Ahad, 30 Oktober 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


PM Thailand Yakin Bangkok Terus Bertahan Lawan Banjir

Posted: 30 Oct 2011 04:07 AM PDT

BANGKOK - Perdana Menteri Thailand Yingluck Sinawatra merasa yakin bahwa Bangkok dapat bertahan dari banjir yang melanda. Meskipun beberapa tanggul sudah jebol, Yingluck meminta warganya untuk terus bertahan.


"Rakyat harus terus bertahan. Semuanya akan pulih secepatnya," ungkap Yingluck seperti dikutip Associated Press, Minggu (30/10/2011).


Yingluck sadar bahwa gelombang laut sudah menyebabkan beberapa tanggul penahan air di Bangkok hampir tidak bisa lagi menahan air. Tetapi menurut pertahanan Bangkok masih bisa menghalau masuknya air dari gelombang tinggi laut.


Setidaknya dua tanggul saat ini sudah jebol disaat gelombang air laut mendesak volume Sungai Chao Praya. Air laut itu masuk dari Teluk Thailand.


Air luapan Sungai Chao Praya ini langsung memenuhi jalanan kota Bangkok. Hal tersebut sempat membuat kesulitan bagi regu penyelamat dan prajurit Thailand yang tengah membangun tembok pengaman kota dari banjir.


Tetapi PM Yingluck kondisi saat ini tidak akan menyebabkan kerusakan banyak. Untuk itu dirinya merasa yakin bahwa Ibu Kota Thailand tersebut akan terus bertahan.


Sementara korban tewas akibat banjir ini dikabarkan sudah mencapai 381 jiwa dan dua orang lainnya dinyatakan hilang. Banjir di Thailand sendiri sudah berlangsung selama hampir dua bulan, sejak hujan muson melanda.


Banjir menggenangi 62 dari 77 provinsi di Negeri Gajah Putih tersebut. Saat ini, genangan air masih tampak di sekira 144 distrik di 26 provinsi di sebelah timur Thailand. Banjir pun sudah mempengaruhi 2.035.119 warga, yang terpaksa dievakuasi ke tempat aman.  

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

Polisi Tangkapi Pendemo Occupy Wall Street

Posted: 30 Oct 2011 03:05 AM PDT

DENVER - Meluasnya aksi protes yang dilakukan oleh pengunjuk rasa Occupy Wall Street mulai terasa di wilayah di Amerika Serikat (AS). Polisi menangkap sekira 20 orang yang melakukan aksi protes di Denver.


Juru bicara Kepolisian Denver Letnan Matt Murray mengatakan, sekira 2.000 pengunjuk rasa Occupy Wall Street melakukan protes menuntut kesetaraan ekonomi. Mereka melakukan aksi damai dengan turun ke jalan di pusat kota Denver. 

"Tetapi, situasi memanas saat para pengunjuk rasa mendekati gedung pemerintah setempat. Polisi setempat awalnya hampir kewalahan ketika demonstran mulai memasuki halaman gedung pemerintah," ucap Letnan Murray seperti dikutip Reuters, Minggu (30/10/2011).


Seorang yang tidak dikenal tiba-tiba saja menendang motor milik kepolisian dan menyebabkan seorang petugas polisi terluka. Tidak hanya itu, beberapa polisi juga terluka usai ditendangi oleh para demonstran.


"Tujuh orang ditangkap atas tuduhan penyerangan. Melukai seorang petugas polisi dan mengganggu kedamaian serta melanggar hukum," jelas Murray.


Sementara 13 orang demonstran lainnya juga turut ditangkap saat mencoba membangun tenda di wilayah taman kota. Polisi pun membongkar tenda tersebut dan menangkap para demonstran yang melanggar peraturan tersebut.


Selang beberapa lama kemudian, tenda itu pun berhasil di evakuasi. Selain itu sebagain dari warga langsung membubarkan diri dan situasi di kota tersebut pun berakhir pulih.

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan