Selasa, 19 April 2011

Republika Online

Republika Online


Ini Dia Obat Baru Malaria Paling Ampuh

Posted: 19 Apr 2011 04:44 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Setiap tahunnya sekitar 200 ribu orang bisa diselamatkan dari kematian akibat malaria berat, andaikata negara-negara yang belum bebas malaria menggunakan obat yang mahal tapi lebih ampuh. Demikian pendapat Organisasi Dokter Nirbatas, Medecins Sans Frontieres, MSF.

Dalam laporannya MSF mengatakan data dari ujicoba terakhir di Afrika menunjukkan, obat yang disebut artesunate, lebih efektif dan lebih mudah dipakai daripada kina. Kina adalah obat malaria murahan yang sering dipakai di negara-negara miskin.

Menurut Organisasi Kesehatan Sedunia, WHO, sekitar 240 juta orang di dunia kena malaria setiap tahun dan penyakit ini merenggut lebih dari 850,000 nyawa setiap tahun, kebanyakan anak-anak. Kebanyakan pasien malaria terdapat di Afrika. Setiap 45 detik anak di Afrika mati karena malaria.

MSF mengatakan, sekitar delapan juta penyakit malaria ringan setiap tahun berubah menjadi malaria berat. Malaria berat ini merusak organ pasien seperti otak, paru-paru, ginjal atau pembuluh darah.

Obat baru artesunate, bisa menyelamatkan pasien malaria berat. Obat ini lebih aman, lebih mudah dipakai dan lebih efektif daripada kina. Demikian jurubicara Organisasi Dokter Nirbatas, MSF.
   

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Burqini: Dulu Dicela, Kini Dicari

Posted: 18 Apr 2011 11:47 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi publik Inggris, Nigella Lawson bukan nama yang asing.  Dia adalah selebriti di dunia kuliner. Kerap memandu acara masak-memasak di televisi, ia selalu menolak disebut chef. "Saya jago makan (eater)," katanya.

Namun pekan ini, ia menjadi bahan pemberitaan bukan karena memasak mengenakan gaun desainer duna, seperti sebelumnya. Ia disorot saat  berenang dri Sydney Bondi Beach dengan....mengenakan burqini.

Ia tertangkap kamera paparazi mengenakan pakaian renang yang biasa dikenakan Muslimah itu saat surfing bersama temannya, komedian Maria McErlane. Sementara  McErlane mengenakan bikini minim, Lawson mengenakan pakaian renang yang hanya menyisakan tangan, kaki, dan wajah.

Gosip beredar, dia telah masuk Islam. Benarkah?"Nigella hanya melindungi diri dari sengatan matahari, tidak lebih dari itu," kata juru bicaranya. Busana Muslimah, diakuinya, adalah tameng ampuh dari cahaya berlebihan matahari.

Lawson membeli burqini dari perusahaan pakaian renang Modestly Active,  di pinggiran kota London timur. Perusahaan itu khusus membuat pakaian renang bagi Muslimah, jamak disebut burqini.

Ismail Sacranie, direktur pemasaran Modestly Active, mengatakan mereka mendirikan perusahaan pada tahun 2007 untuk melayani Muslimah yang ingin berenang. Namun belakangan, kalangan  non-Muslim juga tertarik membelinya. "Bahkan kini basis klien kami, para Muslimah, hanya 15 persen saja," katanya.

Asal tahu saja, ketika  Lawson tampil di media dengan gaun  Vivienne Westwood  dua tahun lalu, penjualan langsung melonjak. Kini, dia menjadi "model gratis" bagi burqini.

Sebelum Lawson, beberapa selebriti juga mengenakannya. Sebut misalnya bintang poeraih Oscar, Nicole Kidman. Saat berenang di kampung ibunya di Australia, dia mengenakan burqini warga merah-kuning.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan