Ahad, 30 Oktober 2011

KOMPASentertainment

KOMPASentertainment


Lala Karmela dan Dwiki Dharmawan di "Proud of Indonesia"

Posted: 30 Oct 2011 11:12 AM PDT

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemusik kenamaan Dwiki Dharmawan dijadwalkan tampil dalam acara Proud of Indonesia di Festival Citylink, Jumat (28/10) malam ini. Tampil juga, penyanyi Lala Karmela di panggung yang sama.

Menurut PR Festival Citylink, Yeni Kurnaen, acara tersebut digelar dalam rangka ulang tahun mal yang terletak di sebelah barat Kota Bandung itu berbarengan dengan Hari Sumpah Pemuda. Acara Proud of Indonesia ini nantinya tidak hanya digelar hari ini saja.

"Akan ada 100 musisi anak bangsa yang tampil bergantian dalam panggung yang digelar setiap akhir pekan hingga pertengahan November," kata Yeni, Jumat.

Salah satu contohnya adalah Dira Sugandi, yang dijadwalkan tampil pada 6 November. Beberapa nama lain yang dirangkul meramaikan acara tersebut adalah White Shoes & The Couples Company, Gugun The Blues Shelter, Tohpati, dan Balawan.

Pembukaan acara itu direncanakan akan dilangsungkan pada pukul 18.30 oleh pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  

Full content generated by Get Full RSS.

Dari Dangdut, "Cinta Satu Malam" Jadi Swing

Posted: 30 Oct 2011 02:12 AM PDT

SURABAYA, KOMPAS.com — Tur Urban Jazz Crossover 2011 masih digulirkan. Sesudah Medan (30/9/2011) dan Pekanbaru (8/10/2011) menjadi kota-kota tur tersebut, Jumat (28/10/2011) Surabaya yang dikunjungi. Bandung (4/11/2011) dan Jakarta (18/11/2011) akan menjadi kota-kota berikutnya.  

Di Grand City, Surabaya, kira-kira 2.500 penonton telah menikmati hiburan musik serta tata panggung dan tata cahaya pada Jumat malam lalu. Pertunjukan musik jazz yang diramu dengan musik-musik lain itu dibuka oleh permainan musik akustik dari band Jakarta Journey, dengan lagu "Friday I'm in Love" milik grup rock Inggris, The Cure, dan beberapa lagu band ternama lain di dunia.

"Elevation" (U2), yang disajikan oleh vokalis Syaharani bersama rapper Rongkie, menjadi suguhan pertama konser yang digelar oleh Dji Sam Soe Magnum Filter itu. Vicky Sianipar, yang didapuk menjadi music director sekaligus memimpin Vicky Sianipar Band di atas pentas Urban Jazz Crossover 2011, menunjukkan keandalannya dalam meramu lagu Elevation menjadi musik disko berbumbu permainan alat musik brass dan cabikan bas yang kental sebagai sentuhan jazz-nya. Aslinya, "Elevation" bermusik rock.

Tak cuma musik dan vokal yang dipertontonkan pada Urban Jazz Crossover 2011 di Surabaya. Kreativitas Show Director Urban Jazz Crossover 2011, Nanda, dalam menata cahaya dengan mengandalkan lampu LED dan layar besar pun mampu membuat para penikmat musik itu menikmati suguhan visual tersebut.

Berikutnya, Rongkie menemani penyanyi muda Raisa untuk berdua menyajikan "Sweet Disposition" (The Temper Trap), sebelum Firman tampil solo mendendangkan "Sedang Ingin Bercinta" (Dewa 19). Firman yang memiliki karakter vokal rock mampu menjalankan tugasnya dengan baik ketika Vicky Sianipar Band mengawalnya dengan swing jazz.

Riuh rendah memecah Grand City setelah vokalis David "Naif", yang berpenampilan ala Don Juan, menyanyikan secara medley "Beautiful Girl" (Bruno Mars), "Beautiful" (Prince), dan "Beautiful Ones" (Suede). Ia kemudian melanjutkan medley tersebut dengan "Lady" (Modjo) secara penuh.

Asyik menikmati lagu-lagu yang dinyanyikan oleh David, berikutnya para penonton digiring untuk menikmati kejutan dari pedangdut Ira Swara, yang mendendangkan "Cinta Satu Malam" (Melinda). Kepada Ira, Vicky memberi tantangan. Musik "Cinta Satu Malam" yang dikenal sebagai lagu dangdut dan terasa enteng bagi Ira, diaransemen oleh Vicky menjadi swing. Tantangan itu mampu dituntaskan dengan baik oleh Ira. Para penonton pun terbawa menyanyi.

Begitu pula pada lagu "Don't Cha" (Pussy Cats Doll), yang diaransemen menjadi chacha, dan lagu "La Samba Primadona" (Krakatau), yang diaransemen menjadi tango, Ira bernyanyi tanpa meninggalkan cengkok dangdutnya.

Kejutan-kejutan dari jazz yang dipadu dengan musik-musik lainnya juga asyik dinikmati dalam penampilan vokalis rock Krisyanto bersama Ras Muhammad pada lagu "Bebas" (Iwa K), lalu Firman "Idol" bersama Ras Muhammad pada lagu "3 Little Birds" (Bob Marley).

Urban Jazz Crossover 2011 di Surabaya semakin menggila di ujungnya, dengan aksi David dan Firman, yang diikuti oleh para penyanyi yang lain dalam lagu "(I Can't Get No) Satisfaction" (Rolling Stones).

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan