Isnin, 15 Ogos 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Senator AS: Demokrasi Kembali di Thailand

Posted: 15 Aug 2011 06:04 AM PDT

BANGKOK - Senator Amerika Serikat (AS) Jim Webb menyatakan, Thailand kembali ke demokrasi, setelah Thailand usai mengadakan pemilihan umum untuk memilih perdana menteri baru.

"Hal terpenting yang saya ingin katakan hari ini adalah, saya senang, pemilihan umum berjalan di negara ini, ini menjadi contoh yang baik di Asia Tenggara," ujar Webb, seperti dikutip Deutsche Presse, Senin (15/8/2011).

Senator Webb sebelumnya berada di Thailand pada Mei 2010 lalu, saat itu, dirinya menyaksikan sebuah protes anti-pemerintahan yang menewaskan 92 orang dan melukai 2.000 orang lainnya. Namun saat ini, Webb tampak melihat perubahan di Thailand.

Pemilihan umum yang di Thailand diadakan pada 3 Juli lalu, dan dimenangkan oleh Partai Pheu Thai yang merupakan partai dari mantan perdana menteri Thailand Thaksin Shinawatra yang saat ini menjadi buronan.

Perdana Menteri Yingluck Shinawatra yang terpilih menjadi Perdana Menteri wanita pertama awalnya mendapat banyak tudingan dari masyarakat. Dirinya dikatakan sebagai boneka Thaksin.

Meski demikian, terpilihnya Yingluck juga memberikan dampak baik bagi kelanjutan proses konflik perbatasan Kamboja dan Thailand. Saat ini kedua negara itu pun sudah sepakat untuk memulai dialog konstruktifnya demi mengakhiri konflik.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Yingluck Akan Atasi Banjir

Posted: 15 Aug 2011 04:34 AM PDT

BANGKOK - Pemerintahan Thailand yang dipimpin oleh Yingluck Shinawatra akan mengeluarkan rencana jangka pendek dan panjang untuk mengatasi masalah banjir yang berkelanjutan di negara tersebut.

Rencana jangka pendek yang akan dilakukan Pemerintah Thailand adalah mencoba untuk meringankan penderitaan para korban banjir, termasuk di antaranya memberikan ganti rugi ke warga yang rumahnya rusak dan membantu para keluarga korban yang tewas.

Sementara itu, sebagai rencana jangka panjangnya, Yingluck menyatakan, Pemerintahan Thailand yang baru akan berdialog dan bekerja sama untuk mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan banjir seperti penanggulangan saluran air dan lainnya, demikian seperti diberitakan Bernama, Senin (15/8/2011).

Perdana Menteri perempuan pertama Thailand ini akan menjadikan penanggulangan banjir sebagai prioritasnya  di pemerintahan.

Pada 4 Agustus lalu, Badai Nock-Ten menghantam Thailand dan sebanyak tujuh warga tewas akibat badai tersebut. Badai tropis itu berkontribusi dalam menciptakan banjir dan juga longsor.

Banjir akhirnya menyerang perumahan dan hampir setengah juta warga Thailand yang berada di 16 provinsi menderita akibat banjir yang berkelanjutan itu.

Selain Thailand, Filipina juga menjadi korban badai tropis itu dan jumlah korban jiwa di Filipina jauh lebih besar daripada yang ada di Thailand.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan