Isnin, 7 November 2011

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Pramuka-Kominfo kerja sama pendidikan teknologi komunikasi

Posted: 07 Nov 2011 07:31 AM PST

ilustrasi Dirut PT. Telekomunikasi Indonesia TBK Rinaldi Firmansyah (kiri) didampingi Ketua Kwartil Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar (kanan) berjabat tangan bersama sejumlah direksi BUMN ANTARA/Fahrul Jayadiputra)

Berita Terkait

Video

Jakarta (ANTARA News) - Gerakan Pramuka bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengenai pendidikan teknologi komunikasi lewat penggunaan internet sehingga generasi muda Pramuka tidak ketinggalan zaman.

"Pramuka adalah sebagai salah satu lembaga pendidikan nilai bagi generasi muda. Melalui kerja sama ini akan dikembangkan paket-paket pelatihan tentang komunikasi sehingga Pramuka juga akan menguasai teknologi komunikasi," kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Azrul Azwar di Jakarta, Senin.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Azrul Azwar dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Freddy Tulung.

Azrul mengatakan, tujuan kerja sama tersebut selain agar Pramuka menguasai teknologi informasi, anggota Pramuka juga menjadi contoh penggunaan internet sehat.

"Masalah generasi muda sekarang ini agak mengkhawatirkan terutama terkait penggunaan internet. Jadi Pramuka akan menjadi contoh penggunaan internet sehat," kata Azrul.

Menurut Azrul, dengan jumlah anggota sebanyak 20 juta di seluruh Indonesia, Gerakan Pramuka dapat mempengaruhi penggunaan internet sehat di kalangan generasi muda.

Internet saat ini tidak lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat dan sudah menjangkau hingga ke pelosok daerah. Internet selain mempunyai banyak manfaat yang baik juga negatif jika disalahgunakan seperti situs porno.

Lebih lanjut dia mengatakan, kemampuan untuk menguasai internet bagi generasi muda penting terutama jika dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan, mencari bahan pelajaran dan komunikasi yang sehat.

Selain menjadi contoh bagi generasi muda untuk mencegah penggunaan internet yang tidak sehat, penguasaan teknologi informasi juga akan mengangkat citra Gerakan Pramuka yang baru mengalami revitalisasi.

Bentuk kerja sama berupa pembuatan modul-modul mengenai teknologi informasi yang akan diajarkan kepada pembina Pramuka yang nantinya akan meneruskan ke Gugus Depan dan seluruh anggota Gerakan Pramuka.

"Pramuka sebagai gerakan yang mengajarkan pendidikan nilai-nilai moral, kita ingin nilai-nilai yang terkait karakter bangsa ini bisa diwujudkan dan dimasyarakatkan," ujar Azrul Azwar.

(T.D016/ A011)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Wapres buka LIPI EXPO 2011

Posted: 07 Nov 2011 07:25 AM PST

Wapres Boediono (FOTO ANTARA)

Berita Terkait

Video

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono membuka LIPI EXPO 2011 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin.

"Dengan bismillah saya nyatakan LIPI EXPO dibuka," kata Wapres yang diikuti dengan pemukulan gong sebagai tanda peresmian kegiatan yang digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tersebut.

Wapres dalam sambutannya mengharapkan agar LIPI mampu meningkatkan hasil-hasil penemuannya lebih dapat berguna bagi masyarakat dan negara. Wapres juga mengharapkan respon yang baik terhadap LIPI EXPO agar para peneliti juga semakin semangat dan meningkatkan kinerjanya.

Kepala LIPI Lukman Hakim mengatakan tema dalam LIPI EXPO 2011 kali ini adalah bhakti LIPI untuk NKRI. Tema ini diharapkam mewakili keinginan LIPI agar hasil penetlitian dapat diketahui dan digunakan masyarakat.

Ia menambahkan LIPI EXPO juga diharapakan semakin mendekatkan LIPI dengan para pemangku kepentingan, baik dari industri, masyarakat maupun pemerintah.

Ia mengatakan meski dengan dana yang terbatas, LIPI tetap berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Berbagai penelitian yang dibuat, menurut dia juga telah turut menyumbang bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa ini.

Dalam acara tersebut juga ditandatangani nota kesepahaman antara LIPI dengan PT KAI, tentang pendidikan dan penelitian, nota kesepahaman antara LIPI dengan PT Indonesia Power penelitian dan pengembangan ketenagalistrikan dan LIPI dengan Yayasan Damandiri tentang studi kependudukan.

Sementara itu, LIPI EXPO akan digelar mulai tanggal 7-10 November 2011 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. LIPI EXPO akan diisi pameran hasil penelitian unggulam LIPI yang terdiri 12 kelompok yaitu ilmu pengetahuan untuk daerah, ketahanan pangan, teknologi obat-obatan dan kesehatan, teknologi hijau, sumber daya Iptek, sumber daya alam dan kebencanaan, keanekaragaman hayati dan pembangunan.

Teknologi informasi dan komunikasi, pengujiam dan standar mutu, energi dan transportasi, teknologi material, dinamika dan transformasi serta LIPI Galery.

(T.M041/E001)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan