Rabu, 17 Ogos 2011

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Panen Raya, Harga Garam Jatuh

Posted: 17 Aug 2011 08:10 AM PDT

Panen Raya, Harga Garam Jatuh

Iwan Setyawan | Robert Adhi Kusumaputra | Rabu, 17 Agustus 2011 | 15:10 WIB

REMBANG, KOMPAS.com - Petani garam di Kaliori, Rembang, Jawa Tengah, mengeluhkan jatuhnya harga garam karena panen raya, Rabu (17/8/2011). Mereka berharap pemerintah menetapkan harga dasar garam seperti harga gabah.

Harga garam saat ini turun menjadi Rp 500-Rp 600 per kilogram. Sebelumnya harga garam Rp 750 per kilogram. Bahkan saat tinggi pernah mencapai Rp 1.200 per kilogram.

Meskipun harga jatuh, petani tetap mensyukuri panen raya tahun ini setelah tahun lalu mereka gagal panen karena cuaca. Cuaca kering meningkatkan produktivitas garam. Untuk satu petak tambak dalam waktu tiga hari petani bisa memanen lima kwintal garam.

Petani berharap kemarau kali ini cukup panjang sehingga mereka bisa terus berproduksi.   

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Permintaan Premium Saat Lebaran Tinggi

Posted: 17 Aug 2011 08:08 AM PDT

Permintaan Premium Saat Lebaran Tinggi

Agnes Swetta Br. Pandia | Robert Adhi Kusumaputra | Rabu, 17 Agustus 2011 | 15:08 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — PT Pertamina memprediksi konsumsi premium sesaat menjelang Lebaran mencapai 14.000 kiloliter (kl) per hari. Lonjakan permintaan diperkirakan mulai H-10 hingga H+10.

Menjaga ketersedian bahan bakar minyak BBM, Pertamina menyediakan tangki BBM khusus di di tujuh lokasi rawan macet di Jawa Timur.

-- M Sukandar

Menjaga ketersedian bahan bakar minyak (BBM), Pertamina menyediakan tangki BBM khusus di di tujuh lokasi rawan macet di Jawa Timur.

General Manager Fuel Retail Marketing Region V, M Sukandar, mengungkapkan hal itu seusai peluncuran pemulas Fastron Gold di Kantor Pertamina Jagir Wonokromo, Surabaya, Rabu (17/8/2011).

Peningkatan BBM pada Lebaran biasanya naik hingga 30 persen khusus premium. Jadi dari konsumsi pada kondisi normal 9.200 kiloliter per hari, maka bisa mencapai hingga 14.000 kiloliter.

Pertamina juga terus siaga, sehingga meski ada lonjakan, pasokan tetap lancar terutama di kawasan jalur mudik Lebaran. Salah satu upaya dengan menyiagakan tangki BBM di sepanjang jalur macet antara lain Probolinggo, Kediri, Jember, Situbondo, Blitar, Bojonegoro, hingga Trenggalek.

Sebagian tangki BBM justru diposisikan di SPBU jalur lintas mudik. Cara ini untuk mengantisipasi jika ada SPBU yang kehabisan stok.

 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan