Isnin, 23 Mei 2011

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Variasi Menu Ikan Agar Tak Bosan

Posted: 23 May 2011 12:55 AM PDT

LENGKAP dan ampuhnya nutrisi pada daging ikan tak perlu diragukan lagi. Namun, kalau pengolahannya begitu-begitu saja–digoreng-dipepes-digoreng lagi—rasa bosan pastilah bakal gampang menyerang. Kalau kita tak pintar menyajikannya, bisa-bisa keluarga enggan menyantap ikan.

Supaya tak bosan, kreasikan daging ikan segar menjadi menu-menu yang menarik. Ada banyak variasi menu lezat yang menantang untuk dicoba. Dari buku berjudul Pustaka Kuliner Lengkap "1500 Resep Masakan Sehat untuk Bayi hingga Manula" (GPU, 2010) karya ahli gizi Tuti Soenardi, terdapat berbagai jenis olahan berbahan ikan.

Misalnya steak, nugget, sosis ikan, burger ikan keju, tim makaroni ikan, fish finger, bakso ikan sayuran, telur isi ikan, dan banyak lagi. Ada juga pada bab Makanan Nikmat untuk Jantung Sehat dalam buku tersebut, aneka hidangan ikan.

Semua menarik untuk dijajal. Sebut saja hormok seafood, otak otak ikan, sate ikan bumbu teriyaki, tim ikan bumbu jahe, udang saus mayones, salmon saus yogurt, grill ikan saus pedas, juga seafood saus bechamel.

Di bagian lain rubrik Ibu Bijak ini, kita ambil satu contoh resep yang rasanya pasti disuka banyak anggota keluarga, bahkan sangat pas untuk balita yaitu steak ikan.

Untuk bekal anak sekolah pun, Tuti Soenardi menawarkan resep-resep menarik berbahan ikan dan seafood di antara banyak bahan lain. Sebut saja kroket ikan, salad udang, otak-otak ikan goreng, ikan gulung goreng panir.

Bahkan, untuk anak autis, resepnya pun tersedia dengan bahan dasar ikan, ada sate goreng bakso ikan, perkedel ikan. Sementara, makanan sehat untuk meningkatkan imunitas dan kecerdasan otak bayi-balita, banyak resep bisa kita coba. Selain aneka jus, bubur, tim, aneka sup, hidangan dari daging, ayam atau telur, terdapat hidangan dari kan seperti ikan gulung sayuran, ikan tim, ikan panggang bumbu kecap.

Bocoran resep sehat untuk penderita berbagai penyakit juga ada. Untuk pasien lever misalnya, ada resep ikan panggang bumbu kuning, bola-bola ikan tim, sate bakso ikan, ikan bungkus dadar, ikan gulung kembang tahu yang sangat variatif.

Masih ada lagi, bila kita tertarik berbisnis katering, Tuti pun tak luput mencantumkan ragam resepnya. Sumber lain menyebutkan, untuk menyajikan steak ikan, pilihlah ikan dari jenis yang tidak banyak duri, misalnya tengiri atau kakap. Potongan daging ikan sebaiknya melintang dengan tebal 1 atau 2 cm saja.

Untuk merendam ikan dalam bumbu, alangkah baiknya bila lebih dari 15 menit, agar bumbu betul-betul meresap. Saat memasak, gunakan api sedang dan biarkan daging ikan berubah warna sebelum dibalik. Tanda ikan sudah matang, dagingnya berubah warna menjadi lebih putih.

Sajikanlah segera setelah steak ikan matang. Ikan yang masih segar dan segera disajikan setelah masak akan terasa segar dan nikmat kala disantap. Satu lagi kuncinya, bila tidak ada wajan steak yang bergaris-garis, kita bisa menggunakan wajan antilengket biasa. Wajan steak dipakai supaya ada motif garis-garis saja, jadi seolah-olah dipanggang memakai pemanggang kawat.(Koran SI/Koran SI/ftr)


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Perez Lega Torehkan Poin Perdana

Posted: 23 May 2011 12:53 AM PDT

HINWILL – Dua poin yang didapat driver Sauber-Ferrari Sergio Perez membuat sang empunya nama menyebut balapan kali ini merupakan titik balik Sauber dan dirinya. Pantas bila Perez beranggapan demikian. Dalam seri terdahulu, pembalap belia asal Meksiko ini memang belum performa maksimal.
 
Bahkan, dalam empat seri yang telah berlangsung Perez belum sekalipun mencetak poin. Namun, situasi tersebut perlahan membaik. Perez yang mengawali balapan balapan di tempat ke-12 berhasil merangsek tiga peringkat ke posisi 9.
 
Kedudukan ini bertahan hingga bendera finis dikibarkan. Setelah sebelumnya mengakhiri balapan tanpa satu pun raihan poin, Perez yang ditemui selepas balapan mengaku senang atas poin perdana yang dicetaknya dalam balapan ini."Ini balapan yang sulit dan kami berjuang keras untuk mendapat poin," kata pembalap 21 tahun tersebut dikutip Planet F1, Senin (23/5/2011)
 
"Saya senang kami berhasil," sambung Perez sumringah mengetahui dirinya berhasil mengemas poin pertama di balapan jet darat bergengsi tersebut. "Ini poin pertama saya di F1. Ini sesuatu yang istimewa bagi saya dan itu juga baik untuk tim yang turut mencetak (Kamui) Kobayashi," sambung Perez seraya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Peter Sauber dkk.
 
Dia melanjutkan, hasil bagus yang didapat berkolerasi erat dengan taktik pitstop brillian  "Tim ini memiliki strategi balapan yang sangat bagus dan melakukan pekerjaan yang sempurna di pit-stop"Saya merasa, itu adalah titik balik musim ini. Kami akan terus berusaha dengan baik untuk mendapatkan poin lebih."
 
Berangkat dari hasil impressif yang dituliskan pembalapnya, James Key selaku Direktur Teknis Sauber pun tidak kuasa untuk memberi pujian kepada Perez. "Perez mengendari dengan sangat baik. Dia datang sejak awal dan kemudian memberika tekanan dengan ban keras. Kami juga memiliki ban lunak yang cukup baik. Pada akhirnya, dia berhasil bangkit untuk semua orang yang sedang berjuang untuk menyusulnya," tukas Key

(edo)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan