Jumaat, 17 Jun 2011

Republika Online

Republika Online


Besok, Festival Danau Sentani

Posted: 17 Jun 2011 11:00 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Pesta budaya  Festival Danau Sentani ke-4 2011  tinggal sehari lagi.  Menurut Bupati Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua Habel Melkias Suwae, dalam pelaksanaannya, festival akan melibatkan seluruh masyarakat nusantara.

Ia mengatakan, pesta budaya masyarakat Papua yang dimulai sejak 2008 ini diberi nama Festival Danau Sentani, namun diikuti semua masyarakat se-nusantara yang berada di provinsi tertimur Indonesia ini, khususnya di Kabupaten Jayapura.

"Kita beri kesempatan seluruh paguyuban di Tanah Papua terlebih khusus di Kabupaten Jayapura juga mengambil bagian dalam pelaksanaan FDS dengan menampilkan kebudayaannya masing-masing," kata Bupati Habel.

Habel Suwae yang juga calon Gubernur Papua periode 2011-2016 dari Partai Golkar ini menambahkan, pada prinsipnya, FDS adalah sebagai satu upaya untuk mengangkat dan melestarikan budaya tradisional dan memperkenalkan kepada generasi muda.
"Melalui FDS ini kita berupaya mengangkat budaya tradisional masyarakat Papua, juga sebagai upaya mengalihkan budaya tradisional ini ke generasi muda," terang bupati yang terkenal dengan bapak pemberdayaan ini.

Menurut Bupati Habel Suwae, keterlibatan seluruh masyarakat nusantara yang ada di Jayapura dalam pelaksanaan FDS, merupakan cerminan kehidupan yang harmonis didaerahnya. Lebih dari itu, kata dia, Festival Danau Sentani juga adalah salah satu sarana atau media untuk membangun kebersamaan diantara sesama suku bangsa yang ada di Papua.

Dengan demikian antara masyarakat asli Papua dan masyarakat dari luar saling mempelajari, saling mengetahui, serta saling memahami perbedaan. Agar anggapan selama ini bahwa yang mendiami tanah ini bukan hanya orang Papua tetapi juga ada saudara-saudara dari luar telah ikut bersama-sama menyukseskan pembangunan di provinsi tertimur Indonesia ini.

Festival Danau Sentani telah menjadi kalender tahunan parawisata di Papua, yang diselenggarakan setiap tanggal 19-23 Juni, di Kawasan Wisata Khalkote, Distrik Sentani Timur.

Untuk pelaksanaan Festival Danau Sentani ke-4 tinggal dua hari lagi, memasuki H-2 persiapan terus dilakukan oleh panitia termasuk melakukan kerja bakti di kawasan wisata Khalkote, pengecekan anjungan, dan persiapan dari masing-masing kordinator kegiatan.

Begitu pula bagi kabupaten/kota yang siap untuk memeriahkan pesta budaya tahunan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Jayapura ini telah siap.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Bom Paket Meledak di Pasar Swalayan Lubuklinggau

Posted: 17 Jun 2011 10:05 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Sebuah bom paket, Sabtu (18/6), meledak di SM Swalayan, Jl Yos Sudarso, Lubuklinggau (320 km dari Palembang), Sumatera Selatan. Akibat ledakan tersebut, Indra Sumardjono, 47 tahun pemilik swalayan terbesar di Lubuklinggau tersebut menderita luka-luka.

Kabid Humas Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) Kombes Pol Sabaruddin Ginting membenarkan adanya ledakan bom tersebut. Sabaruddin belum bisa memastikan jenis dan kekuatan daya ledak dari bom paket tersebut.

"Sekarang di lokasi tim gegana tengah melakukan penyelidikan. Dari laporan sementara ada satu orang korban menderita luka dan kini tengah mendapat perawatan di rumah sakit," katanya, Sabtu (18/6).

 Dari beberapa saksi mata mengatakan, bom meledak saat SM Swalayan baru buka sekitar jam 09.00 WIB. Pada saat itu pengunjung masih sepi. Bom meledak di lantai III SM Swalayan yang menjadi ruang kerja Indra Sumardjono.

Menurut Gabriel H Fuady SH advokat di Lubuklinggau, korban Indra Sumardjono sekarang masih mendapat perawatan intensif di RSU Siti Aisyah. "Korban ditangani dokter Syarif," ujarnya saat dihubungi via telepon di Lubuklinggau.

Bom paket yang dikirim ke SM Swalayan tersebut diterima karyawan pada Jum'at sore (17/6). Karena alamat paket yang dituju Indra Sumardjono tak ada karyawan yang membuka paket tersebut. Paket tersebut baru dibuka korban keesokan harinya (Sabtu pagi red.).

Dari informasi yang diperoleh menurut Gabriel, paket bom tersebut dikirim oleh kurir dengan menggunakan mobil Toyota Avanza warna cream. "Saat pengiriman tersebut informasinya terekam oleh CCTV SM Swalayan dan nama pengirim tertulis PD Jaya Bersama tanpa ada alamatnya," ujarnya.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan