Jumaat, 17 Jun 2011

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Polisi Masih Selidiki Dugaan Kebakaran

Posted: 17 Jun 2011 07:43 AM PDT

TB Gramedia Yogyakarta

Polisi Masih Selidiki Dugaan Kebakaran

Aloysius Budi Kurniawan | Pepih Nugraha | Jumat, 17 Juni 2011 | 14:43 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Korsleting listrik di sebuah kantor counter alat tulis diduga menjadi penyebab kebakaran di Toko Buku Gramedia Yogyakarta, Jumat (17/6/2011). Meski demikian, pihak kepolisian kini masih menyelidiki penyebab utama kebakaran tersebut.

"Titik api berawal dari sebuah kantor counter alat tulis Kurnia Agung. Counter ini hanya berukuran 4 x 4 meter dan berada di lantai satu toko buku sisi timur," kata Regional Manajer Gramedia Yogyakarta Kristiono di Yogyakarta.

Menurut Kristiono, sekitar pukul 11.00, asap tebal dari ruang tersebut mulai terlihat dan kemudian memenuhi seluruh ruangan toko buku. Karena barang yang terbakar berupa buku-buku dan kertas, maka asap tebal pun muncul.

Sementara itu, setelah api berhasil dipadamkan pukul 12.30, para petugas pemadam kebakaran dan karyawan Gramedia mengevakuasi barang-barang di counter t ersebut yang terbakar. Sebagian besar barang yang terbakar berupa buku dan kertas.

Di lantai satu, kebakaran hanya terjadi di sisi timur belakang toko buku. Sementara, barang-barang lain di lantai satu, dua dan tiga tidak terbakar. Hingga pukul 13.00 , petugas masih terus mengeluarkan asap di dalam ruangan menggunakan alat penyedot asap.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Belum Didapati Indikasi Sabotase

Posted: 17 Jun 2011 07:35 AM PDT

Kebakaran Gramedia Yogyakarta

Belum Didapati Indikasi Sabotase

K3-11 | Glori K. Wadrianto | Jumat, 17 Juni 2011 | 14:35 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Belum ditemukan unsur sabotase dalam kebakaran akibat hubungan arus pendek listrik di Toko Buku Gramedia Yogyakarta, Jumat (17/6/2011) siang. Hal itu diungkapkan Kepala Poltabes Kota Yogyakarta AKBP Mustaqim di lokasi kejadian.

"Sejauh ini belum ditemukan indikasi sabotase ataupun teror. Meski begitu anggota kami masih terus mendalami dan melakukan olah TKP," kata Mustakim.   Seperti yang telah diberitakan, sedikitnya delapan mobil pemadam kebarakan dikerahkan untuk mengantisipasi meluasnya api. Petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan untuk mendekati titik api, karena asap tebal yang memenuhi ruangan lantai satu toko buku yang berada di Jalan Jenderal Sudirman tersebut. 

Untuk mengurangi konsentrasi asap, petugas terpaksa mengoperasikan blower penghisap asap. Setelah asap menipis diketahui sumber api berasal dari counter alat tulis Karunia Agung. 

Kristiono Regional Manager TB Gramedia Yogyakarta mengatakan counter tersebut berukuran 16 meter persegi. "Counter itu berdinding tembok dan menyimpan berbagai alat tulis serta kertas yang mudah terbakar dan menimbulkan asap," ungkap Kristiono. 

Oleh petugas, api tersebut dapat dilokalisasi hanya di ruangan tersebut. Api berhasil dipadamkan pukul 12.15 wib. Hingga saat ini belum diketahui jumlah kerugian.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan