan bahwa badan tersebut telah diberitahu oleh HPA mengenai wabah itu dan kemungkinan sumber pencemar makanan. Direktur Lembaga Keamanan Pangan HPA, Alison Gleadle mengatakan, "Kami terus memantau situasi dan bekerja-sama secara erat dengan Komisi Eropa, negara lain, pemerintah lokal serta industri pangan, guna melakukan penyelidikan lebih lanjut."

"Sementara itu, penting bagi orang untuk mengikuti praktek kesehatan pangan ketika menyiapkan makanan. Selalu disarankan untuk mencuci buah dan sayuran sebelum mengkonsumsinya guna mengurangi resiko kemungkinan serangan penyakit."

Salmonella newport menyebabkan penyakit yang sama dengan gejala lain penularan Salmonella dan gejala lain meliputi diare, muntah, sakit perut serta demam.

Full content generated by Get Full RSS.

Pembicaraan di PBB Soal Suriah Macet

Posted: 03 Feb 2012 01:56 AM PST

Pembicaraan di PBB Soal Suriah Macet

| Egidius Patnistik | Jumat, 3 Februari 2012 | 09:56 WIB

AP Photo

Dua tentara Suriah yang membelot menembak di balik tembok saat terjadi baku tembak dengan pasukan Pemerintah Suriah, Selasa (31/1), di wilayah Rastan di Provinsi Homs, Suriah tengah. Hari itu, pasukan Suriah melancarkan serangan terbesar dalam 10 bulan gejolak di negeri ini.

TERKAIT:

NEW YORK, KOMPAS.com - Perundingan tentang rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengutuk penindasan pemerintah di Suriah macet lagi Kamis (2/2/2012) waktu setempat, kata sejumlah diplomat, kendati ada upaya untuk memuaskan keprihatinan Rusia.

Pertemuan tersebut "tak terlalu baik", kata Duta Besar India untuk PBB, Hardeep Singh Puri, setelah pembicaraan sehari tak menghasilkan kesepakatan mengenai cara menanggapi pertumpahan darah di Suriah, yang telah menewaskan lebih dari 5.400 orang. Sementara Duta Besar China untuk  PBB, Li Baodong, yang bersama Rusia meragukan perlunya resolusi keras PBB, mengatakan, "Kami sudah dekat, tapi belum sampai di sana." "Konsultasi lebih lanjut diperlukan," kata Li.

Badan PBB itu telah terpecah selama beberapa hari mengenai rancangan resolusi yang diajukan bersama oleh Liga Arab dan Eropa yang menyerukan diakhirinya penindasan dan awal perubahan politik di negeri tersebut.

Kamis pagi, sejumlah diplomat mengatakan, mereka telah membuat konsesi utama bagi Rusia dengan mengubah rancangan untuk menghilangkan seruan bagi Presiden Suriah Bashar al-Assad meletakkan jabatan.

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Komen