Rabu, 26 Oktober 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


BMKG: Lebak diguyur hujan disertai petir

Posted: 26 Oct 2011 07:01 PM PDT

Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, berpeluang hujan disertai petir pada Kamis siang hingga sore dengan tiupan angin rata-rata 12 knot atau 24 kilometer per jam.

Koordinator Unit Analis Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Halim Paerdanakusumah, Kamis menyebutkan, selama beberapa mendatang diprakirakan hujan deras disertai dengan petir berpeluang melanda wilayah Kabupaten Lebak.

Peluang hujan terjadi siang menjelang sore atau malam hari dengan kapasitas ringan dan sedang.

Hujan tersebut diprakirakan berlangsung antara 1,5 sampai dua jam di sejumlah daerah di Kabupaten Lebak.

Daerah yang dilanda hujan ringan dan sedang yakni Kecamatan Rangkasbitung, Bayah, Panggarangan, Malingping, Wanasalam, Cibadak, Warunggunung, Cileles, Cipanas, Sajira, Cimarga, Gunungkencana, dan Leuwidamar.

Tiupan angin kencang rata-rata 12 knot dan bergerak dari arah barat daya.

Suhu pada siang hari berkisar 23 derajat hingga 31 derajat Celcius.

Selain itu suhu kelembaban berkisar antara 50 persen sampai 95 persen.

Halim mengatakan, selama beberapa hari mendatang hujan deras disertai petir dan angin kencang melanda wilayah Kabupaten Lebak akibat masa transisi dari kemarau ke musim hujan.

Selama masa transisi itu berpotensi hujan deras dengan petir, puting beliung dan gelombang tinggi.

"Kami mengimbau warga jangan berada di bawah pohon dan tanah lapang atau persawahan jika hujan deras dengan petir dan angin kencang," ujar Halim.

Menurut dia, diprakirakan musim hujan di Kabupaten Lebak akan terjadi awal November 2011 karena saat ini sudah memasuki masa peralihan dengan tibanya hujan deras disertai petir dan angin kencang.

Tinggi gelombang Perairan Lebak Selatan berpeluang 1,6 meter dan tiupan angin rata-rata 12 knot.

Gelombang bergerak dari arah barat dan jarak pandang empat sampai delapan kilometer.

"Saat ini cuaca pesisir Lebak Selatan relatif normal, karena tinggi gelombang mencapai 1,6 meter," katanya. (MSR/M019)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Dubes AS untuk Suriah diperkirakan kembali ke Damaskus 24 November

Posted: 26 Oct 2011 06:58 PM PDT

Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat mengatakan, Rabu, negara itu mengharapkan duta besarnya untuk Suriah, yang pulang karena ancaman terhadap keselamatannya, dapat kembali ke Damaskus pada hari libur Thanksgiving AS 24 November.

Dubes AS Robert Ford telah membuat marah Suriah dengan dukungannya yang mencolok pada demonstran yang berusaha untuk mengakhiri 41 tahun pemerintahan Presiden Bashar al-Assad dan ayahnya, Hafez al-Assad.

Para pendukung Bashar al-Assad telah menyerang konvoi diplomatik kedubes AS dan Ford dalam beberapa bulan belakangan ini.

Deplu AS memulangkan Ford ke Washington pada Sabtu lalu "sebagai akibat dari ancaman yang dapat dipercaya terhadap keselamatan dirinya di Suriah".

Juru bicara deplu Victoria Nuland mengatakan Ford telah membeli seekor kalkun Thanksgiving dan mengharapkan untuk membaginya dengan stafnya di Damaskus pada hari libur AS itu.

Pemerintah Assad telah berusaha untuk menumpas demonstrasi yang sudah berlangsung tujuh bulan terhadap pemerintahnya, dimana PBB mengatakan 3.000 orang telah tewas.

Pemerintah Suriah sebaliknya mengatakan mereka memerangi "kelompok teroris bersenjata", dan menyalahkan kerusuhan di negara itu pada kelompok tersebut, yang mereka katakan telah menewaskan 1.100 tentara dan polisi. (S008)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan