Selasa, 16 Ogos 2011

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Peringati HUT RI dengan menabuh 66 Perkusi

Posted: 16 Aug 2011 07:11 AM PDT

Tasikmalaya (ANTARA News) - Sejumlah komunitas seni memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-66 dengan menabuh sebanyak 66 perkusi selama 10 jam yang dibuka langsung oleh Wali Kota Tasikmalaya, Syarif Hidayat, di lapangan Alun-alun Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa sore.

Panitia penyelenggara, Ashmansyah Timutiah mengatakan, pelaksanaan menabuh 66 perkusi itu dilakukan secara bergantian oleh 250 pelajar SMA/SMK sederajat di Tasikmalaya, Jabar selama 10 jam dimulai Selasa pukul 24.00 WIB hingga Rabu (17/8) pukul 10.00 WIB di Alun-alun.

Kegiatan yang diselenggarakan komunitas seni Banxsal Percusion, SOC`S, dan OI Tasikmalaya, diterangkan Ashmansyah merupakan penampilan yang menyimbolkan 66 tahun kemerdekaan RI.

Sementara waktu menabuh selama 10 jam dan berakhir menabuh perkusi pukul 10.00 WIB, dijelaskan Ashmansyah menandakan pembacaan naskah Proklamasi 17 Agustus pada 66 tahun silam pukul 10.00 WIB.

"Kegiatan ini menyimbolkan 66 tahun kemerdekaan sekaligus menandakan pembacaan naskah Proklamasi 66 tahun silam lalu pada jam 10," katanya menambahkan para pelajar sebelumnya telah berlatih selama 10 hari untuk menyamakan kekompakan irama dan nada.

Sementara itu Wali Kota Tasikmalaya Syarif Hidayat mendukung diselenggarakannya menabuh perkusi sehingga terkesan menarik dan tentunya menjadi perhatian warga untuk memperoleh hiburan seni.

Ia mengapresiasi terhadap kreativitas yang digelar para seniman dan pelajar Tasikmalaya, diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Selain dapat menumbuhkan kebangsaan terhadap anak muda, diharapkan Syarif, para generasi muda lainnya dapat mengikuti melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan ini dapat menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara, karena pada dasarnya dulu merebut kemerdekaan tidak mudah, perjuangannya dengan darah," tegas Syarif.

Sebelum acara menabuh 66 perkusi dimulai tengah malam, sekitar pukul 23.00 WIB para peserta penabuh, seniman dan sejumlah pejabat pemerintah daerah menggelar renungan malam di taman Makam Pahlawan Kusumah Bangsa, Karoeng, Kota Tasikmalaya.

(U.KR-FPM)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Kelompok "Nusantara Arts Forum" tampil di Italia

Posted: 16 Aug 2011 06:56 AM PDT

London (ANTARA News) - Penampilan kelompok musik dan tari tergabung dalam Nusantara Arts Forum (NAF) di Capaccio-Paestum, Napoli, Italia, dihadiri sebanyak 1.300 hadirin yang antusias menyaksikan kebudayaan Indonesia itu.

Pertunjukkan di Capaccio yang didukung Kepala Dinas Pariwisata Capaccio-Paestum dan konsul kehormatan Indonesia di Napoli, Giuseppe Testa, mendapat sambutan meriah, ujar Kordinator Fungsi Pensosbud KBRI Roma Musurifun Lajawa kepada wartawan di London, Selasa.

"Bahkan pada akhir pertunjukan kelompok musik dan tari itu mendapat tepuk tangan panjang sambil berdiri," ujarnya.

Dikatakannya, NAF yang yang membawa 17 mahasiswa UI, Binus, UPH dan London School serta empat siswa SMA Presiden, Jakarta, itu selain tampil di Capaccio-Paestum, Napoli juga di dua kota lainnya yaitu di Trieste dan Mormanno, Calabria.

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Roma mengatakan, meskipun Indonesia dan Italia secara geografis berjauhan, dengan saling mengenal melalui ekspose kekayaan dan keragaman budaya, perasaan kedekatan di antara masyarakat kedua negara akan tercipta.

Dengan demikian, pertukaran kunjungan masyarakat, termasuk wisatawan Indonesia dan Italia diharapkan akan semakin meningkat pada tahun-tahun yang akan datang, ujarnya.

Usai pertunjukkan di Capaccio, sejumlah pengunjung menghampiri pimpinan rombongan Priyo Iswanto untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas penampilan grup tari dari Indonesia yang "spektakuler".

Menurut Musurifun Lajawa , kehadiran para pelajar dan mahasiswa Indonesia di Italia dalam rangka memanfaatkan liburan panjang mereka. Para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok musik dan tari Nusantara Arts Forum (NAF), Jakarta itu memilih untuk mengisi liburan mereka dengan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia di tiga kota Italia selama dua minggu sejak akhir Juli hingga 14 Agustus .

Misi kesenian Indonesia itu setelah mendarat di bandara Marcopolo, Venezia, NAF dibawah pimpinan Tanti Hori, langsung menyiapkan anak buahnya untuk tampil perdana, di Trieste, wilayah Italia paling utara, berbatasan dengan Slovenia.

Dalam kunjungan ke Italia ini, NAF menampilkan sejumlah tarian pilihan dari berbagai daerah nusantara, yaitu Tari Janger (Bali), Tari Pergaulan (Betawi), Tari Pasembahan (Sumsel) Tari Enggan dan Bambu (Kaltim), Tari Dol, Kipas, Piring/Lilin serta Indang (Sumbar) yang diiringi musik hidup.

Berkat dukungan walikota Trieste, NAF dapat tampil di Castello san di Giusto, suatu benteng peninggalan Romawi abad ke-12 di atas puncak bukit tertinggi di kota Trieste, menghadap laut Adriatik, sekitar 750 km utara Roma.

Konsul kehormatan RI di Trieste, Vincenzo Sandalj, yang juga sebagai tuan rumah acara Malam Budaya Indonesia mengatakan, kunjungan wisatawan Italia ke Indonesia yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir diharapkan akan memacu hubungan perdagangan Italia dan Indonesia di tahun-tahun yang akan datang.

Walikota Trieste, Roberto Casolini, mantan Ketua KADIN kepada Kuasa Usaha Sementara (KUAI) KBRI Roma, Priyo Iswanto mengatakan, Pemda Trieste siap membantu fasilitasi kegiatan ekspor-impor Indonesia-Italia melalui pelabuhan Trieste, salah satu terbesar di wilayah utara Italia.

Disamping pejabat, pengusaha dan biro perjalanan wisata yang tampak hadir pada Malam Budaya Indonesia di Triste, masyarakat Indonesia juga berdatangan dari daerah-daerah sekitar, termasuk Genoa.

"Lain kali, kalau ada grup kesenian dari Indonesia yang berkunjung ke Italia, silahkan hubungi kami, kata Julia S. Ghinami, ketua Kelompok Melati, persatuan masyarakat kawin campur Indonesia - Italia yang tinggal di kota Udine, menambahkan bahwa ia akan membantu mengusahakan untuk juga tampil di kota-kota lain.

(T.H-ZG)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan